Untuk Bisa Bersaing di Era Globalisasi

Lulusan SLTA Harus Miliki Keterampilan


Kamis, 28 Januari 2016 - 03:52:01 WIB

BATUSANGKAR,HALUAN — Para pencari pekerjaan terutama yang baru tamat SLTA atau perguruan tinggi harus memiliki keterampilan dan keahlian untuk dapat bersaing di era globalisasi ini.

Demikian dikatakan Ke­pala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Da­tar, Sri Lestari Adriyanti.

“Saat ini sangat dibu­tuh­kan tenaga terampil untuk mengisi lowongan kerja, tan­pa itu kecil kemungkinan mampu bersaing meraih pe­kerjaan,” kata Sri Lestari didampingi Kepala Bidang (Kabid) Te­naga Kerja, Khai­rul di Ba­tusangkar,  Jumat (22/1).

Sri menyebut pihaknya terus melakukan pendidikan dan pelatihan bagi generasi muda  sebelum  memasuki dunia kerja yang memiliki kemampuan sesuai tuntutan ,seperti menjahit dan montir sepeda motor.

“Pendidikan dan pe­la­tihan keterampilan tersebut be­kerjasama dengan BAZ Ka­bupaten Tanah Datar di­mana peralatan montir dan mesin jahit akan dibantu dengan syarat penerima adalah mus­tahiq,” katanya.

Ia mengatakan, daerah Tanah Datar cukup terbatas sumberdaya alamnya, namun pihaknya akan selalu ber­upaya mengurangi angka pe­ngang­guran dengan menye­lenggarakan berbagai pe­nyuluhan dan bimbingan kete­rampilan.

“Selain itu, kami juga se­ring menggelar bursa kerja untuk memudahkan pencari kerja menemukan pekerjaan sesuai dengan keinginan dan kemampuan yang dimiliki,” tuturnya.

Ia mengatakan, Pemkab Tanah Datar sudah menya­lurkan sebanyak 200 pencari kerja ke Malaysia melalui PJTKI dan ke Batam serta pelatihan perhotelan di Ne­geri Seremban, Malaysia.

“Kami tetap melakukan kerja sama dengan instansi dan perusahaan yang mencari tenaga kerja serta berupaya membuat program pelatihan keterampilan agar jumlah pencaker di Kabupaten Tanah Datar dapat berkurang,” kata­nya. (h/emz)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]