KPU Evaluasi Penyelenggaraan Pilkada Serentak


Jumat, 29 Januari 2016 - 03:34:56 WIB

PADANG PARIAMAN, HALU­AN —  Komisi Pe­milihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman melakukan evaluasi proses penye­leng­garaan pemilu pada pilkada serentak serta membubarkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Padang Pariaman, Selasa (27/1) kema­rin di Mifan Padang Panjang. Karena semua pekerjaan PPK sudah selesai, dengan demikian KPU sangat berterima kasih atas dedikasi yang diberikan dalam mensukseskan Pilkada serentak.

Hadir pada acara pem­bubara­kan PPK itu, Pejabat Bupati Padang Pariaman yang diwakili oleh staf ahli bupati, Akhiruddin, Kapolres Padang Pariaman, Kepala Kesbangpol Padang Pariaman, Ketua KPU Sumatera Barat, pimpinan Ormas, OKP, wartawan, LSM, Forum Walinagari, pimpinan LKAAM, pimpinan partai politik, Panwaslu serta undang­an lainnya.

“Pembubaran panitia ad hock ini di Mifan Padang Pan­jang, tentu ingin adanya suasana baru yang dirasakan, setelah sekian lama bekerja, menuai berbagai kritikan dan tekanan dari berbagai pihak. Pihak KPU juga mengapresiasi ma­sya­rakat serta kinerja PPK dan Wali Nagari se Kabupaten Padang Pariaman dalam mem­bantu menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan ter­sebut.” ujar Vifner.

Dia menjelaskan, setelah selesai Pilkada atau Pileg dan Pilpres keberadaan PPK tidak lagi diketahui. “Baru kali ini kita bubarkan secara resmi, sekalian diberikan reward dan penghargaan bagi yang mampu meraih prestasi selama pen­ye­lenggaraan Pilkada,” katanya.

Dalam hal ini katanya, juga diberikan hadiah kepada PPK yang berhasil dalam melak­sanakan tugasnya, penilaian ini dilihat dengan tingginya par­tisipasi pemilih diwilayah tugas PPK itu. “Setelah dila­kukan evaluasi, PPK Keca­matan Enam Lingkung yang diberikan piagam penghargaan dan piala tetap, serta pin em­as,” terangnya.

Setelah dilakukan pem­bubaran PPK, juga diadakan diskusi yang dibagi empat ke­lom­pok, pada masing-masing kelompok agar bisa mem­be­ri­kan masukan dan saran. Hal ini untuk pembenahan pe­lak­sana­an Pilkada untuk masa yang akan datang, eva­luasi dilakukan mulai dari tahap awal persiapan pemilu, pemungutan suara, hingga penetapan pasangan calon. “Evaluasi ini dilakukan untuk meningkat kinerja KPU untuk masa yang akan datang,” ulasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sumbar Amnasmen saat me­m­­buka acara menyebutkan, bah­wa evaluasi patut dila­kukan KPU, agar bisa me­ngu­kur tingkat keberhasilan dan kega­galan dalam Pilkada itu sen­diri. “Evaluasi ini di­harap­kan bisa jadi masukan untuk Pil­kada berikutnya. KPU Pa­dang Pariaman pantas di­berikan apresiasi, karena telah sukses menggelar pesta de­mo­krasi ini dengan baik,” te­rang­nya. (h/bus)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 04 Agustus 2020 - 15:58:43 WIB

    KPU Pessel Gelar Seminasi Peraturan Jelang Pilkada 2020

    KPU Pessel Gelar Seminasi Peraturan Jelang Pilkada 2020 HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan menggelar Seminasi Peraturan KPU tentang pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kotal. Kegiatan .
  • Sabtu, 18 Juli 2020 - 22:55:09 WIB

    KPU Pasbar Mulai Coklit Sesuai Standar Covid-19

    KPU Pasbar Mulai Coklit Sesuai Standar Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Untuk pemutakhiran data pemilih menjelang Pilkada serentak tahun 2020 ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mulai tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) dengan cara door tu d.
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 20:32:03 WIB

    KPU Dharmasraya: Jadwal Tahapan Pilkada Serentak 2020 Sangat Ketat

    KPU Dharmasraya: Jadwal Tahapan Pilkada Serentak 2020 Sangat Ketat HARIANHALUAN. COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya, Maradis MA, mengatakan jadwal Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, berlangsung sangat ketat..
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 15:32:40 WIB

    Sekdakab Harapkan Refokusing Anggaran KPU Solsel

    Sekdakab Harapkan Refokusing Anggaran KPU Solsel HARIANHALUAN.COM - Sekretaris Daerah Kabupaten (Solok Selatan) (Solsel) Yulian Efi berharap adanya refokusing anggaran Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) pada penyelenggaraan Pilkada 2020 di daerah itu..
  • Jumat, 26 Juni 2020 - 10:22:10 WIB

    KPU Pariaman Lakukan Rapit Test Bagi PPS

    KPU Pariaman Lakukan Rapit Test Bagi PPS HARIANHALUAN.COM - Sebelum melakukan verifikasi faktual terhadap pendukung bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman melakukan rapit tes kepada seluruh Panitia Pemungutan Suara .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]