Fasilitas Puskesmas Dilengkapi


Kamis, 28 Januari 2016 - 03:47:41 WIB
Fasilitas Puskesmas Dilengkapi FOTO bersama Kepala Puskesmas IV Koto Kinali, Yunita, Amd. Keb dan jajarannya dengan Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat, Yunafri, SH, M.Hum di Puskesmas IV Koto Kinali. (ANDIKA)

PASBAR, HALUAN — Pe­merintah Daerah wajib me­lengkapi fasilitas Pusat Ke­sehatan Masyarakat (Pus­kesmas) yang berdiri di ping­gir jalan raya umum, terutama rawat inap dan tenaga medis yang profesional. Selain ma­syarakat sekitar, sewaktu-waktu bisa saja melayani war­ga luar dan emergency. Pus­kesmas juga harus buka 24 jam.

Hal tersebut ditegaskan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat saat mengunjungi Puskesmas IV Koto, Kecamatan Kinali, Se­la­sa (26/1) lalu. Kedatangan Ombudsman tersebut  sem­bari memberikan sosialisasi hukum. 

“Jangan  sampai pasien datang berobat menyalahkan Puskesmas karena tidak leng­kap fasilitas. Pemda harus dan wajib melengkapi fa­silitas setiap Puskesmas. Ter­utama yang letaknya di­ping­gir jalan raya umum atau jalan lintas, seperti Puskesmas IV Koto Kinali ini,” kata Anggota Om­budsman Sumbar, Yu­nafri, SH, M.Hum yang hadir di Puskesmas itu.

Untuk itu, Ia berharap Pemda Pasaman Barat mem­perhatikan setiap Puskesmas yang ada diwilayahnya. Segera melakukan pembangunan dan kelengkapan fasilitas Pus­kesmas.

“Itu aturan, dan harus dipenuhi sehingga pelayanan kesehatan masyarakat me­menuhi unsur dan terper­hatikan,” tegasnya.

Disisi lain disampaikan, kunjungan itu merupakan program Ombudsman Sum­bar agar bisa bersinergi de­ngan pihak-pihak yang ber­sentuhan langsung dengan pelayanan publik.

Ia berharap, kedepan akan terjalin kerjasama yang baik antara Pemda Pasaman Barat dengan Ombudsman. Jalinan kerja sama nanti lebih kepada pengawasan terhadap pela­yanan publik dibidang kese­hatan baik secara internal  maupun secara eksternal me­lalui Ombudsman.

Sementara itu, Kepala Puskesmas IV Koto Ki­nali, Yunita, Amd, Keb didam­pingi,  drg.Sri Dumianti ke­pada Haluan mengatakan, berterima kasih kepada Om­budsman Sumbar  yang te­ngah mengunjungi pihaknya Puskesmas IV Koto.

“Saya harap kedepan kita sama-sama bergandengan tangan mengawal pelayanan publik khusus di bidang ke­sehatan,” ujarnya.

Sementara disinggung fa­silitas Puskesmas yang dipim­pinnya dia akui masih banyak yang kurang dan masih minim, juga tenaga kesehatan dan tenaga medis lainnya yang profesional.

“Kita berharap, Pemda kita semakin giat melakukan pembangunan dan mem­per­hatikan fasilitas pusat kese­hatan yang ada,” harapnya. (h/dka)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]