Ketua IBI Minta Bidan Disiplin


Jumat, 29 Januari 2016 - 03:50:30 WIB

PASAMAN, HALUAN — Ketua Ikatan Bidan In­do­nesia (IBI) Kabupaten Pa­saman meminta para bidan didaerah itu, untuk disiplin dan meningkatkan kinerja.

Hal itu disampaikan oleh Ketua IBI Pasaman, Fitri D, Rabu (27/1) ke­marin, saat melantik 14 pengurus Ranting Ikatan Bidan Indonesia (IBI) se- Kabupaten Pasaman pe­riode 2013- 2018, di gedung Syamsiar Thaib Lu­buk­sika­ping.

Dalam keterangan, Ke­tua Fitri D menyorot, ma­salah tingkat kehadiran pe­serta, karena agenda kegi­atan semula dijadwalkan pukul 08.00 WIB, namun baru terlaksana pada pukul 10.00 WIB.

Kedisiplinan ini, adalah gambaran ketaatan para bidan, dalam menjalankan pekerjaan. Ia sedikit me­nyesalkan, meskipun acara sudah dimulai namun masih banyak juga peserta yang belum datang, serta masih ada yang berkeliaran diluar ruangan pada saat acara berlangsung.

“Kalau bidan tidak disip­lin, bagai mana bidan akan melayani masyarakat,” ujar Fitri D.

Fitri D berharap, pe­ngurus Ranting IBI yang baru dilantik dapat bekerja lebih baik dalam men­jalan­kan program kerja IBI yang sudah berjalan. Selain itu, dengan dilantiknya ke­pe­ngu­rusan Ranting IBI  ini diharapkan mampu, mem­perkuat organisasinya.

Kepala Dinas Kesehatan Pasaman, Desrizal  menga­takan, IBI merupakan para bidan dan garda terdepan pelayanan kepada ma­sya­rakat. Karena itu, IBI harus mengutamakan pelayanan kesehatan kepada ma­sya­rakat.

Dari komposisi tenaga kesehatan tersebut, kata Desrizal peran bidan sangat diiperlukan karena dengan tersebarnya bidan-bidan di Kejorongan yang ada di Pasaman maka kesehatan ibu dan anak mendapat pelayanan dengan baik. Se­hing­ga dapat menurunkan angka kematian ibu dan anak.

Ia menambahkan, peran bidan sangat mulia karena bidan mengemban tugas dan mengabdi serta tidak mem­buat perbedaan antara sika­ya dan miskin. Keberadan organisasi IBI sangat dibu­tuhkan sebab organisasi ini oleh masyarakat, menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan ibu dan anak,  atau bagi masyarakat karena itu peran organisasi IBI ini terus selalu ditingkatkan. (h/col)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]