Pungutan bagi Pelajar Diminta Ditinjau Ulang


Jumat, 29 Januari 2016 - 03:45:04 WIB

SOLOK, HALUAN — Salah seorang ninik mamak di Kota Solok meminta Pemda Kota Solok meninjau ulang pemungutan uang pada orang tua siswa SMA yang berasal dari Kabupaten Solok, jika tidak memiliki payung hukum yang jelas.

Logisnya jika pemungutan uang bagi pelajar SMA yang akan masuk kerekening Pendapatan Asli Daerah (PAD) dilakukan dengan Peraturan daerah (Perda), dengan demikian kekuatan hukum lebih jelas, terang H . Rusli Khatib Sulaiman menjawab “Haluan” disela-sela Musyawarah renacan kelurahan Sinapa Piliang Kamis (28/1).

Apa yang disampaikan badan legislasi DPRD Kota Solok Herdiyulis tentang sumber PAD itu dari pajak dan restribusi, namun jika pemungutan itu masuk PAD tentu ada dasar hukumnya, makanya perlu pengkajian mendalam dari eksekutif dan legislatif Kota Solok.

Setahu saya lanjut ketua LKAAM Kota Solok itu memang diberlakukan pungutan bagi siswa asal Kabupaten Solok yang bersekolah di Kota Solok, jumlahnya berfariasi, ada Rp 110.000 sampai Rp 145.000/bulan. Tujuannya karena tidak terpikulnya beban biaya sekolah oleh APBD Kota Solok. Namun siswa yang berasal dari Kota Solok bebas biaya pendidikan karena sudah wajib belajar 12 tahun.

Syah-syah saja dilakukan pemungutan bagi siswa asal Kabupaten Solok namun hendaknya memiliki kekuatan hukum yang jelas, melalui Peraturan daerah akan lebih baik sehingga tidak terjadi penafsiran lain dikalangan masyarakat. Apalagi masyarakat kota dan kabupaten Solok tidak dapat dipisahkan karena memiliki hubungan historis sejak dulunya.

Ketergantungan ke 2 daerah sangat kuat sekali antara Kabupaten Solok dan Kota Solok, makanya dalam masalah pe­mu­ngutan perlu kehati-hatian dan jangan merusak hubungan historis tadi, ungkap mantan ketua KAN Lubuk Sikarah itu. (h/alf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 13 Desember 2016 - 00:52:19 WIB
    DALAM PELAYANAN MASYARAKAT

    KPPN Solok Tak Tarik Pungutan Apapun

    AROSUKA, HALUAN — Korupsi menjadi musuh uta­ma yang tengah meng­gero­goti bangsa Indonesia. Bah­kan, hampir semua lini lem­baga pemerintahan tak luput dari praktik kongkalingkong..
  • Jumat, 29 Juli 2016 - 04:00:27 WIB
    BUAT DOKUMEN PENDUDUKAN DI DISDUKCAPIL

    Warga Diminta Laporkan Jika Ada Pungutan

    PASAMAN, HALUAN — Di­nas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pasaman terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama layanan pembuatan dokumen kependudukan..
  • Jumat, 15 Januari 2016 - 03:12:39 WIB

    Pungutan Harus Ada Perdanya

    SOLOK, HALUAN — Ketua Badan Legislasi DPRD Kota Solok Herdiyulis mengatakan, apapun pungutan yang dilaksanakan di Kota Solok. jika untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) haruslah ada payung hukumnya dalam hal ini pe.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]