Tak Berizin, Reklame Dicopot


Kamis, 28 Januari 2016 - 04:24:42 WIB

PADANG, HALUAN—Ba­nyak pemasangan reklame yang tak berizin di kota Padang sehingga potensi retribusi tak bisa tergarap maksimal. Na­mun kini pi­hak Dinas Pen­dapatan Dae­rah (Dipenda) Kota Padang tak akan men­tolerir lagi pendirian reklame yang tak berizin.

 “Kalau dulu ketika dite­mukan reklame tak berizin masih ada toleransi dengan hanya memungut pajaknya saja. Sekarang kita datangi dan kita copot saja langsung, tidak ada toleransi la­gi,” jelas Kabid Pendataan Di­penda Padang Alfiadi ke­marin (17/1).

Ia menambahkan, pen­dirian reklame tanpa izin akan berimbas kepada kein­dahan kota, jalan, keber­sihan atau taman. Kalau masyarakat mengurus izin reklamenya maka gangguan yang ditimbulkan oleh pen­dirian reklame bisa dimini­malisir.

“Karena reklame harus memenuhi syarat kein­da­han, kesopanan, kesusilaan, tidak bertentangan dengan adat istiadat, dan norma agama. Makanya ketika mengurus izin reklame ada 4 SKPD yang terlibat ke lapangan untuk memantau pendirian reklame.

Yakni Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan dan Pe­ru­mahan. Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi. Makanya tidak akan ada lagi ke­sala­han lokasi pendirian walau­pun di depan rumah atau toko,”terang Alfiadi.

Dikatakannya mengurus izin reklame tidak mem­akan waktu yang lama. Jika persyaratan lengkap dalam hitungan hari akan selesai.

“Syarat-syarat  dibawa ke Dipenda Padang Jalan M. Yamin Bidang Pendataan. Jika syarat lengkap proses tidak akan lama,”tegas Al­fia­di.

Terkait dengan pajak reklame tergantung jenis reklamenya seperti reklame papan, kain, melekat seperti di toko dan lain seba­gai­nya.”Kalau menghitung pa­jak­nya ada ketentuan dan cara menghitung. Tapi besar pajaknya 10-15 persen,” tutup Alfiadi.(h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]