Pelabuhan Pantai Tiram Tingkatkan Perekonomian


Jumat, 29 Januari 2016 - 03:35:19 WIB
Pelabuhan Pantai Tiram Tingkatkan Perekonomian

PARIAMAN, HALUAN — Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Djonimar Boer menyatakan pembangunan pelabuhan di Pantai Tiram Kabupaten Padangpariaman akan membawa dampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat setempat.

Menurut dia, pembangunan pelabuhan tersebut sudah melalui proses pengkajian dari Kementerian Perhubungan khususnya Perhubungan Laut termasuk kajian Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) sehingga pelaksanaannya diyakini sesuai aturan dan akan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat Sumbar, khususnya masyarakat di sekitar pelabuhan.

Baca Juga : Pemko Padang Panjang Cek Kesiapan Posyan Idul Fitri

“Kami berharap pihak pelaksana pem­bangu­nan pelabuhan juga dapat beker­jasama dengan masyarakat sekitar, sehingga juga dapat membantu penyediaan lapangan kerja sehingga pembangunan pelabuhan juga dapat menekan angka pengangguran,” kata dia.

Dia mengatakan, selain dapat membantu ketersediaan lapangan kerja pembangunan pelabuhan dalam jangka panjang akan membawa perubahan daerah karena pela­buhan merupakan sarana transportasi laut yang akan ramai dilewati baik angkutan barang maupun kapal nelayan.

Baca Juga : ASN di Dharmasraya Dilarang Meninggalkan Daerah, Sutan Riska Tuanku Kerajaan: Kepala OPD Wajib Berikan Laporan Kedisiplinan Pegawai

“Kami juga berharap dengan adanya pelabuhan Pantai Tiram Pemkab Padang­pariaman juga dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di daerah terutama bagi masyarakat nelayan sehingga nelayan tradisional yang ada dapat ber­kembang menjadi nelayan modern,” tutur dia.

Dia juga mengatakan, dibangunnya pelabuhan di Pantai Tiram juga akan mendukung peningkatan infrastruktur lain seperti jalan yang akan membuka akses kemajuan daerah dari segala sisi sehingga kesejahteraan masyarakat juga akan te­rangkat.

“Pembangunan jalan yang melewati daerah pembanguan pelabuhan Pantai Tiram sudah diketok palu di DPRD Sumbar untuk dilaksanakan pada tahun 2013 ini yang nantinya akan menjadi jalan alternatif. (h/ans)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]