Zakat Produktif Baznas Kembangkan Usaha Masyarakat


Kamis, 28 Januari 2016 - 03:54:15 WIB

BUKITTINGGI, HALUAN — Zakat Produktif yang di­be­rikan oleh Baznas Kota Bu­kittingggi kepada Mus­tahik yang ada di Bukittinggi dalam memberdayakan eko­nomi masyarakat, sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Bahkan zakat produktif yang diberikan oleh Baznas itu berkembang ditengah tengah masyarakat. Seperti yang di­rasakan oleh M Tamin Dt Mudo, warga Kelurahan Pu­hun Tembok, dimana usaha bikin ketupat yang dite­ku­ninya saat ini berkembang atas bantuan zakat produktif yang diterimanya dari Baznas Bu­kittinggi.

“Alhamdulillah saat ini usaha ketupat yang kami ja­lani bersama keluarga ber­kembang. Kami merasa ber­syukur dan berterima kasih kepada Baznas yang telah memberikan bantuan zakat produktif untuk modal usaha bikin ketupat yang kami ja­lani,” kata M Tamin ketika berkunjung ke kantor Baznas Bukittinggi, Selasa (26/1).

Dikatakan, keda­tangan­nya ke Baznas Bukittinggi untuk mengembalikan zakat produktif yang telah dite­rimanya, mengingat usaha yang dijalaninya dari ban­tuan zakat produktf yang diteri­manya pada tahun 2004 silam hingga sekarang berjalan de­ngan lancar dan berkembang.

“Karena kita merasa ber­hutang kepada Baznas atas bantuan zakat yang diberikan tersebut, maka kita datang ke Baznas untuk mengembalikan uang zakat yang kita terima. Namun demikian pihak Baz­nas tidak mau menerimanya karna zakat yang diberikan itu sudah menjadi hak penerima,” ujarnya.

Terkaid dengan pengem­balian uang zakat produktif  yang dilakukan M Tamin tersebut, pengurus Baznas Bukittinggi Al Chairi Daranin menjelaskan, zakat produktif yang diberikan oleh baznas kepada mustahik itu sudah menjadi hak penerima. Karna uang tersebut merupakan uang zakat yang dikelola oleh Baznas. Oleh karna itu Baznas tidak mau menerima kembali uang zakat yang telah dibe­rikan itu.

“Uang tersebut adalah uang zakat yang kita berikan kepadanya. Makanya kita tidak mau menerima uang itu kembali. Jika dirinya berniat untuk mengembalikannya maka ada dua jalan caranya yakni dengan cara berzakat apabila sudah memenuhi ke­tentuan atau dengan cara berinfak dan bersedekah ke­pada Baznas,” jelas Inyiak, sapaan akrab Al Chairi Da­ranin.

Diakui Inyiak, pada tahun 2004 lalu Baznas Bukittinggi memberikan modal usaha bagi pengusaha kecil melalui zakat produktif. Salah satunya kepada M Tamin Dt Mudo. Awalnya beliau menerima uang zakat tersebut sebesar Rp2 juta, yang kemudian pada tahun 2006 diberikan lagi sebesar Rp2 juta. Sehingga beliau mendapatkan bantuan zakat produktif untuk pe­ngem­bangan usahanya se­besar Rp 4 Juta.

Pihak Baznas merasa ber­syukur karna zakat produktif yang diberikan dapat mereka pergunakan sebik baiknya, sehingga usaha yang dija­laninya berkembang saat ini. “Meski dirinya berniat untuk mengembalikan uang zakat tersebut, pihak baznas tidak berhak menerima karna uang tersebut sudah menjadi hak­nya,” jelas Inyiak.

Hal yang sama juga diung­kapkan Zulfiadi, warga lain­nya. Menurutnya, zakat pro­duktif yang diberikan itu da­lam rangka memberdayakan ekonomi masyarakat, teru­tama kepada mustahik yang betul betul membutuhkan. Mereka yang menerima zakat produktif ini sesuai dengan ketentuan yang ada, dan da­pat memberikan manfaat kepada mereka yang me­nerima.

“Oleh sebab itu, Baznas tidak berhak menerima kem­bali uang zakat yang telah kita berikan itu, meskipun usaha yang dijalankannya dari ban­tuan zakat produktif tersebut berkembang. Jika mereka benrniat untuk mengem­ba­likannya maka hanya dengan cara berzakat atau berinfak kepada Baznas, sesuai dengan keinginannya,” jelas Zulfiadi. (h/tot)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 03 Agustus 2020 - 20:35:53 WIB

    Baznas Pessel Raih Penghargaan Pengelola Zakat Patuh Syariah

    Baznas Pessel Raih Penghargaan Pengelola Zakat Patuh Syariah HARIANHALUAN.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Selatan mendapat penghargaan sebagai lembaga pengelolaan zakat patuh syariah kategori A atau amat baik..
  • Ahad, 17 Mei 2020 - 13:02:42 WIB

    Kemenag Agam Keluarkan Standar Zakat Fitrah, Ini Rinciannya

    Kemenag Agam Keluarkan Standar Zakat Fitrah, Ini Rinciannya HARIANHALUAN.COM - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam mengeluarkan surat edaran bernomor : B-529/Kk.03.6-g/BA.03.2/05/2020, tentang nilai konversi zakat fitrah. Penetapan besaran konversi zakat fitrah telah disepakati be.
  • Sabtu, 29 Februari 2020 - 10:30:53 WIB

    BAZ Sawahlunto salurkan Zakat Rp488.700.000 untuk 380 Mustahiq

    BAZ Sawahlunto salurkan Zakat Rp488.700.000 untuk 380 Mustahiq SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 380 mustahiq di empat Kecamatan di Kota Sawahlunto mendapat bantuan dana Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kota Sawahlunto. .
  • Rabu, 12 April 2017 - 12:14:04 WIB

    21 SOPD Pasaman Belum Setorkan Zakat

    PASAMAN, HALUAN - Sebanyak 130 satuan pendidikan, terdiri dari SD, SMP, SMA sederajat hingga UPTD belum setorkan dana zakat ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman, sejak periode Januari-Maret 2017. .
  • Kamis, 29 Desember 2016 - 00:12:41 WIB

    BAZ Salurkan Zakat Produktif Rp 1,056 M

    BATUSANGKAR,HALUAN - Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma menyerahkan dana zakat produktif kepada sebanyak 312 orang mustahiq, dengan total dana sebesar Rp1,056 miliar, berasal dari BAZ Tanah Datar..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]