Dianggap Terus Merugi

Trans Padang Diambil Alih Damri


Rabu, 27 Januari 2016 - 04:37:11 WIB
Trans Padang Diambil Alih Damri Bus Trans Padang sedang parkir. Kementerian Perhubungan segera akan mengalihkan pengelolaan bus Trans Padang dari Pemko Padang kepada Perum DAMRI.

PADANG, HALUAN—Kementerian Per­hu­bungan akan mengalihkan pengelolaan  bus Trans Padang dari Pemko Padang kepada Perum DAMRI yang merupakan Badan Usaha Milik Negara.

“Kabar itu sudah positif kita dapatkan,” ujar  Jovi Satrios selaku Kepala Bi­dang Angkutan Dinas Per­hu­bungan Komunikasi dan Informasi (Dishub­ko­min­fo) Kota Padang di kantor­nya, kemarin (26/1).

Dikatakan Jovi, mes­kipun pengelolaannya tak lagi oleh Pemko, namun pengawasan pelayanan kepa­da masyarakat tetap dilaku­kan oleh Dishubkominfo. 

Ia mengatakan tidak tau pasti alasan pemindahan pengelolaan itu. Namun hal itu diduga dipicu karena selama ini selama dikelola Pemko, Trans Padang terus mengalami kerugian.

Tahun 2015 lalu dari target sebesar Rp8,1 Miliar hanya terealisasi Rp5,6 Mi­liar. Untuk tahun 2014 awal beroperasi bus Trans padang juga mengalami kerugian dari target yang ditetapkan Rp3,2 Miliar.

“Namanya kita mengu­tamakan pelayanan bukan keuntungan, jadi wajarlah kalau kita rugi. Kita dituntut untuk memberikan pela­yanan sebaik mungkin kepa­da masyarakat.

Ada saja keluhan se­dikit, Bus Trans Padang ditegur. Makanya kita selalu mem­perbaiki pelayanan. Kalau mencari untung me­mang jauh dari harapan, apalagi ongkos juga kita subsidi.

Bandingkan saja dengan bus kota yang ongkosnya Rp4 ribu,sedangkan Trans padang hanya Rp3.500 ong­kosnya sedangkan sarana­nya lengkap seperti AC,” tutur Jovi menjelaskan.

Ditambahkan Jovi, sia­papun yang mengelola Bus Trans Padang tidak menjadi masalah. Yang penting pela­yanan kepada masyarakat itu yang menjadi utama.

“Masyarakatkan tidak tahu dan bagi mereka tidak penting siapa yang menge­lola. Yang jelas pelayanan tetap menjadi utama,”tutup Jovi Satrios.

Dikatakannya lagi, da­lam waktu dekat akan ada penambahan Bus Trans Pa­dang sebanyak 10 unit untuk koridor 1 yakni Pasar Raya- Lubuk Buaya. (h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]