Pelabuhan Pantai Tiram Tingkatkan Perekonomian


Jumat, 29 Januari 2016 - 03:35:19 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Djonimar Boer menyatakan pembangunan pelabuhan di Pantai Tiram Kabupaten Padangpariaman akan membawa dampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat setempat.

Menurut dia, pembangunan pelabuhan tersebut sudah melalui proses pengkajian dari Kementerian Perhubungan khususnya Perhubungan Laut termasuk kajian Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) sehingga pelaksanaannya diyakini sesuai aturan dan akan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat Sumbar, khususnya masyarakat di sekitar pelabuhan.

“Kami berharap pihak pelaksana pem­bangu­nan pelabuhan juga dapat beker­jasama dengan masyarakat sekitar, sehingga juga dapat membantu penyediaan lapangan kerja sehingga pembangunan pelabuhan juga dapat menekan angka pengangguran,” kata dia.

Dia mengatakan, selain dapat membantu ketersediaan lapangan kerja pembangunan pelabuhan dalam jangka panjang akan membawa perubahan daerah karena pela­buhan merupakan sarana transportasi laut yang akan ramai dilewati baik angkutan barang maupun kapal nelayan.

“Kami juga berharap dengan adanya pelabuhan Pantai Tiram Pemkab Padang­pariaman juga dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di daerah terutama bagi masyarakat nelayan sehingga nelayan tradisional yang ada dapat ber­kembang menjadi nelayan modern,” tutur dia.

Dia juga mengatakan, dibangunnya pelabuhan di Pantai Tiram juga akan mendukung peningkatan infrastruktur lain seperti jalan yang akan membuka akses kemajuan daerah dari segala sisi sehingga kesejahteraan masyarakat juga akan te­rangkat.

“Pembangunan jalan yang melewati daerah pembanguan pelabuhan Pantai Tiram sudah diketok palu di DPRD Sumbar untuk dilaksanakan pada tahun 2013 ini yang nantinya akan menjadi jalan alternatif. (h/ans)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 12 Maret 2020 - 21:34:41 WIB

    Normalisasi Batang Panamban dan Pelabuhan Tluk Pulai Disegerakan

    Normalisasi Batang Panamban dan Pelabuhan Tluk Pulai Disegerakan PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Masyarakat Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan meminta agar pembangunan normalisasi Batang Panamban dan pembangunan pelabuhan Tluk Pulai, di prioritaskan pada 2021..
  • Sabtu, 15 Februari 2020 - 23:13:40 WIB

    Pasbar Dapat Kucuran Rp800 M dari Pusat, Mimpi Pelabuhan Teluk Tapang Terwujud

    Pasbar Dapat Kucuran Rp800 M dari Pusat, Mimpi Pelabuhan Teluk Tapang Terwujud PASBAR, HARIAN HALUAN.COM-Harapan terwujudnya operasional Pelabuhan Teluk Tapang di Air Bangis terwujud. Hal ini ditandai dengan telah ditandatanganinya Keputusan Presiden Republik Indonesia terkait dengan proyek prioritas na.
  • Kamis, 10 Januari 2019 - 12:35:45 WIB

    Pengembangan Pelabuhan Panasahan Dilanjutkan

    Pengembangan Pelabuhan Panasahan Dilanjutkan PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) optimis pengembangan pelabuhan Teluk Panasahan Painan akan terealisasi tahun ini. Bahkan Kementerian Perhubungan kabarnya telah menyediakan anggaran Rp.
  • Jumat, 09 Maret 2018 - 01:18:20 WIB
    DORONG PERCEPATAN BEROPERASI

    Kementerian ESDM Tinjau Pelabuhan Teluk Tapang Pasbar

    Kementerian ESDM Tinjau Pelabuhan Teluk Tapang Pasbar PASBAR, HALUAN-- Percepatan pembangunan Pelabuhan Teluk Tapang, Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), terus mendapat perhatian dari pemerintah pusat..
  • Sabtu, 04 Februari 2017 - 19:02:08 WIB

    Pelabuhan Teluk Tapang di Pasbar Ini Bakal Beroperasi

    Pelabuhan Teluk Tapang di Pasbar Ini Bakal Beroperasi PASBAR,HALUAN-- Pelabuhan Teluk Tapang Kenagarian Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) di targetkan beroperasi pada tahun 2017 ini. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]