Karambia Ampek, Kampung Terancam Hilang di Pasbar


Kamis, 28 Januari 2016 - 04:22:59 WIB

SASAK, HALUAN — Jika tidak berkesungguhan mengatasi,   sebuah kampung di Pasaman Barat (Pasbar) bakal  lenyap untuk selamanya. 

Kini,  puluhan rumah di Kampung Karambia Ampek, Jorong Pondok, Nagari Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pa­sisia, sudah  masuk ke laut yang diakibatkan melebarnya muara Sungai Batang Ampu.

Sudah  terjadi  sejak be­berapa tahun belakangan ini, tanpa penanggulangan serius, kini muara Batang Ampu bergeser sejauh 5 kilometer dari titik semula dari arah selatan ke arah barat.

Kepala Jorong Pondok Firmadison kepada haluan Rabu, (27/1) mengatakan, selain merusak puluhan ru­mah, kondisi perpindahan muara tersebut mengancam permukiman masyarakat Ka­rambia Ampek. Hal tersebut diakibatkan oleh angin Sela­tan yang bertiup dan mem­perpanjang pengikisan pinggir pantai. Bahkan sejumlah war­ga yang bermukim di sana sangat khawatir saat ombak tinggi atau saat pasang naik, Karena pada saat itu terjadi, permukiman mereka sering kebanjiran.”Selain me­nga­lami perubahan, kondisi mua­ra saat ini juga mengalami pendangkalan yang menga­kibatkan banjir saat intensitas hujan tinggi,”imbuhnya.

Firmadison menambah­kan, pemerintah melalui Di­nas terkait harus segera mela­kukan antisipasi dengan cara membuat muara permanen atau dengan men dam muara batang ampu agar tidak lagi mengalami pelebaran kesisi barat ataupun selatan. Karena jika hal tersebut tidak dilaku­kan secepat mungkin, sejum­lah kampung dan puluhan ribu pohon pinus yang dita­nam di sekitar bibir pantai akan dikikis oleh air. “Kami meminta pemerintah harus segera mengantisipasi, karena kondisi ini mengancam ke­lang­sungan kehidupan, permu­kiman, perekonomian dan pariwisata di kawasan pondok,”harapnya.

Saat ini, dengan tumbuh dan membesarnya pohon pi­nus di arel tersebut, kawasan wisata dikawasan ini sudah mulai dilirik oleh pengunjung. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pe­ngun­jung yang datang terlebih pada saat musim liburan da­tang,”terangnya. (h/fad/dn)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]