DPRD Sawahlunto Kecewa Banyak Proyek Asal Jadi


Kamis, 28 Januari 2016 - 04:20:18 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sawahlunto,  kecewa terhadap pelaksanaan proyek fisik yang dilakukan tahun 2015. Pasalnya,  dalam pengerjaannya banyak yang tidak sesuai estetika keindahan, bah­kan terkesan asal jadi.

Hal ini terungkap ketika Komisi III DPRD setempat turun kelapangan meninjau hasil beberapa pengerjaan proyek fisik tahun 2015.  Kunjungan  ini  langsung dipimpin oleh Ketua Ko­misi Deri Asta yang juga didampingi Kepala Dinas PU Nova Erizon, Kepala DPPKAD Buyung Lapau, Kabid Rehab Rekon BPD Arfizon, dan sejumklah anggota Komisi III di­an­tara­nya, Yunasril ST, Adi Iktibar, Lazuardi dan Elfira Rita Dewi, Rabu (27/1).

“Padahal sebelumnya kita telah mewanti-wanti para rekanan  termasuk para pengawasa untuk serius da­lam melakukan pengerjaan proyek tersebut, ketika ko­misi III turun kelapangan dipenghujung tahun 2015 lalu,” ungkap Deri Asta.

Politisi PAN itu me­nam­bahkan, dari turlap yang kita lakukan kali ini, sengaja meninjau beberapa proyek infrastruktur, baik yang melibatkan dana DAK mau­pun dari APBD kota, sekai­tan dengan fungsi penga­wasan lembaga legislative sebagaimana diatur dalam perundang undangan yang berlaku, sekaligus me­nin­dak­lanjuti laporan laporan yang masuk dari masyarakat terkait pengerjaan sejumlah proyek infrastrukur yang dirasa terdapat kelemahan dalam proses pengerjaan, perencanaan maupun pe­nga­wasan.Kondisi inilah yang disikapi oleh DPRD terkusus komisi III dengan mengecek langsung turun kelapangan.

Ternyata lanjutnya, pe­ng­er­ja­an seperti Pasar Songket Silungkang, ditemukan ko­n­disi dalam masih ada yang melakukjan pekerjaan, ken­dati secara data kontrak telah siap 100 persen, tapi keselurhan kelengkapan untuk beroperasinya pasar tersebut belum sepenuhnya selesai.”Begitu juga dengan pengerjaan los pasara baru Sawahlunto yang terkesan amburadul, kendati PPK menyebutkan kegiatan itu telah sesuai pengerjaanya, tapi kita temukan hasil ker­janya yang amburadul se­perti tangan tangan tangga pipa dan pemasangannya asal jadi saja, tidak melekat dalam coran bahkan ada yang su­dah lepas,” katanya lagi.

Hasil yang didapat ini sebut Deri, akan disam­pai­kan kepada pemerintah ter­kait, sehingga untuk pem­ba­ngu­nan kedepannya, p­eme­rintah dalam hal ini dinas dan ins­tansi yang ada, bisa me­mini­malkan resiko dari buruknya pekerjaan, sehingga bisa me­m­perbaiki mutu untuk se­lanjutnya. (h/mg-rki)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]