Sepakbola Harus Dipertandingkan di AG 2018


Rabu, 27 Januari 2016 - 10:19:21 WIB

JAKARTA, Haluan — Wakil Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Muddai Maddai, meyakini cabang olahraga (Cabor) sepakbola dapat di­pertandingkan di Asian Games 2018. Muddai yang baru menjabat posisi Wak­e­tum KOI sejak 1 November 2015 itu tidak mau tahu dan mengharuskan cabor paling populer sejagat itu bisa dipertandingkan pada pesta olahraga yang mempertemukan atlet-atlet Asia tersebut.

“Harus bisa, sepakbola harus di­per­tandingkan di Asian Games. Tidak ada alasan, pokoknya sepakbola harus di­pertandingkan,” tegas Muddai.

Nasib sepakbola apakah bisa di­per­tandingkan pada pesta olahraga multicabang yang rencananya digelar mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018 itu masih sim­pang siur. Sebab jika FIFA selaku federasi sepakbola dunia tidak mencabut sanksi Indonesia sebelum Asian Games dimulai, tak ada peluang bagi Indonesia maupun negara Asia lainnya tampil di ajang empat tahun tersebut.

Sekadar mengingatkan, turunnya sanksi FIFA berawal dari perseteruan yang terjadi antara pemerintah (Kemenpora) dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Kemenpora dinilai telah me­ngintervensi sepakbola Indonesia dan hal itu tidak diperkenankan dalam statuta yang telah dibuat FIFA.

Akibatnya FIFA memberi hukuman administratif kepada Indonesia hingga batas waktu yang tidak ditentukan terhitung sejak 30 Mei 2015. Namun, Komite Ad-Hoc reformasi yang dibentuk FIFA untuk menyelesaikan permasalahan antara Ke­menpora dan PSSI tengah berjuang keras agar sepakbola dapat dipertandingkan di Asian Games 2018.

Ketua Komite Ad-Hoc yakni Agum Gumelar berharap semua permasalahan dapat diselesaikan sebelum 26 Februari 2016. Sebab saat itu FIFA akan me­ngadakan kongres pemilihan ketua umum sekaligus membahas masa depan sepakbola Indonesia. (h/okz)

 

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 12:06:45 WIB

    Audy Joinaldy Bantu Tim Sepakbola Sijunjung

    Audy Joinaldy Bantu Tim Sepakbola Sijunjung HARIANHALUAN.COM - Bakal Calon Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy tak henti melakukan aksi sosial kepada masyarakat Sumbar. Kali ini, pengusaha muda sukses asal Minang itu menyalurkan bantuan kepada tim sepakbola di Jorong P.
  • Senin, 13 Juli 2020 - 16:56:07 WIB

    Deretan Pesepakbola dengan IQ Paling Tinggi, Nomor 5 Tembus 170

    Deretan Pesepakbola dengan IQ Paling Tinggi, Nomor 5 Tembus 170 HARIANHALUAN.COM - Umumnya para pesepakbola tidak mengenyam pendidikan hingga tahap yang terlalu tinggi. Bahkan cukup banyak kasus ditemukan mereka mengalami putus sekolah lantaran tidak memiliki biaya. Maka dari itu, mereka.
  • Senin, 15 Juni 2020 - 06:35:52 WIB

    Madrid Menang 3-1 Atas Eibar, Ramos: Senang Akhirnya Bisa Kembali Bermain Sepakbola

    Madrid Menang 3-1 Atas Eibar, Ramos: Senang Akhirnya Bisa Kembali Bermain Sepakbola HARIANHALUAN.COM – Real Madrid berhasil menjalani laga pertama mereka pasca ditundanya La Liga Spanyol 2019-2020 dengan sangat baik saat menghadapi Eibar pada Senin (15/6/2020) dini hari WIB tadi. Bagaimana tidak, meski sud.
  • Jumat, 12 Juni 2020 - 13:07:45 WIB

    Ini Dia Asal-usul Jumlah Pemain Sepakbola 11 vs 11 Orang

    Ini Dia Asal-usul Jumlah Pemain Sepakbola 11 vs 11 Orang HARIANHALUAN.COM - SEPAKBOLA menjadi salah satu olahraga yang paling populer di dunia. Aksi beberapa tim besar, seperti Juventus, Barcelona, Real Madrid, Manchester United, dan masih banyak lainnya selalu dinantikan dan disam.
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 22:23:10 WIB

    Miris! Demi Narkoba Mantan Pesepakbola Ini Rela Jual Medali

    Miris! Demi Narkoba Mantan Pesepakbola Ini Rela Jual Medali HARIANHALUAN.COM - Tak semua pesepakbola bisa dapat medali juara Piala Dunia Antarklub. Tapi seorang mantan pemain yang meraihnya malah menjual medali itu demi narkoba jenis kokain..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]