Oknum PNS Lapas Diduga Bandar Sabu


Kamis, 28 Januari 2016 - 04:36:08 WIB

PADANG, HALUAN – Oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kanwil Kemen­terian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) wilayah Sumbar yan bertugas di Lapas Muaro, Padang ber­inisial S (36) diciduk Tim Satuan Reserse Narkoba Polresta Padang, Rabu (27/1) dinihari WIB.

Sampai sekarang oknum PNS terse­but masih diperiksa itensif oleh pe­nyidik. Sedangkan barang bukti berupa satu paket sedang sabu dengan harga Rp1,4 juta dan satu pak plastik telah diamankan di Mapolresta Padang.

Dikatakan Kapolresta Padang Kom­bes Pol Wisnu Andayana melalui Kasat Resnarkoba Kompol Daeng Rahman mengatakan, penangkapan tersebut berawal dari hasil penyelidikan petugas beberapa hari yang lalu. Petunjuk yang didapat petugas ternyata mengarah kepada tersangka tersebut karena melakukan bisnis haram itu.

Merasa yakin ada barang bukti narkoba, maka beberapa petugas berpa­kaian preman langsung melakukan penggerebekan di rumahnya Jalan Kabun Sungai Sapih, Kelurahan Sungai Sapih, Kecamatan Kuranji, Kota Padang.

Saat hendak masuk ke rumah pelaku, kata Daeng, pelaku telah mengetahui kedatangan polisi dan langsung lari menuju atap rumah. Tidak mau bu­ruannya kabur, polisi pun mencoba mengejar S. Kemudian oknum PNS tersebut masuk ke dalam sumur. Upaya ini diketahui petugas yang akhir­nya ikut menolong tersangka keluar dari sumur.

Setelah berhasil menge­luar­kan tersangka dari sumur, ter­sangka langsung digelandang ke Mapolresta Padang untuk dila­kukan pengembangan lebih lan­jut, terkait kasus yang narkoba jenis sabu.

Lebih lanjut dikatakan Daeng didampingi Kanit Iptu Herit Syah, tersangka tersebut adalah bandar narkoba. Selain itu, ok­num PNS tersebut diduga pema­sok di dalam lembaga pemas­yarakatan (Lapas) dan di daerah Dharmasraya.

“Kini kasus oknum PNS Ke­men­kumham itu masih dalam penyelidikan guna membongkar jaringannya. Untuk pemeriksaan awal, dugaan sementara tersang­ka sebagai bandar narkoba jenis sabu,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia (Ke­menkum HAM) Sumbar, Ans­sarudin yang dihubungi Haluan Rabu (27/1) malam mem­benar­kan bahwa, Polresta Padang menangkap salah seorang pega­wainya yang diduga sebagai pemasok sabu ke sejumlah LP di Sumbar.

“Benar ada pegawai kita yang diinformasikan oleh Kalapas Padang tertangkap nyabu. Dia pegawai Lapas Muaro Padang,” kata Anssaruddin.

Saat ini Kanwil menunggu proses hukum yang kini dila­kukan penyidik Polresta Padang. “Semua kita serahkan ke Pol­resta. Untuk melancarkan proses pemeriksaan pegawai tersebut kita berhentikan sementara,” ujarnya.

Ansarudin menyebut saat ini pihaknya juga akan menunggu proses penyidikan Polresta Pa­dang apakah ada tersangka lain­nya. Karena menurutnya pere­daran barang haram ini di lingku­ngan LP pasti sudah terorganisir dengan baik ada  jaringannya.

“Kita sedang menunggu apa­kah ada tersangka lain yang ada dari pegawai kita. Kalau memang ada kita siapkan sanksi tegas untuk mereka, hingga pem­ber­hentian,” katanya.

Untuk pengembangan kasus ini, pihaknya juga akan mela­kukan penggeledahan ke se­jumlah LP di Sumbar.

“Sebenarnya kita sudah rutin melakukan penggeledahan kepa­da petugas lapas dan para binaan di lapas. Tapi, karena Lapas kita sudah over capacity, membuat kita sulit untuk melakukan pe­ngawasan,” terangnya. 

Anssaruddin membantah pi­hak­nya kecolongan karena me­nurutnya, sulit mendeteksi pe­rilaku pemakai narkoba itu di lingkungan kerja. Apalagi yang tertangkap ini sudah tidak di jam kerja. “Di kantor kelihatan baik saja, tapi di luar ternyata seperti itu. Kita akuim memang sulit mengetahuinya secara kasat ma­ta,”  tutupnya. (h/isr/nas)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 23 September 2016 - 18:26:43 WIB

    Diduga Terlibat Illegal Loging, Oknum Polisi di Pessel Ditangkap Propam

    Diduga Terlibat Illegal Loging, Oknum Polisi di Pessel Ditangkap Propam PAINAN, HALUAN - Seorang oknum anggota Kepolisian Resor (Polres) Pesisir Selatan, ditangkap tim Propam karena diduga terlibat kasus illegal logging pada Jumat (23/9) dini hari, sekira pukul 01.00 WIB..
  • Sabtu, 23 Juli 2016 - 23:37:50 WIB

    Warga Tangkap Basah Oknum Guru TK yang Sedang Asik Berindehoi

    Warga Tangkap Basah Oknum Guru TK yang Sedang Asik Berindehoi PADANG, HALUAN - Seorang Guru Taman Kanak-Kanak (TK) berinisial R (26) di kawasan Lubuk Buaya, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang diamankan oleh warga setempat setelah tertangkap basah berbuat mesum bersama pasangannya, E (24.
  • Rabu, 22 Juni 2016 - 19:40:38 WIB
    Kasus Kepemilikan Sabu

    Oknum Pengaman Lapas Muaro Dituntut Lima Tahun

    Oknum Pengaman Lapas Muaro Dituntut Lima Tahun PADANG, HALUAN - Syahrial (36), warga Kuranji yang juga oknum petugas pengamanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Muaro Padang, dituntut dengan hukuman lima tahun penjara atas kasus kepemilikan narkotika jenis sabu,.
  • Jumat, 20 Mei 2016 - 05:14:06 WIB
    Giliran Padang Digoyang Kasus Amoral

    Oknum Guru Diduga Cabuli 15 Siswi

    Oknum Guru Diduga Cabuli 15 Siswi PADANG, HALUAN — Kasus amo­ral yang menghebohkan jagat nu­santara, mulai dengan kasus Yy di Bengkulu yang diperkosa banyak pria, lalu kasus Eno di Kosambi, Tangerang, Banten, ternyata juga terjadi di Sumbar. Ada dua peris.
  • Selasa, 26 April 2016 - 03:53:58 WIB

    Mantan Oknum TNI Didakwa Merambah Hutan

    PADANG, HALUAN – Didakwa melakukan penebangan dan mengangkut hasil hutan tanpa izin di Bengkalis, Provinsi Riau, mantan anggota TNI, Sudikdo (46) disidang di Pengadilan Militer 1-03 Padang, Senin (25/4)..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]