Walikota Hendri Arnis

Pejabat Padang Panjang Diseleksi Terbuka


Kamis, 28 Januari 2016 - 04:35:48 WIB
Pejabat Padang Panjang Diseleksi  Terbuka Walikota Hendri Arnis.

PADANGPANJANG, HALUAN —  Salah satu upaya yang dilakukan Walikota  Hendri Arnis untuk memajukan Kota Padang Panjang, adalah menempatkan pejabat yang pas di posisinya.

“Saya mau Padang Panjang itu menjadi yang terbaik disemua lini. Karenanya orang orang menempati jabatan harus yang terbaik hasil sebuah seleksi terbuka,” kata Hendri Arnis di kediamannya, Rabu, (27/1).

Untuk itu pula dalam seleksi calon pejabat yang dilangsungkan di Padang Panjang baru-baru ini, dilakukan oleh para pamong senior dan guru besar perguruan tinggi yang ada di Sumatera Barat. Pesertanya dari tingkat nasional.

Sebagai tim seleksi itu masing masing, Drs. H. Rusdi Lubis, M.Si selaku ketua, Drs. H. Yo­hannes Dahlan, M.Si, Jayadis­man, SH, Mkn dan Prof. DR. Niki Lukviarman, M.Si.

Untuk diketahui Rusdi Lubis adalah mantan Sekdaprov Sum­bar di masa Gubernur Zainal Bakar. Dia sebelumnya pernah menjabat Asisten Pemerintahan Setdaprov, juga pernah menjadi Sekdakab Solok dan Sekdakab 50 Kota. Hingga kini terhitung sebagai pengajar diklat kepe­mimpinan pada Diklat Kemen­dagri Regional Bukittinggi.

Yohannes Dahlan, mantan Sekdaprov Sumbar di masa Gu­bernur Gamawan Fauzi. Dia juga pernah menjabat Sekda Kota Solok dan juga pernah menjadi Asisten Administrasi Keuangan Setdaprov Sumbar. Hingga kini tercatat sebagai pengajar para pejabat yang ikut diklat kepe­mimpinan pada Diklat Kemen­dagri Regional Bukittinggi.

Selanjutnya adalah Jayadis­man, kini masih menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pemprov Sumbar. Dia pamong senior yang malang melintang di Pemerintah Pro­vinsi Sumatera  Barat. Sebelum jadi Kepala BKD Provinsi, dia menjabat  Kepala Biro Hukum Pemprov Sumbar dan juga per­nah menjadi Kepala Inspektorat Pemerintah Provinsi Sumbar.

Sedangkan Niki Lukviarman kini sedang menjabat Rektor Universitas Bung Hata, Padang, Dia merupakan cendikiawan Sumatera Barat yang dikenal punya reputasi baik pada jenjang pendidikan. Sebelum menjabat Rektor Universitas Bung Hata, dia  seorang  Guru Besar Uni­versitas Andalas, dia juga sering diundang memberikan sumba­ngan pikiran di tingkat nasional dalam hal kebijakan publik.

Dengan kaliber penguji yang sangat hebat, tidak diragukan lagi jika pejabat yang ada di Padang Panjang saat ini, adalah orang orang yang telah terseleksi dengan ketat.

“Kapan harinya (pelantikan sekdako-red) belum ditentukan, tetapi kemungkinan besar dalam minggu ini. K-ASN Komisi (Apa­ratur Sipil Negara) sudah mem­berikan rekomendasi kepada walikota agar memilih satu dari tiga calon yang ditetapkan panitia seleksi,” kata Sekretaris BKD Padang Panjang, Martoni.

Pansel, katanya telah menye­rahkan tiga nama kepada wali­kota, 8 Januari lalu. Ketiga nama itu masing-masing  Prof. DR. M. Edwar Juliartha (Staf Ahli Wali­kota Palembang), Sonny Budaya Putra (Asisten I Setdako Padang Panjang) dan Jetson (Kepala BKD Pemko Solok). “Yang dipi­lih Pak Wali mung­kin  Profesor M. Edwar Juliartha. Ini sudah sesuai dengan analisa dan pre­diksi banyak pihak,” kata salah seorang pejabat  yang juga ikut seleksi Sekda, tapi namanya enggan disebut.

Menurut pejabat itu, .M Ed­war memang seorang pamong muda yang enerjik. Dia pintar dan jenius. Dia lulusan terbaik dalam Diklat Kepemimpinan Eselon Dua yang diadakan Ke­men­dagri di Jakarta tahun 2013.

“Jika memang dia yang dite­tapkan Pak Wali sebagai Sekda Kota Padang Panjang, rasanya sudah pas,” kata sumber itu.

Dapat Pujian dari Pusat

Proses seleksi pejabat yang dilakukan Pemko Padang Pan­jang akhir akhir ini mendapat pujian dari K-ASN Jakarta.

“K-ASN mengapresiasi Pem­ko Padang Panjang, karena se­leksi telah dilakukan daerah itu,  dengan baik,  sesuai prosedur, transparan, profesional dan me­ngacu kepada aturan yang berlaku,” kata Sekretaris BKD Martoni.

Dikatakan, untuk proses se­leksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Pemerintah Kota Padang Pan­jang, laporannya sudah disam­paikan K-ASN.

“Kita mengirim ke Jakarta termasuk hasil seleksi yang telah dilantik untuk 5 SKPD sebe­lumnya, yaitu jabatan: Kadis Porbudpar, Dukcapil, PU dan Koperindag dan Dishubko­min­fo,” katanya.

   Khusus untuk seleksi JPT Sekretaris Daerah (Sekda), kata­nya,  KASN sudah memberikan rekomendasi kepada  Walikota untuk  segera memilih satu orang sesuai hasil dari panitia seleksi.  “Pak Walikota, dapat segera mela­kukan pelantikan. Selan­jutnya ada beberapa JPT Pratama lagi yang akan diseleksi dan itu semua sudah mendapat reko­mendasi dari K-ASN,” kata  Martoni.

Disampaikan Martoni, Yang menenuhi syarat tes akademis 13 orang yaitu Drs Asrul,  Rus­dianto, Sip, MM, Syahdanur SH MM, . Drs Yulfahmi, DR Event Nazar,  MS,  Sonny  Budaya Putra AP MSi, H Maisul ST, Yas Edizarwin, SH, Yunire Yunire,  ST, MSI,  PROF. DR. HM Edwar Jukiartha S.Sos, MSI, Iriansyah Tanjung,  SE, MSI,  Ir Ihsanu Tasaruddin dan Ir Jetson MT. Sedangkan yang ikut seleksi akademis 11 orang selain DR Eyviet Muzwar,  dan Ir Ihsanu Tasaruddin. Dan hasil penya­ringan tinggal 10 nama.  Dari 10 besar itu diuji lagi meliputi wawancara, makalah dan Phisiko tes oleh Panitia seleksi meliputi rekam jejak,  pangkat dan jabatan serta prilaku yang  menghasilkan  3 besar.  “Ketiga nama inilah yang diteruskan ke ASN pusat. Selan­jutnya tinggal penetapan oleh walikota, ungkap Martoni  (h/one/adv)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]