BPBD Kota Solok Waspada

Lima Kelurahan Rawan Banjir


Rabu, 27 Januari 2016 - 10:14:48 WIB

SOLOK, HALUAN — Badan Penanggulangan Bencana Dae­rah (BPBD) Kota Solok me­waspadai kemungkinan terja­dinya bencana alam berupa banjir dan angin puting be­liung. Pada bulan Januari in­tensitas curah hujan cukup tinggi yang sewaktu-waktu bisa mengancam keselamatan mas­yarakat.

“Kendati sepanjang bulan Januari 2016 Kota Solok ma­sih aman dari bahaya banjir maupun tanah longsonr, na­mun BPBD Kota Solok tidak lengah dan selalu waspada, baik personil maupun peralatan,” jelas Kepala BPBD Kota Solok Ori Affilo di Kota Solok.

Ori Affilo juga meminta pada masyarakat agar tetap waspada, terutama pada lima Kelurahan sebagai kawasan rawan bencana seperti di Ke­lurahan Koto Panjang, IX Ko­rong, Simpang Rumbio, KTK dan Tanah Garam. Kawasan tersebut merupakan daerah rawan bencana, terutama banjir.

Dikatakan, berdasarkan catatan di tingkat nasional, Kota Solok masih termasuk rawan bencana, terutama banjir karena ada 5 sungai yang ada di Kabupaten Solok bermuara ke Kota Solok yang hilirnya ke danau Singkarak. Namun sejak dilakukan normalisasi Batang Lembang beberapa tahun si­lam, ancaman air bah mulai berkurang.

Ori Affilo mengakui, nor­ma­lisasi Batang Lembang sa­ngat membawa manfaat terha­dap kelancaran air sungai walau belum seluruh alur su­ngai yang berbelok-belok dilu­rus­kan, setidaknya pembe­nahan sungai di kawasan Kota Solok membawa kebahagian bagi masyarakat. “Buktinya kendati terjadi luapan sungai Batang Lembang namun ge­nangan air tidak terlalu lama. Satu jam sudah menyusut kem­bali,” jelasnya.

Mengingat tingginya curah hujan sejak awal Januari sam­pai sekarang, BPBD Kota Solok selalu waspada bersama tim relawan, tim reaksi cepat, relawan siaga bencana dan instansi vertikal lainnya selalu melakukan koordinasi, term­asuk masyarakat tidak lengah jika terjadi bencana. Kewas­padaan itu mengingat bencana datang tidak memberi kabar, makanya tim selalu stanby menghadapi cuaca ekstrim yang terjadi saat ini. (h/alf)

 

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]