Kawasan Los Ikan Basah Sepi Aktivitas


Jumat, 29 Januari 2016 - 03:45:27 WIB

SOLOK, HALUAN — Kawasan los ikan basah yang berada di pinggir Batang Lembang pasar Solok kini sepi dari aktivitas pedagang ikan, karena banyak yang pindah ke jalan lingkar pasar-Koto Panjang. Padahal los ikan itu sudah dibangun permanen bersamaan dengan los daging.

Dari pantauan “Haluan” yang turun ke lokasi terlihat aktifitas pedagang ikan basah lebih memilih jalan lingkar pasar Koto Panjang pasar Solok untuk berjualan ketimbang menempati los ikan basah yang sudah ditentukan. Alasannya pedagang pindah hanya semata-mata mengejar konsumen dan kegiatan transaksi lebih cepat.

Awalnya hanya beberapa orang saja yang pindah ke lokasi baru karena ada yang memback up, tapi lama kelamaan diikuti pedagang ikan lainnya dan akhirnya sudah 80 % pedagang ikan basah hijrak ke lokasi baru, terang Musni seorang pedagang di lokasi pasar Batang Lembang pada “Haluan”. Musni sendiri juga heran seakan-akan wibawa pemerintah daerah melorot karena bisa diolok-olokan pedagang.

Pemda Kota Solok memiliki Satuan Polisi Pamong Praja, Satuan pengaman (Satpam) di pasar Solok, namun kenapa hijrahnya pedagang tidak bisa ditertibkan, ini kan sangat menganggu akses jalan dan menimbulkan kesemrautan di pasar Solok, tambahnya.

Setelah pedagang ikan basah hijrak ke lokasi baru yang bukan diperuntukan untuk berjualan baginya, kini pedagang daging juga ikut-ikutan, los daging yang sudah dibangun malahan tidak ditempati dan pedagang daging turun ke kawasan parkir. Akibat prilaku pedagang daging yang mengambil lahan parkir di pasar Batang Lembang itu, parkirpun menyempit bahkan melebar ke badan jalan utama.ada 4-5 orang pedagang daging segar pindah ke areal parkir, sedangkan los daging yang diper­untukan baginya kosong, tidak ada tanda-tanda penertiban oleh pihak pasar maupun Satpol PP walaupun sudah melanggar peraturan daerah.

Kepala Satpol PP Kota Solok Zul­karnaini yang dikonfirmasi “Haluan” di kantornya awal pekan lalu mengakui kalau kesemrautan sudah mengkuatirkan di pasar ikan basah dan los daging. Namun untuk menertibkan itu logisnya kantor pengelola pasar melakukan koordinasi dengannya sehingga jelas mana yang melanggar dan tidak. (h/alf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]