SMAN 1 Solsel Gelar TO bagi Siswa Tahun Akhir


Kamis, 28 Januari 2016 - 04:14:36 WIB

SOLSEL,HALUAN —Se­kolah Menengah Atas Ne­geri (SMAN) 1 Solok Se­la­tan (Solsel) sukses meng­gelar kegiatan try out (TO) di sekolah selama tiga hari berturut, mulai dari Senin (25/1) hingga Rabu (27/1). Kegiatan tersebut be­ker­ja­sama dengan lembaga bim­bel terkemuka di Indonesia.

“Hasil try out siswa kelas XII yang telah di­seleng­garakan di sekolah selama tiga hari nantinya akan di­perik­sa dan dievaluasi oleh pihak lembaga bimbel,” kata Waka Kurikulum SM­A­N 1 Solsel, Chen-Chen Putri Ayu saat ditemui Ha­luan, Rabu (27/1).

Ditambahkan, pe­merik­sa­an lembar  jawaban di­per­kirakan selama sepekan. Selanjutnya, baru pihak lem­baga bimbel me­nentu­kan hasil setiap siswa dan baru dilanjutkan kegiatan bimbel selama tiga hari pula.

“Nantinya, setiap siswa akan diarahkan kemana pilihan jurusan yang sesuai dengan kemampuan ma­sing-masing,” tambahnya.

Kepala SMAN 1 Solsel, Rifdanilson menyebutkan dalam rangka me­ningka­t­kan kualitas peserta didik dalam menghadapi tes ujian masuk perguruan tinggi, khususnya bagi kelas XII, kegiatan try out juga me­libat­kan 13 or­ang guru di­sam­ping pihak lembaga bimbel.

Ia mengatakan, instruk­tur dari lembaga bimbel tersebut mendampingi para guru guna memberikan try out selama tiga hari di se­kolah dan tiga hari lagi untuk memberikan bimbel kepada siswa kelas XII yang berjumlah 243 orang dari sembilan kelas .

Bagi siswa kelas XII, bimbingan belajar dan try out akan memberikan ber­bagai bekal untuk ujian masuk ke perguruan tinggi dan men­jadikan siswa fokus me­nen­tu­kan jurusan. Di­sam­ping itu, siswa juga akan diarahkan sesuai minat dan ke­mam­puan mereka se­hing­ga saat ujian tes masuk perguruan tinggi nanti su­dah jelas ju­rusan yang sesuai.

Ia menambahkan, dari sembilan lokal siswa kelas XII seluruhnya akan me­ngi­kuti program tersebut sela­ma enam hari di masing-masing kelas. “Artinya tiap kelas di­dam­pingi satu orang ins­truk­tur atau pemateri,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan ter­sebut tidak memberatkan orangtua siswa alias gratis karena ber­dasarkan kontrak dengan lem­baga bimbel ter­sebut telah dianggarkan me­lalui dana Bantuan Ope­rasional Sekolah (BOS). Di­ma­na, sesuai ke­sepakatan de­ngan lembaga bimbel tiap siswa dibayarkan Rp225 ribu dengan total Rp 54.675.000. (h/jef)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]