Selama Januari 2016

DKK Temukan 100 Kasus DBD


Kamis, 28 Januari 2016 - 04:23:26 WIB

PADANG, HALUAN — Dinas Kesehatan Kota (DKK) Pa­dang mencatat 100 temuan kasus Demam Berdarah De­ngue (DBD) sejak awal tahun ini (hingga 26 Januari 2016). Atas temuan tersebut, ma­syarakat Kota Padang diimbau untuk mewaspadai perin­duk­kan nyamuk yang bisa ber­langsung di tempat yang tidak diduga-duga.

Hal itu disampaikan Ke­pala DKK Padang drg. Eka Lusti kepada Haluan, Rabu (27/1). Menurutnya, saat ini kader-kader Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Padang tengah giat me­la­kukan pemantauan jentik berkala dan penyuluhan ke tempat-tempat umum.

“Banyak media per­kem­bangan jentik nya­muk atau perindukkan itu yang tidak disadari oleh masyarakat, seperti pot bunga hidup, dis­penser, botol air mi­neral be­kas, gelas bekas berisi air dan lain se­bagainya. Asal dike­tahui saja, nyamuk ae­des aeg­ypt yang mem­bawa virus de­ngue itu suka berkembang di air jernih dan di baju-baju yang tergantung,” jelas Eka.

Dijelaskannya lagi, untuk menggiatkan pembasmian jentik nyamuk tersebut, pe­tugas melalui kader-kader puskesmas hampir tiap hari turun ke sekolah, masjid dan beberapa sarana umum lain untuk mela­kukan peman­tau­an jentik berkala.

“Ke sekolah-sekolah dila­ku­­kan penyuluhan, sedangkan di sarana lain seperti mesjid akan dila­kukan pengecekan bak mandinya. Ini sangat pen­ting karena nyamuk pe­nyebar dengue senang hi­dup di sana,” jelasnya lagi.

Ditambahkannya juga, DKK baru saja melak­sanakan rakor degan pihak kecamatan soal pemberian bubuk abate ke rumah-rumah warga. Se­lain itu penyebaran brosur melalui kader-kader serta pemasangan spanduk juga semakin digiatkan.

“Untuk dijadikan KLB DBD mungkin belum ya, ka­re­na memang di akhir tahun hingga awal tahun ini temu­annya meningkat. Seperti itu setiap tahun,” tutupnya.

Sementara itu, Dina, salah seorang warga Nanggalo me­ngaku selalu rutin menguras bak mandinya agar keluar­ganya aman dari resiko ter­kena demam berdarah. “Pe­tugas ada yang datang ke rumah, anjurannya saya laku­kan dengan rutin,” kata Dina. (h/isq)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 16 Januari 2018 - 10:58:09 WIB

    Ibu Muda Meninggal Akibat DBD, DKK Padang Imbau Warga Waspada

    Ibu Muda Meninggal Akibat DBD, DKK Padang Imbau Warga Waspada PADANG, HARIANHALUAN.COM--Penyakit Demam Berdarah (DBD) kembali merenggut nyawa, Senin (15/1).  Kali ini korbannya Sabrina (28) warga Tanjung Aur, Balai Gadang Lubuk Minturun Padang..
  • Sabtu, 25 Februari 2017 - 11:40:52 WIB

    DKK Tambah 10 Dokter Puskesmas

    DKK Tambah 10 Dokter Puskesmas PADANG, HALUAN—Dinas Kesehatan Kota atau DKK Padang telah mengirim 10 orang dokter umum untuk membantu proses pelayanan kesehatan di 10 puskesmas..
  • Jumat, 24 Juni 2016 - 14:10:42 WIB

    DKP, DKK dan Dinsosnaker Bakal Dilelang

    DKP, DKK dan Dinsosnaker Bakal Dilelang PADANG, HALUAN-- Untuk mencari pemimpin Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Padang bakal melakukan lelang jabatan dalam waktu dekat. Tiga SKPD tersebut, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Dinas Kesehata.
  • Selasa, 19 April 2016 - 03:23:47 WIB

    Bekas DKK Jalan Diponegoro Dijadikan Terminal Sementara AKAP

    PADANG, HALUAN— Me­nunggu adanya terminal yang representatif di Kota Padang, Pemko Padang me­nyikapi dengan membangun terminal sementara bagi Bus Angkutan Kota Dalam Pro­vinsi (AKDP)..
  • Kamis, 31 Desember 2015 - 04:18:07 WIB

    DKK Raih Sertifikat ISO 9001 Versi 2008

    PADANG, HALUAN — Pe­layanan pada Dinas Ke­sehatan dan Puskesmas di Kota Padang mesti lebih baik, seiring ditetapkannya sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) serta mendapatkan sertifikat ISO 9001 versi 2008. Sebab sta.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]