Dana Rp70 Juta Standby untuk Bencana


Jumat, 29 Januari 2016 - 03:47:25 WIB

SOLOK, HALUAN — Pem­da Kota Solok men­stand­bykan dana Rp70 juta tiap tahun, yang siap didis­tri­busikan jika terjadi bencana alam banjir, tanah longsor maupun puting beliung yang mengakibatkan sulitnya ma­syarakat memperoleh bahan pangan akibat bencana alam itu.

“Jika terjadi bencana, Pemda Kota Solok melalui Badan Penanggulangan Ben­cana Daerah (BPBD) siap mengalokasikan ke­butuhan masyarakat yang terkena bencana sehingga masyarakat tidak repot mem­peroleh makanan un­tuk sementara waktu men­jelang masukan bantuan lainnya,” jelas Kepala BP­BD Kota Solok Ori Affilo kepada “Haluan” Selasa(26/1).

Bantuan yang dialo­kasi­kan itu diposkan di rekening BPBD dan hanya bisa diper­gunakan jika masyarakat terkena musibah bencana alam, sebab  berdasarkan pengalaman selama ini, ma­syarakat yang terkena ben­cana alam selalu panik mem­peroleh makanan ka­rena rumah terendam banjir sehingga tidak bisa me­masak.

Kondisi demikian sudah bisa diatasi dengan adanya dana cadangan yang standby di rekening BPBD dan siap dipergunakan untuk mem­beli kebutuhan bagi korban bencana alam, namun kata Ori Affilo, bencana itu hen­daknya menjauh dari Kota Solok sehingga kehidupan masyarakat tetap damai dan tentram.

Di Kota Solok lanjut Ori Affilo bencana alam yang sering melanda berupa ke­ba­karan dan banjir, sedang tanah longsor sangat tipis sekali terjadi karena Kota Solok memiliki tofografi alam mendatar.

Dalam ca­tatan selama ini belum ada tanah longsor yang me­nim­bun rumah war­ga. Kalaupun ada longsor hanya meng­hambat arus lalu lintas dan itupun dalam hitungan me­nit bisa di­singkirkan.

Dalam menghadapi mu­sibah kebakaran yang sela­ma ini dialami masyarakat Kota Solok, tindakan pe­ngendalian tidak hanya di­lak­sanakan pemadam keba­karan dari Kota Solok mela­inkan  juga bantuan dari kabupaten.

Jalinan kerja­sama dalam penan­ggula­ngan kebakaran sudah sa­ngat baik sejak sebelumnya.

Buktinya, ketika ter­jadi kebakaran di Kota Solok 2015 lalu, sejumlah mobil unit dari kabupaten tetang­ga berdatangan mem­bantu, ini me­nun­jukan partisipasi kabu­paten tetangga sangat baik dalam kegiatan ke­ma­nusiaan itu . (h/alf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]