Pelantikan 2 SKPD Terhadang Izin


Rabu, 27 Januari 2016 - 04:44:22 WIB

PADANG, HALUAN — Rencana Penjabat (Pj) Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek untuk melantik dua kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) hasil seleksi jabatan harus terganjal izin Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negera (KASN).

Sesuai Pasal 132 A Pe­raturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2008, Pj Kepala Daerah dilarang memutasi pegawai kecuali dengan per­setujuan tertulis Mendagri. Penetapan hasil seleksi ini juga harus mendapat re­ko­mendasi KASN, karena se­tiap tahapan seleksi terbuka harus diketahui KASN.

Kepala Badan Ke­pe­ga­waian Daerah (BKD) Sum­­bar Jayadisman kepada Ha­luan Selasa (26/1) siang di Padang mengatakan, pe­lantikan bisa dilaksanakan secepatnya, namun tetap harus mengikuti aturan yang berlaku. Me­nu­rut­nya, un­tuk mengangkat dan me­lantik nama yang lulus se­leksi menjadi Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), harus menempuh be­berapa proses. Di­an­ta­ra­nya mendapat izin tertulis dari Mendagri, serta reko­mendasi dari KASN.

“Kita sedang me­ngu­sahakan agar izin Ke­men­dagri dan rekomendasi KASN ini bisa secepatnya ke­luar. Karena sudah kita ajukan. Sekarang kita hanya bisa menunggu kapan ke­luarnya,” jelasnnya.

Sebelumnya, Moenek memutuskan untuk segera melantik Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Sekwan) dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, yang selama ini dijabat oleh Pelaksana tugas (Plt).

“Saya belum bisa se­butkan namanya. Kita akan lantik dalam minggu ini,” ungkap Redonnyzar Moe­nek di Padang, Sabtu (23/1) lalu

Pelantikan dua pejabat tersebut kata Moenek tidak perlu izin dari Menteri Da­lam Negeri (Mendagri), karena tidak termasuk da­lam mutasi, melainkan ha­nya mengisi jabatan lowong yang tata cara pengisiannya dilakukan melalui seleksi terbuka sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2015 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Sebagai Pj memang di­larang memutasi, kecuali dengan izin tertulis dari Mendagri. Tapi ini bukan mutasi, ini pengisian jabatan ini masuk rezim UU ASN, jadi saya tidak menyalahi aturan,” terangnya.  Se­men­tara terkait dengan re­ko­men­dasi KASN Moenek akan mencek lagi ke dinas terkait apakah rekomedasi ini sudah ada. “Saya cek lagi, apakah sudah ada atau belum,” ung­kapnya. (h/isr)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 12 Mei 2019 - 11:50:44 WIB

    Acara Seharian, Ini Agenda Pelantikan Walikota-Wakil Walikota Padang Besok

    Acara Seharian, Ini Agenda Pelantikan Walikota-Wakil Walikota Padang Besok PADANG, HARIANHALUAN.COM – Puncak pesta demokrasi masyarakat Kota Padang pada Pilkada serentak lalu digelar besok, Senin (13/5) yaitu pelantikan pasangan walikota terpilih. Panitia pelaksana pelantikan yakni Pemprov Sumbar .
  • Sabtu, 11 Mei 2019 - 21:11:15 WIB

    Pelantikan Mahyeldi – Hendri Septa Digelar Senin Pagi di Aula Gubernuran

    Pelantikan Mahyeldi – Hendri Septa Digelar Senin Pagi di Aula Gubernuran PADANG, HARIANHALUAN.COM—Sebanyak 150 undangan tamu untuk menghadiri pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang terpilih, Mahyeldi Ansharullah dan Hendri Septa sudah disebarkan. Pemko Padang mendapatkan jatah 100 undan.
  • Rabu, 17 Februari 2016 - 03:56:35 WIB
    12 Kepala Derah Dilantik Hari ini

    Pelantikan Muzni Menyusul

    Pelantikan Muzni Menyusul 12 kepala daerah di Sumbar dilantik hari ini. Setelah itu menyusul pelantikan Bupati Solok Selatan terpilih Muzni Zakaria yang berpasangan dengan Abdul Rahman..
  • Selasa, 16 Februari 2016 - 03:16:50 WIB

    Pelantikan Sekwan Hendaknya Prioritas

    PADANG, HALUAN — Wa­kil Ketua DPRD Sumbar Guspardi Gaus meminta Gubernur Irwan Prayitno untuk memprioritaskan pe­lan­tikan Sekretaris Dewan (Sekwan) yang defenitif. Menurutnya, hal ini penting untuk kelancaran tugas de­.
  • Selasa, 26 Januari 2016 - 03:54:01 WIB
    Direncanakan Februari 2016

    Pelantikan Gubernur Sumbar Digelar Serentak

    JAKARTA, HALUAN — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjah­jo Kumolo belum bisa memas­tikan waktu pelantikan pasangan calon terpilih Irwan Prayitno – Nasrul Abit (IP-NA) sebagai Gubernur Sumbar periode 2016-2021. .

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM