Pemda dan DPRD Dharmasraya

Sepakat Bahas Empat Ranperda


Jumat, 29 Januari 2016 - 04:04:43 WIB

DHARMASRAYA, HALUAN — Pemerintah dan DPRD Kabupaten Dharmasraya segera bahas 4 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda). Empat Ranperda tersebut yakni Ranperda tentang Pemilihan Walinagari, Ranperda SOTK Pemerintah Nagari, Ranperda tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah.

“Kami sudah menerima pengajuan pembahasan tiga Ranperda dari eksekutif be­be­rapa waktu yang lalu, saat ini pembahasan tiga Ranperda tersebut baru dalam tahapan pembicaraan dan jadwal di Badan Musyawarah (Ba­mus),” ka­ta Ketua Badan Mu­syawarah DPRD Kabupaten Dharmas­raya, H Masrul Maas, saat menerima delegasi Pemerintah Daerah di ruang rapat DPRD Kabupaten Dharmasraya, Pu­lau Pun­jung, Selasa (26/01) lalu.

“Mengingat padatnya jad­wal kita pada bulan-bulan mendatang, kami perlu me­nyesuaikan jadwal dengan pemerintah daerah agar tidak berbenturan dengan agenda-agenda daerah lainnya” kata Masrul Maas yang juga Ketua DPD Golkar Kabupaten Dhar­masraya ini.

Asisten II Bidang Pem­bangunan dan Kesra Setdakab Dharmasraya, H. Adlisman, S.Sos, M.Si, selaku perwakilan pemda menjelaskan, tiga Ran­perda yang diajukan pihaknya saat urgen dan mendesak, terutama raperda tentang mekanisme pemilihan wali­nagari.”Tahun ini masa jaba­tan 41 walinagari kita akan segera berakhir, sedangkat peraturan daerah yang kita saat ini tidak lagi sesuai de­ngan perangkat undang-un­dang yang ada di atasnya” kata Adlisman di dampingi Kepala Bagian Tata Pemerintahan Asril, AP, M.Si.

Salah satu hal paling kru­sial tersebutulasnya adalah Permendagri Nomor 112/2014 tentang Pemilihan Kepa­la Desa dan UU 6/2014 ten­tang Desa yang mengatur bahwa bakal calon kepala desa harus berdomisili di desa setempat minimal enam bu­lan sebelum ditetapkannya Daftar Pemilih Sementara (DPS), selain itu katanya menurut UU tersebut juga mengatur Pemda hanya boleh menyelenggarakan pemilihan kepada desa sebanyak 3 dalam enam tahun. “Saya kira hal-hal detail ini perlu kita bica­rakan bersama dengan DPRD agar Perda ini betul-betul sesuai dengan kebutuhan daerah,” pungkas Adlisman.

Sesuai rencana 2 Februari mendatang Penjabat Bupati Dharmasraya akan mem­baca­kan nota penyampaian atas tiga Ranperda tersebut di hadapan sidang DPRD. (h/mdi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]