Diklat Revolusi Mental Diikuti Kepala BKD se-Sumatera


Kamis, 28 Januari 2016 - 03:57:24 WIB
Diklat Revolusi Mental Diikuti Kepala BKD se-Sumatera Kepala BPSDM Kemendagri La Ode M Salamar, menyalami peserta usai menyematkan Kokarde peserta Diklat. (RUDI GATOT)

BUKITTINGI, HALUAN — Kepala Badan Pe­ngem­ba­ngan Sumber Daya Manusia (BP­SDM), Kementerian Dalam Negeri (Kemen­dag­ri), Drs La Ode M Salmar, membuka secara resmi Dik­lat Teknis Revolusi Mental bagi Kepala Badan Kepe­gawaian Daerah (BKD) se-Sumatera, yang dilak­sana­kan di Pusdiklat Kemen­dagri Regional Bu­kittinggi, Senin (15/1)

Kegiatan Diklat Revo­lusi Mental yang berlang­sung selama 6 hari (25 s/d 30), diikuti sekitar sekitar 140 orang peserta Kepala BKD Provinsi, kabupaten/kota se-Sumatera. Dengan Pemateri diantaranya Yudi Latif dari Jakarta, Saldi Isra dari UNAND Padang, Andi Taufik dari Lembaga Ad­ministrasi Negara (LAN) dan Kepala Pusdiklat Regi­onal Bukittingi Dr Suroyo.

Kepala Pusdiklat Ke­men­dagri Regional Bukit­tingi, Dr. Ir H Suroyo, M.Si dalam laporannya menga­takan, adapun tujuan dari Diklat Teknis Revolusi Men­tal yang dilaksanakan ini adalah untuk terwujudnya Aparatu Sipil Negara (ASN) yang melaksanakan nilai Revolusi Mental dan mela­kukan gerakan revolusi bagi seluruh komponen bangsa.

Sedangkan sasaran yang dicapai yakni terwujudnya ASN yang memahami dan mempunyai komitmen un­tuk melaksanakan nilai nilai integritas, mau bekerja ke­ras dan semangat gotong royong. Diklat yang dilak­sanakan merupakan prog­ram dari Kemendagri me­lalui BPSDM Kemendagri.

Dasar penyelang­garaan­nya  sesuai dengan amanat UU RI Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, dan PP No 101 tahun 2000 tentang pendidikan dan pelatihan jabatan PNS, yang ditu­angkan kedalam SK Mentri Keuangan tanggal 7 De­sember 2015 tentang Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2016 Pusdiklat Kemendagri Regional Bukittinggi.

“Saat ini Pusdiklat Re­gional yang ada di Indonesia yakni Bukittingi 1, Jok­jakarta 3, Bandung 2 dan Makasar 4. Oleh Karena itu Diklat Teknis Revolusi  Mental bagi Ke­pala BKD se-Sumatera ini di pusatkan di Pusdiklat Ke­mendagri Regional Bukit­tinggi,” ujar Suroyo.

Sementara itu Kepala BPSDM Kemendagri Ode M Salmar ketika mem­baca­kan sambutan Mentri Da­lam Negri Tjahyo Kumolo menyampaikan, saat ini re­vo­lusi mental memang ma­sih dalam tahap diper­ke­nalkan kepada seluruh ma­syarakat Indonesia hingga kepelosok pelosok negeri. Revolusi mental bukan ha­nya sekedar slogar atau jargon tetapi merupakan aksi nyata yang harus dilak­sanakan untuk perubahan kearah yang lebih baik.

“Revolusi Mental adalah kebangkitan nasional bang­sa Indonesia untuk mele­paskan diri dari jebakan degradasi mental yang mem­buat bangsa kita se­ma­kin terpuruk dalam kehi­dupan global. Dan Revolusi mental adalah momentum untuk perubahan,” ungkap  Ode M. Salmar.

Dalam menerapkan re­vo­lusi mental kata Ode, terdapat delapan prinsip yang harus kita pedomani bersama, yaitu revolusi men­tal adalah gerakan sosial untuk bersama sama me­nuju indonesia yang lebih baik. Revolusi mental harus didukung oleh tekad politik pemerintah, harus bersifat lintas sektoral dan kola­borasi masyarakat, sektor provat, akademisi dan pe­merintah.

Kemudian Revolusi men­tal dilakukan dengan program gempuran nilai  untuk senentiasa mengi­ngatkan masyarakat ter­hadap nilai nilai strategis dalam setiap ruang publik. Desai Program harus mudah dilaksanakan bagi seluruh segmen masyarakat serta dapat diukur dampaknya dan dirasakan manfaatnya oleh warga masyarakat. (h/tot)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 14 Maret 2018 - 23:09:53 WIB

    40 Bidan PTT Kota Pariaman Ikuti Diklat Prajabatan

    40 Bidan PTT Kota Pariaman Ikuti Diklat Prajabatan PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Diklat Prajabatan CPNS golongan II dari pengangkatan Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kementerian Kesehatan melalui pengangkatan khusus di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman, diikuti 40 peserta..
  • Kamis, 11 Agustus 2016 - 03:55:19 WIB

    175 Pengelola Depot Air Minum Ikuti Diklat TOT

    175 Pengelola  Depot Air Minum Ikuti Diklat TOT BATUSANGKAR, HALUAN — Untuk men­jaga kualitas air kemasan yang diproduksi sejumlah depot isi ulang, Pemerintah Tanah Datar melalui Dinas Kesehatan bersama BKD dan Diklat melaksanakan Trai­ning of Trainer (TOT) Sa­nitasi .
  • Rabu, 10 Agustus 2016 - 04:11:53 WIB

    Diklat Bordir Dasar Diikuti 100 Peserta

    PARIAMAN, HALUAN — Walikota Pariaman Mukh­lis R, membuka Dik­lat 3 in 1 pembuatan hiasan bu­sana dengan mesin bor­dir manual (bordir das­ar) di Balai Diklat Perin­dust­rian Padang, Rabu lalu..
  • Kamis, 21 April 2016 - 01:54:31 WIB

    Peserta Diklat Pim IV Kunjungi Pekanbaru

    Peserta Diklat Pim IV Kunjungi Pekanbaru PASBAR, HALUAN — Peserta Diklat Kepemimpinan (Diklat Pim) IV angkatan I dilingkungan Pemda Pasaman Barat dilepas Sekretaris Daerah (Sekda), H. Yasri Uripsyah ke Pekanbaru, Riau, kemarin..
  • Kamis, 17 Desember 2015 - 03:14:17 WIB

    50 Pemuda Ansor Ikuti PKD Diklatsar

    PADANG PARIAMAN, HA­LU­AN — Sebanyak 50 peserta me­ngiktu Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) dan Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Gera­kan Pemuda Ansor Padang Pa­riaman, bukan hanya bertujuan untuk memperbanyak sem.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]