Jadwal Paripurna Pilkada Solok Ditetapkan


Kamis, 28 Januari 2016 - 04:15:09 WIB

AROSUKA, HALUAN — DP­RD Kab. Solok menjad­wal­­kan agenda sidang pari­pur­­na istimewa tentang pe­n­gu­­muman hasil peneta­pan pil­kada serentak di Kab. ­So­lok pada tanggal 15 Fe­brua­ri mendatang. Pen­jad­wa­lan agenda sidang pari­pur­na istimewa ini, meyusul di­­­to­lak­nya permohonan Per­­­kara Hasil Pilkada (PHP) Kabupaten Solok oleh Pasangan Calon (Pas­lon) Bupati-Wakil Bupati Des­ra-Bachtul ke Mahka­mah Konstitusi (MK) bebe­ra­­pa waktu lalu.

Menurut Wakil Ketua DP­­RD Septrismen hal itu di­lakukan juga untuk me­nyi­­kapi Surat Edaran (SE) Men­teri Dalam Negeri (Men­­dagri) Nomor : 100/140/SJ tgl 19 Januarri 2016 ten­tang pengumuman hail Pil­kada point(2) huruf (b) yang menyebutkan, DPRD Kab/­Kota mengumumkan da­lam Rapat Paripurna Isti­me­wa hasil penetapan pasa­ngan Calon Bupati dan Wa­kil­ Bupati serta pasangan Ca­lon Walikota dan Wakil Wa­likota terpilih oleh KPU Ka­bupaten/Kota sebelum di­sampaikan kepada Men­te­ri Dalam Negeri melalui Gu­ber­nur.

”Menyikapi SE Men­da­gri ini, kita telah melak­sa­nakan rapat Badan Perumus (Banmus) kemarin (Senin). Rapat Banmus ini untuk menjadwalkan sidang Pari­purna Istimewa yang di­agen­dakan tanggal 15 Fe­brua­ri mendatang,” kata Sep­trismen kepa­da Halu­an,Selasa (26/1)  di gedung DPRD Arosuka.

Menyikapi hal itu, pi­hak­­nya juga harus menye­suai­kan proses pengajuan ha­sil Pilkada antara SE Men­dagri dan PKPU. Hal in dimaksudkan agar proses pe­ngumuman hasil Pilkada di­la­kukan dapat segera di­aju­kan ke Mendagri mela­lui Bu­pati  dan Gubernur. Pen­­jad­walan sidang pari­pur­­­na Istimewa DPRD tang­gal­ 15 Februari itu, juga ber­kaitan dengan tahapan Pil­ka­da yang tertuang da­lam PK­PU nomor 2 tahun 2015. ”Pa­da PKPU itu, disebut­kan pengajuan hasil pilkada ka­rena adanya Perkara Ha­sil Pilkada (PHP) ke MK, pe­ngajuan oleh KPU dilak­sa­na­kan antara tanggal 13 Fe­bruari sampai 14 Maret 2016,” jelasnya.

Hal senada disampaikan oleh anggota DPRD dari Fraksi PKS Nosa Ekananda dan wakil ketua dari PPP Yondri Samin. Nosa dan Yondri bahkan mengi­ngin­kan proses pengajuan hasil pilkada cepat selesai agar pelaksanaan pelantikan juga berlangsung lebih awal. “ Tetapi semua tentu harus mengikuti mekanisme dan aturan berlaku. Kita tentu menunggu KPU menga­jukan hasil penetapan Pilka­da DPRD,’ tegasnya.

Terkait itu, Ketua KPU da­erah Kabupaten Solok Elwiza, S.Sos, menyebutkan pi­haknya semula telah me­nga­­jukan hasil Pilkada ke DP­RD. Namun lantaran ada­nya permohonan PHP ke MK, kita menngundur pe­ngajuan itu. Tetapi setelah ada­nya putusan MK, kita akan me­ngikuti tahapan se­suai me­kanisme PKPU No­mor 2 tahun 2015 ini. “Se­jauh ini, kita masih be­ker­ja se­suai dengan tahapan yang di­atur dalam PKPU,” tegas El­wi­za. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]