Giliran Jambi Diguncang Bom


Kamis, 28 Januari 2016 - 04:34:46 WIB

JAMBI, HALUAN – Drama ledakan bom di Jakarta belum habis dari ingatan kita. Tiba-tiba, peristiwa serupa terjadi di Jambi, Rabu (27/1) sekitar pukul 02.30 WIB. Ledakan itu terjadi di Kelurahan Pasir Putih, Jambi Selatan, tepatnya di Jalan Yusuf Masri, Lorong Angkasa Puri, RT 21 Pasir Putih.

Informasi yang diperoleh Tribun sekitar pukul 02.30 wib warga Dedi dan Mila pada saat tidur malam mendengar suara ledakan beruntun, kemudian mereka terbangun dan melihat asap mengepul diatas rumah mereka seperti asap kebakaran.

Langsung saja Mila berteriak terjadinya kebakaran, kemudian Mila keluar dan melihat warga sekitar TKP telah berada diluar tepatnya di depan ruko yang ditempati warga yang diketahui bernama Yakof dan ibu novita.

Informasi yang diperoleh Tribun di TKP ditemukan beberapa benda yang diduga bom, diantaranya bubuk peledak, analog timer, material berupa paku dan juga rangkain kabel.

Selain itu juga ditemukan robekan koran dan kertas-kertas yang bertuliskan, asbak rokok patung putri duyung dan se­jumlah alamat di Kota Jambi.

Pihak kepolisian sendiri me­mastikan ledakan di Jalan Abdul Chatab, Jambi, sekitar pukul 02.30, Rabu, 27 Januari 2016, merupakan bom dengan ke­kuatan low explosive.

Hal itu dikemukakan Wakil Komandan Satuan Brigade Mo­bil Polisi Daerah Jambi Ajun Komisaris Besar Yuri kepada wartawan, Rabu siang, 27 Januari 2016. Pernyataan tersebut meluruskan pernyataan polisi yang sebelumnya menyebutkan kemungkinan ledakan tersebut berasal dari mercon.

Di lokasi kejadian, kata Yuri, tim menemukan dua paket lagi yang belum meledak. “Kita menemukan satu paket yang sudah meledak dan dua lagi belum. Dalam rangkaian paket itu dijumpai adanya pemicu bom, serbuk mesiu, dan paku,” ujar Yuri yang diwartakan tempo.

Motif peledakan bom terse­but, ujar Yuri, kini masih dalam pengembangan, termasuk men­cari pemilik dan pembuat bom.

Wakapolda Jambi, Kombes Pol Nana Sudjana bersama Wali Kota Jambi Sy Fasha di hadapan wartawan mengatakan di lokasi ditemukan sobekan kertas bertuliskan nama barang dan alamat, selain itu juga ditemukan sobekan kertas koran.  Benda tersebut dijadikan barang bukti dan telah diamankan .

Meski telah sobek namun tulisan tersebut masih terbaca, diantaranya isi tulisan itu yakni asbak rokok patung putri duyung, antar acc simpang sudirman, berasal dari berinisial H Lapas Jambi, satu unit kerajinan tangan, alamat ditujukan kepada inisial SU alias AA di Haji Kamil.

“Lalu paku 5 inci, baterai kotak, bohlam, serpihan barang dari analog timer dan serbuk mengandung sulfur dan belerang,” (h/net)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]