Pj Bupati Kunjungi Disdukcapil


Kamis, 28 Januari 2016 - 03:45:08 WIB
Pj Bupati Kunjungi Disdukcapil BUPATI Rosnini Savitri bersama Kadis Dukcapil M. Fadhly beserta jajaran bertekad sukseskan program 10.000 Akta Kelahiran Gratis di Kantor Disdukcapil, Pariaman, Selasa (26/1). (BUSTANUL ARIFIN)

PADANG PARIAMAN, HALUAN —  Pejabat (Pj) Bupati Padang Pariaman Rosnini Savitri melakukan kunjungan kerja, dan se­ka­ligus pembinaan pada proses pelayanan administrasi Ke­pendudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Kedatangan orang nomor satu di Padang Pariaman itu disambut oleh Kadis Dukcapil M. Fadhly, S AP, MM beserta jajaran. Meng­hadapi kompetisi Citra Pelayanan Prima (CPP) Ting­kat Propinsi Sumbar Tahun ini.

Kepala Disdukcapil M. Fadhly menjelaskan, bahwa institusinya terus melakukan terobosan dan inovasi dalam sejak beberapa tahun terakhir. Inovasi tersebut berpijak dari berbagai kritikan dan ma­sukan masyarakat melalui sarana pengaduan SMS Cen­ter, email, facebook, twitter dan lain sebagainya. Sejak 2014 lalu, telah ditetapkan 41 Standar Operasional Pela­yanan (SOP), standarisasi mutu pelayanan ISO 9001, merubah mindset aparatur untuk pelayanan prima de­ngan metode ESQ Outbound dan Perjanjian kerjasama dengan PT. Pos Indonesia dalam pengiriman dokumen ke rumah-rumah masyarakat.

“Sesuai arahan Ibu Bu­pati, kita berinovasi dalam pelayanan Dukcapil berbasis Teknologi Informasi. Insya allah, Padang Pariaman dija­dikan rekomendasi oleh pe­me­rintah pusat,” kata Jebolan STPDN Angkatan VI itu. Mantan Kabag Humas itu menambahkan bahwa tahun ini dinasnya membuat pro­g­ram 10.000 akta kelahiran gratis. Hal tersebut didasari atas aspirasi masyarakat yang masih banyak belum meng­urus akta kelahiran sedang­kan anaknya sudah beranjak remaja.

 “Nantikan kehadiran pe­tugas kami di Sekolah-se­kolah untuk pelayanan akta kelahiran gratis,”  kata Kadis yang juga Peringkat I Dik­latpim Tk. II tahun 2012.

Pj Bupati Rosnini Savitri sangat apresiasi mendengar pemaparan yang disam­paikan oleh Kadisdukcapil tersebut, komitmen jajaran disduk­capil dalam pelayanan masyarakat yang menjadi faktor utama untuk keberhasilan kinerja SKPD. Menurutnya, Kunci utama pelayanan adalah ke­displinan dan komitmen.

“Disiplin aparatur Duk­capil pantas dijadikan contoh oleh ASN di Padang Pari­aman. Hadir tepat waktu, berpakaian rapi, enak dilihat dan bertanggung jawab. Kita harap “virus kedisiplinan” di Disdukcapil dapat menyebar di seluruh SKPD,” kata Kakak Kandung Ketua DPRD Sum­bar itu.

 Rosnini juga terkesan dengan disain minimalis ru­ang pelayanan dan petugas yang berpakaian rapi seperti yang terlihat di hotel ber­bintang. “Disain kantor se­perti di hotel, sangat nyaman, teratur dan petugasnya juga fashionable,” kata Bupati perempuan pertama di Ranah Minang.

Terkait pelayanan 10.000 akta kelahiran, Rosnini meng­imbau masyarakat agar segera mendaftarkan anaknya serta melengkapi persyaratan. Ma­syarakat juga bisa mela­porkan kelahiran ataupun kehilangan akta kelahiran untuk diganti dengan yang baru. (h/bus)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]