Kinerja Pemkab Dharmasraya Terbaik Dua di Sumbar


Kamis, 28 Januari 2016 - 11:31:44 WIB

DHARMASRAYA, HALUAN — Meski masih relatif baru, namun kinerja pemerintahan Kabupaten Dharmasraya sudah mampu menempatkan diri pada po­sisi kedua di jajaran pe­me­rintahan ka­bu­paten dan kota di Sumbar dengan nilai C. Menteri Pen­dayagunaan Ap­a­­ratur Negara dan Re­for­masi Birokrasi, Yudhi Kris­nandi, meny­erah­kan lang­sung hasil penilaian laporan akuntabikitas kinerja ins­tansi pemerintah (LA­KIP), kepada Sekretaris Dae­rah Kabupaten Dharmasraya, Ir. H. Benny Mukhtar, MM, di Yogyakarta, Senin (25/1) lalu.

Menurut Kabag Humas Pemkab Dharmasraya, Budi Waluyo, setiap tahun Ke­men­terian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refor­masi Birokrasi selalu me­nga­dakan penilaian LAKIP dari semua instansi peme­rintah, mulai dari ke­men­terian dan lembaga di ting­kat pusat sampai kepada daerah provinsi maupun kabupaten dan kota. Kata­gori penilaian terbaik nilai­nya adalah A dan katagori tidak baik nilainya adalah D. Untuk mendapatkan nilai A, maka semua instansi pemerintah harus mengum­pul­kan point.

Dijelaskannya, kalau point yg didapat antara 30 sampai 50 maka akan diberi nilai C. Jika point yg dikum­pul­kan mencapai lebih 50 tetapi kurang dari 60 maka diberi nilai Cc. Kabupaten dan kota di Sumbar yg ber­hasil mendapat nilai Cc ada delapan kabupaten dan kota, sedangkan 11 kabupaten dan kota lainnya baru me­raih nilai C. Di antara ka­bu­paten yang berhasil men­dapat nilai C, maka Kabu­paten Dharmasraya berada pada rangking dua.

Dalam pengarahannya, kata Budi, Menteri Pen­da­ya­gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yudhi Krisnandi menga­ta­kan, saat ini adalah zaman kompetensi dan kompetisi. Untuk memenangkan kom­petisi, maka dibutuhkan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi di bidang masing masing. Su­m­­berdaya manusia yang berkompeten itu artinya secara struktural mereka memikiki kinerja yang aku­n­tabel dan secara kultural mereka memikiki semangat dan etos kerja yg baik, jujur, ulet dan bertanggungjawab.

Dalam kesemapatan itu ulas Budi, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuono X yang juga didapuk mem­beri sambutan lantaran LA­KIP Provinsi DIY men­dapat nilai A, mengatakan di provinsi yg ia pimpin LAKIP sudah betul betul men­jadi ukuran ke­ber­hasil­an suatu pemerintahan. Kepala SKPD yg LA­KIP­nya mendapat nilai minus langsung akan mendapat teguran. Jika teguran tidak juga diindahkan, maka akan dipublikasikan melalui me­dia massa. “Cukup ampuh nampaknya upaya seperti itu,” ujar Sultan Nga­yog­yo­karto Hadiningrat itu.

Sekretaris Daerah Kabu­paten Dharmasraya, Ir. H. Benny Muchtar menga­ta­kan, secara umum, pero­lehan nilai LAKIP Kabu­paten Dharmasraya me­mang masih belum me­ning­kat. Namun secara point, daerah pemekaran ter­ke­muka di Sumbar itu mening­kat cukup banyak. “Daerah lain peningkatannya kurang dari satu, kita meningkat dua point,” sebutnya. Ia me­nam­bahkan, ada beberapa kom­ponen penilaian yang belum bisa terpenuhi, yaitu RPJ­MD yang masih dalam pro­ses penyusunan.

Seberapapun pe­ning­katannya, lanjut Benny, hal itu merupakan capaian pres­tasi yang tidak gampang. Untuk meningkatkan satu point saja sulit, karena harus menggerakkan semua organ pemerintahan dan biaya yg tidak sedikit. Meskipun demikian, pihaknya tetap yakin, LAKIP tahun depan Dharmasraya akan men­dapat nilai Cc, sebab saat ini point yang dikumpulkan sudah mencapai 47 point dan untuk mendapatkan predikat Cc cukup dengan 50 point plus.

Untuk meningkatkan ni­lai LAKIP tersebut, Ben­ny mengaku sudah punya kiat. Pertama memperbaiki kua­litas perencanaan da­erah dengan membuat ind­i­kator kinerja utama yang lebih reliabel, kemudian pe­milih­an prioritas yg tepat, pe­nggunaan teknologi infor­matika dalam sistem peren­canaan dan pengawasan, serta terus melakukan pe­ning­katan sumberdaya apa­ratur pe­merintah. “Insya­alah pim­pinan kita yang baru, komit dengan semua itu,” Katanya yang diamini Inspektur Da­erah Suwardi, Asisten Pe­merintahan Ir­syad, Kabag Hukum dan organisasi Mas­heri Yanda Boy, Kabag Hu­mas dan Protokol Budi Wa­luyo dan Ka­bid Sosbud Bap­peda Hasto Kuncoro.(h/mdi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]