Hari Ini Dilantik

Prof Edwar Juliartha Sekda Pilihan Hendri Arnis


Jumat, 29 Januari 2016 - 04:04:17 WIB

PADANGPANJANG, HA­LU­AN — Seperti yang di prediksi banyak pihak  sebelumnya, Walikota Padangpanjang He­n­­dri Arnis  akhirnya me­netap­kan Prof DR M Edwar Juliar­tha sebagai sekretaris daerah kota Padangpanjang.  Edwar Juliartha  yang se­belum­nya staf ahli Walikota Palembang akhirnya dilantik sebagai Sekretaris Daerah definitif kota Padangpanjang oleh walikota H Hendri Ar­nis,  Jumat pagi ini.

 Kabag Humas Setdako Padangpanjang H Ampera Salim menjawab Haluan, Kamis kemarin menyebut, pelantikan sekretaris daerah kota Padangpanjang ini akak dihadiri oleh para Sekda se Sumbar, anggota DPRD, ke­pala SKPD se kota Padang­panjang dan undangan. Dilak­sanakan di  hall Balaikota.

Mantan staf ahli kota Pa­le­­m­bang ini ditetapkan se­bagai Sekda Ko­ta Serambi Mek­kah  dari 3 nama yang lolos dalam se­­lek­si akhir, masing ma­sing Prof. DR. M. Edwar Ju­liar­tha (Staf Ahli Walikota Palembang), Sonny Budaya Putra (Asisten I Setdako Padang Panjang) dan Jetson (Kepala BKD Pemko Solok).

 Dari 3 nama yang lolos pada penyaringan akhir se­belum diteruskan ke pusat melalui Gubernur Sumbar,   Edwar Juliartha dinilai me­mi­liki kemampuan yang bisa diandalkan untuk men­dam­pingi Hendri Arnis sebagai walikota dalam membangun kotanya.

“ Ya memang banyak yang memprediksi, pilihan pak walikota akan jatuh kepada pak Edwar karena selain seorang guru besar di Uni­ver­sitas Sriwiya Pa­lem­bang, juga banyak pe­nga­laman di jajaran Pemda kota Pa­lem­bang” ujar Ampera Salim menyampaikan.

Penetapan Prof DR Edwar Juliartha S.Sos sebagai se­kre­taris da­erah kota Pa­dang­panjang, kata Ampera setelah melalui be­berapa tahapan dan seleksi ketat dan memang sudah di prediksi oleh banyak pihak bahwa pilihan walikota akan jatuh kepada Edwar Juliartha putra Sumatera Selatan itu.

 Seperti yang  disebutkan  sekretaris Badan Ke­pega­waian Daerah ( BKD ) kota Padang  Martoni ,Panitia Seleksi yang diketuai Rusdi Lubis,  sudah menyerahkan tiga nama kepada walikota pada 8 Januari 2016 lalu. Ketiga nama itu masing-masing  Prof. DR. M. Edwar Juliartha (Staf Ahli Walikota Palembang), Sonny Budaya Putra (Asisten I Setdako Padang Panjang) dan Jetson (Kepala BKD Pemko Solok).

  Disampaikan Martoni, Yang menenuhi syarat tes aka­demis 13 orang yaitu Drs Asrul,  Rusdianto, Sip, MM, Syah­danur SH MM, . Drs Yulfahmi, DR Event Nazar,  MS,  Sonny  Budaya Putra AP MSi, H Maisul ST, Yas Edi­zarwin, SH, Yunire Yunire,  ST, MSI,  PR­OF. DR. HM Edwar Jukiartha S.Sos, MSI, Iriansyah Tanjung,  SE, MSI,  Ir Ihsanu Tasaruddin dan Ir Jetson MT. Sedangkan yang ikut seleksi akademis 11 orang selain DR Eyviet Muz­war,  dan Ir Ihsanu Tasaruddin. Dan hasil penyaringan tinggal 10 nama.  Dari 10 besar itu di uji lagi meliputi wawancara, makalah dan Phisiko tes oleh Panitia seleksi meliputi rekam jejak,  pangkat dan jabatan serta prilaku yang  menghasilkan  3 besar.  “ Ketiga nama inilah yang di­teruskan ke ASN pusat. Se­lanjut­nya tinggal penetapan oleh walikota, ungkap Martoni.

“Yang dipilih Pak Wali mungkin  Profesor M. Edwar Juliartha. Ini sudah sesuai dengan analisa dan prediksi banyak pihak,” kata salah seorang pejabat  yang juga ikut seleksi Sekda, tapi namanya enggan disebut.

  Menurut pejabat itu, M Edwar memang seorang pa­mong muda yang enerjik. Dia pintar dan jenius. Dia lulusan terbaik dalam Diklat Ke­pemimpinan Eselon Dua yang diadakan Kemendagri di Ja­karta tahun 2013.

“Jika memang dia yang ditetapkan Pak Wali sebagai Sekda Kota Padang Panjang, rasanya sudah pas,” kata sum­ber itu.(h/one)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 06 Mei 2020 - 22:46:21 WIB

    Bertambah 17 Orang, Ini Profesi Pasien Positif Corona di Sumbar

    Bertambah 17 Orang, Ini Profesi Pasien Positif Corona di Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar kembali mengumumkan lonjakan pasien positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Sumbar. Per Rabu (6/5/2020), terjadi penambahan 17 orang positif terinfeks.
  • Selasa, 27 Agustus 2019 - 14:14:31 WIB

    16 Peserta Lulus UKW di Pessel, Bupati Hendrajoni: Jadilah Wartawan Profesional!

    16 Peserta Lulus UKW di Pessel, Bupati Hendrajoni: Jadilah Wartawan Profesional! PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pelaksanaan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) ke XIII di gedung Painan Convetion Center (PCC) Kabupaten Pesisir Selatan, resmi ditutup oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Erizon..
  • Rabu, 17 Juli 2019 - 20:45:23 WIB

    Penduduk Miskin Sumbar Menurun, Prof Syafruddin Karimi: Bukti Pembangunan di Jalur yang Benar

    Penduduk Miskin Sumbar Menurun, Prof Syafruddin Karimi: Bukti Pembangunan di Jalur yang Benar PADANG, HARIANHALUAN.COM-Pengamat ekonomi yang juga akademisi di Universitas Andalas Syafruddin Karimi menanggapi perihal data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar tentang angka dan presentase penduduk miskin di Su.
  • Selasa, 07 Maret 2017 - 12:05:35 WIB
    Malewakan Gala Sako Datuak Hakim Bangso Dirajo Nan Sati

    Peran Datuak di Antara Profesi dan Adat

    Peran Datuak di Antara Profesi dan Adat AGAM, HALUAN—Puluhan bendera marawa (khas adat minangkabau) berwarna merah, kuning dan hitam tertancap di kiri kanan memenuhi jalan menuju Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Mutiara Agam, Kabupaten Agam. Dari dalam satu tenda .
  • Sabtu, 11 Februari 2017 - 23:30:56 WIB

    Ini Profil Singkat Muslim Kasim Semasa Hidup

    Ini Profil Singkat Muslim Kasim Semasa Hidup PADANG, HALUAN--Mantan Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim periode 2010-2015 dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta, Sabtu (11/2) sekitar pukul 22.00 WIB..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]