Yendri Tomas Resmi Jadi Pj Bupati Limapuluh Kota


Kamis, 28 Januari 2016 - 04:18:23 WIB

PADANG, HALUAN — Pe­jabat (Pj) Gubernur Sumbar, Reydonnyzar Moenek akhir­nya melantik Yendri Thomas menjadi Pj Bupati Limapuluh Kota. Sekretaris Daerah (Sek­da) Kabupaten Limapuluh Kota tersebut dilantik Rabu (27/1) siang di Auditorium Gubernuran Sumbar di depan para pejabat Limapuluh Kota.

Dalam pidato pelan­tikan­nya, Gubernur meminta Pj Bupati Limapuluh Kota ini untuk segera mempersiapkan proses transisi penarikan se­jum­lah kewenangan kabu­paten/kota ke provinsi sesuai UU Nomor 23 tahun 2014.

“Efektif berlakunya me­mang dimulai pada 2017 men­datang. Namun, tahun ini adalah masa transisi, karena itu Pj bupati harus memu­lainya dari sekarang,” ujarnya.

Penarikan kewengan itu menyangkut kepada pola pe­ng­anggaran baik pada Ang­garan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi juga APBD kabupaten/kota. Kare­na itu itu Moenek menilai tidak bisa ditunda lagi, harus dilakukan secepatnya.

Beberapa kewenangan yang nantinya akan tarik ke provinsi yaitu, pengalihan urusan pendidikan menengah (SMA/SMK) dari kabupaten/kota menjadi kewenangan provinsi, perizinan tambang galian C yang dulu ijinnya cukup di kabupaten/kota se­ka­rang di pemerintah provin­si, juga tentang batas wilayah laut.

“Selain itu, Pj bupati juga harus mampu menjalankan roda pemerintahan dengan baik dan efisien hingga kepala daerah definitif yang telah ditetapkan KPU setempat dilantik. Meski, jadwal pelan­tikannya memang baru akan diputuskan oleh presiden, tetapi paling lambat Maret untuk daerah yang tidak ber­masalah di Mahkamah Kons­titusi (MK), bahkan bisa lebih cepat Februari itu sudah di­lan­tik,” katanya.

Ditemui terpisah, Yendri Thomas mengaku siap melak­sanakan tugas yang diberikan kepadanya sebagai Pj dengan sebaik-baiknya. “Ini adalah amanah yang tentu akan dija­lankan sebaik-baiknya,” ucap­nya.

Pelantikan Yendri Tho­mas, yang sebelumnya me­jabat sebagai Sekretaris Kabu­paten, sebagai Pj bupati meru­pakan yang pertama dilaku­kan di Sumbar. Sebelumnya, Pj bupati atau wali kota adalah pejabat eselon II yang berasal dari pemerintahan provinsi. 

Sementara, Sekretaris Pro­­vinsi Sumbar, Ali Asmar menyebutnya sebagai sebuah sejarah.  (h/isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]