Nagari Batipuh Baruah Peroleh Dana Rp2,4 M


Jumat, 29 Januari 2016 - 04:03:09 WIB

BATIPUH, HALUAN —  Pemerintahan Nagari se­bagai pemerintahan te­re­n­dah, tahun anggaran 2016 ini mendapat kucuran dana yang cukup signifikan.

Nagari Batipuh Baruah, kecamatan Batipuh tahun anggaran 2016 mendapat kucuran dana sebesar Rp 2,4 miliar. Dana itu berasal dari bantuan APBD Tanah­datar sebesar Rp 700 juta dan anggaran APBN sebesar Rp1,7 miliar.

Sedangkan tahun se­be­lum­nya atau tahun anggaran 2015, nagari Batipuh Ba­ruah mendapat dana Rp 1,234 miliar. Dana tersebut sudah digunakan untuk gaji dan honor perangkat nagari dan wali jorong serta ang­garan untuk ke­masya­raka­tan deng­an anggaran sekitar Rp 900 juta. Sisanya di­guna­kan un­tuk pembangunan Infrastruktur seperti irigasi,  jalan dan pemberdayaan masyarakat seperti pe­la­ti­han dan bantuan kelompok tani lainnya.

Wali nagari Batipuh Ba­ruah HM Dt Itam men­yam­paikan hak itu menjawab Haluan kemarin.

Anggaran tahun 2016, kata Dt Itam,  baru dike­tahui­nya besaran dananya,  Rabu ( 25 / 01) setelah dijemput ke Batusangkar. Ternyata terjadi pening­katan dari tahun sebelum­nya. “Untuk itu perlu di­la­ku­kan pembahasan ulang melalui musyawarah deng­an 11 jorong yang ada agar penggunaannya tepat sa­saran,” ujar HM Dt Itam.

Menurutnya lagi, be­berapa waktu lalu sudah dilaksanakan rapat dengan seluruh Wali jorong untuk meminta usulan sebagai landasan untuk penyusunan anggaran tahun 2016 sesuai dengan pagu dana nagari yang diberikan.  “ Dengan adanya penambahan ang­garan untuk nagari Batipuh Baruah yang bersumber dari APBD Tanahdatar dan AP­BN tahun 2016 ini, perlu kembali di rumuskan peng­guna­nya secara bersama sama sesuai dengan keten­tuan yang berlaku serta mengacu kepada Rencana Pembangunan Jangka Me­nengah (RPJM) Nagari Ba­ti­puh Baruah. Justru itulah pentingnya usulan dari ma­sing masing jorong yang nan­tinya di Porsi kan secara adil dan merata. Sebab da­lam setiap usulan dari jo­rong jumlahnya sangat be­sar. Inilah pentingnya dila­kukan pembahasan untuk menentukan skala prio­ritas”  ungkap HM Dt Itam men­yampaikan.

Disamping adanya pe­ning­katan dana nagari baik dari APBN maupun APBD Tanahdatar tahun anggaran 2016, namun di sisi lain terjadi juga penghapusan dana DAK. Tahun 2015, Batipuh Baruah menerima Rp 275 juta sedangkan ta­hun 1016 ini tidak ada.  “Untuk DAK Tanahdatar belum diperoleh informasi dari pemda Tanahdatar,  apakah ada atau tidak,”   kata nya lagi. (h/one)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 09 Agustus 2020 - 22:40:13 WIB

    Program Lampu Jalan Mulyadi Mampu Terangi Hingga Tingkat Nagari

    Program Lampu Jalan Mulyadi Mampu Terangi Hingga Tingkat Nagari HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi diketahui banyak memberikan bantuan kepada masyarakat. Bantuan itu pun bukan hanya sekadar bantuan, tapi benar-benar yang bermanfaat bagi masyarakat banyak..
  • Kamis, 30 Juli 2020 - 17:10:12 WIB

    LKKS Kota Pariaman Studi Tiru ke Nagari Jawi-Jawi Kabupaten Solok

    LKKS Kota Pariaman Studi Tiru ke Nagari Jawi-Jawi Kabupaten Solok HARIANHALUAN.COM - Pengurus Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kota Pariaman telah melakukan studi tiru ke Nagari Jawi-Jawi Guguak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok..
  • Rabu, 29 Juli 2020 - 11:34:52 WIB

    TMMD di Nagari Panyalaian Ditutup, Prasarana untuk Masyarakat Siap Digunakan

    TMMD di Nagari Panyalaian Ditutup, Prasarana untuk Masyarakat Siap Digunakan HARIANHALUAN.COM - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 di Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar ditutup di Gazebo Indojolito, Rabu (29/7/2020). .
  • Rabu, 29 Juli 2020 - 10:59:54 WIB

    PWI Sumbar Terima Sapi Kurban dari Bank Nagari

    PWI Sumbar Terima Sapi Kurban dari Bank Nagari HARIANHALUAN.COM – Hikmah dari situasi wabah Covid-19 sedang berjangkit seperti sekarang hendaknya dapat diambil berupa terbangunnya semangat rela berkorban diantara sesama umat Islam. Bank Nagari Sumatera Barat mengajak se.
  • Jumat, 24 Juli 2020 - 06:04:06 WIB

    Syafrizal Desak Kabupaten dan Kota Lahirkan Perda Nagari

    Syafrizal Desak Kabupaten dan Kota Lahirkan Perda Nagari HARIANHALUAN.COM - Hingga kini, belum satu pun kabupaten dan kota yang melahirkan Perda Nagari Adat sebagai legalitas pembentukan Nagari Adat di daerahnya. Padahal, Perda Nomor 7 tahun 2018 yang dilahirkan Pemprov Sumbar seba.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]