PDAM Terapkan Penagihan Online


Jumat, 29 Januari 2016 - 04:03:39 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Memasuki tahun 2016 ini, Perusahaan Daerah Air Minum Kota Payakumbuh bakal menerapkan program baru dalam meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan.

Program yang diguna­kan saat ini yakni dengan sistem online untuk pena­gihan bulanan terhadap pelanggan.

“Rencana tahun ini, kita sudah mulai menerapkan penagihan sistem online. Program ini merupakan salah satu dalam pening­katan pe­la­ya­nan terhadap pelanggan dan masyarakat,” terang Herry Iswahyudi, Direktur PDAM Kota Paya­kumbuh, Kamis (28/1) ke­marin.

Dengan penagihan sis­tem online tersebut, terang Herry, pelanggan tidak per­lu lagi membayarkan ta­gihan bulanan ke kantor PDAM. “Pelanggan cukup membayar secara online. Pembayaran bisa melalui ATM di bank, pos dan KUD yang tersebar di Kota Paya­kumbuh,” ucapnya.

Untuk mencapai prog­ram baru tersebut, kini PD­AM tengah melakukan kerja sama dengan instansi ter­kait. “Yang sudah pasti kerja dengan KUS dan Pos. Se­dangkan dengan perbankan sedang dilakukan pem­bica­raan,” tukuknya.

Sampai saat ini, seti­daknya sudah ada 20 KUD yang tersebar di Kota Pa­yakumbuh untuk bekerja sama dengan PDAM Kota Payakumbuh. “Nantinya, pembayaran tagihan bagi pelanggan sudah bisa me­lalui KUD di masing-masing kelurahan atau kecamatan sehingga pelanggan tidak perlu jauh-jauh lagi ke kan­tor PDAM,” katanya.

Program baru tersebut, rencananya akan di lun­curkan PDAM pada Feb­ruari men­datang. Untuk PDAM Kota Payakumbuh saat ini, sampai 2016 ini setidaknya sudah memiliki 25.811 pelanggan. Atau me­ningkat sebanyak 2.300 pe­langgan dari tahun 2015 lalu. “Target kita 2017 men­datang, PDAM Paya­kum­buh sudah memiliki 27511 pelanggan. Artinya, sampai 2017 sudah 100 persen pen­duduk Kota Payakumbuh yang meningmati air ber­sih,” ucapnya.

PDAM Kota Paya­kum­buh sendiri, memiliki 3 sum­ber mata air yang ber­ada Kabupaten Limapuluh Kota dengan total debit sebesar 332,51 liter per­detik. Yakni mata air Ba­tang Tabit dan mata air Sika­marunciang di Keca­matan Luak serta mata air Sungai Daerah di Ke­cama­tan Situjuah Limo Na­gari.

“Meski kita memiliki debit  air besar tetapi PD­AM tetap mengalami ke­kurangan air sebesar 60 liter perdetik disaat jam sibuk. Devisit air ini terjadi pada 05.00 WIB sampai pukul 07.00 WIB dan pukul 17.00 sampai pukul 18.00 WIB. Ini kendala kita sela­ma ini,” terangnya.

Diluar jam tersebut, te­rangnya, kondisi aliran air PDAM lancar ke seluruh sam­bungan pelanggan. Wa­lau­pun demikian, PDAM terus berupaya untuk me­ngatasi devisit aliran air ke seluruh pelanggan. “Salah satunya, memperbesar ali­ran air dengan mengganti pipa induk yang lebih besar dan memaksimalkan sum­ber air yang ada,” ucapnya.

Dari 25.811 pelanggan, PDAM Kota Payakumbuh setiap tahunnya mampu menghasilkan laba diatas  Rp1 Miliar Rupiah. “Pada 2014 saja, PDAM meng­hasilkan laba sebesar Rp 1,3 Miliar. Keuntungan tahun 2015, kita masih menunggu hasil audit dari BPK,” ucap­nya. (h/ddg/hel)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 12 Mei 2020 - 21:27:10 WIB

    160 Paket dari PDAM Padang Pariaman Dibagikan kepada Warga

    160 Paket dari PDAM Padang Pariaman Dibagikan kepada Warga PDAM Padang Pariaman turut berpartisipasi mendukung pemerintah membantu masyarakat yang terdampak virus Corona. Partisipasi itu dalam bentuk pemberian bantuan paket bahan pokok kebutuhan dasar masyarakat berupa beras, minyak.
  • Selasa, 14 April 2020 - 10:54:04 WIB

    Kualitas Air Keruh, Direktur PDAM Pasaman Minta Maaf ke Pelanggan

    Kualitas Air Keruh, Direktur PDAM Pasaman Minta Maaf ke Pelanggan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Direktur PDAM Tirta Dharma Kabupaten Pasaman, Ahmad Subur menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggannya, terkait kualitas air yang keruh sejak beberapa hari terakhir. .
  • Ahad, 16 Februari 2020 - 16:58:38 WIB

    PDAM Sawahlunto Sakit, Butuh Rp25 M untuk Perbaikan

    PDAM Sawahlunto Sakit, Butuh Rp25 M untuk Perbaikan SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Butuh Rp25 miliar bagi pemerintah Kota Sawahlunto, untuk melakukan perbaikan terhadap kerusakan yang tengah tejadi Perusaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat..
  • Selasa, 07 Januari 2020 - 15:19:15 WIB

    Ahmad Subur Siap Benahi PDAM Pasaman

    Ahmad Subur Siap Benahi PDAM Pasaman PASAMAN, HARIANHALUAN.COM --Segudang persoalan dalam tubuh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Pasaman menjadi pekerjaan rumah yang wajib diselesaikan oleh direktur baru di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu. .
  • Kamis, 28 November 2019 - 15:53:57 WIB

    PDAM Sawahlunto Dapat Penyertaan Modal Rp250 Juta

    PDAM Sawahlunto Dapat Penyertaan Modal Rp250 Juta SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Sawahlunto mendapatkan suntikan anggaran dalam APBD Kota Sawahlunto 2020, berupa penyertaan modal sebesar Rp250 juta, yang ditujukan untuk pembelian trav.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]