Mukhniarti Basko Berpulang, SBY Ikut Belasungkawa

“Maaf, Belum Bisa Tuntaskan Amanah“


Jumat, 29 Januari 2016 - 04:24:22 WIB
“Maaf, Belum Bisa Tuntaskan Amanah“ Ratusan warga, sahabat dan pihak keluarga menyambut jenazah almarhumah Hj Mukhniarti Basko di kediaman di Jalan Diponegoro. Anggota Komisi III DPR RI ini dipanggil sang khalik, Kamis (28/1) di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. (HALUAN RIAU)

PEKANBARU, HALUAN — Innalil­lahi wa inna Ilaihi rajiun. Anggota DPR RI daerah pemilihan Riau, Hj Mukhniarti Basko, meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (28/1) pukul 08.30 WIB. Almar­humah menghembuskan nafas ter­akhir karena penyakit yang dideritanya.

Meski harus lama menahan rasa sakit, hingga akhir hayatnya, Eti Basko, demikian almarhumah akrab disapa, tak pernah lupa dengan amanah yang diembannya. Sehingga pada detik-detik terakhir, ia masih sempat mengucapkan maaf kepada seluruh masyarakat Riau, karena belum bisa menuntaskan amanah yang diembannya. Permintaan maaf juga disampaikannya kepada pimpi­nan DPR dan MPR, tempat almar­hu­mah bekerja menunaikan amanah masyarakat.

“Istri saya meminta maaf masyarakat Riau, karena belum bisa menuntaskan amanah yang diembannya. Karena itu, kami atas nama besar keluarga juga meminta maaf kepada seluruh kalangan, bila semasa hidupnya istri saya pernah melakukan kesalahan, baik disengaja mau­pun tidak disengaja,” ungkap suami H Basrizal Koto, beberapa saat setelah jenazah sang istri sampai ke rumah duka di Jalan Diponegoro 9, Kamis malam kemarin.

Lebih lanjut, Basko, panggi­lan akrabnya menuturkan, almar­humah istrinya sudah menderita sakit sudah sejak setahun lalu. Namun sakit itu semakin bertam­bah sejak dua bulan belakangan ini.

“Ibu sakit sudah hampir satu tahun. Yang lebih mendalam sekitar dua bulan ini. Selama ini ibu telah berusaha begitu kuat melawan sakitnya. Selaku suami, kami sudah mengupayakan segala cara untuk berobat agar almar­humah dapat sembuh. Baik ber­obat di dalam negeri hingga ke Singapura dan Cina. Namun Allah SWT berkehendak lain, kami ikhlas karena ini memang sudah keputusan Allah SWT,” ujarnya.

Menurutnya, semalam sebe­lum menghembuskan nafas ter­akhir, almarhumah masih sempat bercerita dan mengobrol dengan keluarga. “Tadi malam, masih ngobrol dan masih bercerita,” ujar Basko.

SBY Berbelasungkawa

Dari RSPAD Gatot Subroto, jenazah Eti Basko dibawa dan disemayamkan di Gedung Nu­santara. Acara seremonial perse­mayaman itu dipimpin Wakil Ketua DPR Agus Hermanto dari Partai Demokrat didampingi Ketua DPR Ade Komarudin dan  dihadiri Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yu­dho­yono (Ibas) dan rekan-rekan almar­humah sesama anggota DPR dari lintas fraksi. Selain itu juga terlihat hadir sejumlah ang­gota DPD, seperti Emma Yohan­na (Sumbar) dan Intsiawati Ayus (Riau).

SBY juga menyatakan ber­belasungkawa atas wafatnya Hj Mukhniarti. Bahkan SBY me­nyempatkan hadir di Gedung DPR saat jenazah Mukhniarti akan disemayamkan.

“Bapak Susilo Bambang Yu­dho­yono menyampaikan bela­sung­kawa dan menyempatkan diri hadir tadi pagi. Namun karena ada acara yang tak bisa ditinggalkan, beliau mening­galkan kita semua untuk acara yang sangat diperlukan,” ujar Agus Hermanto.

Pantauan di Gedung DPR RI Kamis siang kemarin, bendera setengan tiang langsung berkibar setelah mendengar kabar duka tentang wafatnya Hj Mukhniarti.

Sekretaris Fraksi Demokrat DPR Didik Mukrianto menya­takan, Mukhtiarti merupakan sosok yang rajin. Dia dikenal sebagai anggota yang gigih mem­per­juangkan aspirasi pemilihnya di daerah pemilihan Riau I. “Beliau anggota DPR yang patuh dan rajin kegiatan di DPR, sosok yang baik, merepresentasikan konstituen,” kata Didik.

Proses persemayaman ber­lang­sung singkat. Dimulai dengan penyerahan jenazah dari pihak keluarga yang langsung diwakili suami almahumah H Basrizal Koto kepada Pimpinan DPR untuk disemayamkan dan dite­rima Inspektur upacara Wakil Ketua DPR Agus Hermanto. Setelah sambutan dari Agus Hermanto, jenazah Kemudian diserahkan kembali kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.

Selanjutnya, jenazah alma­humah Eti Basko dibawa ke Masjid Baiturrahman di Kom­plek MPR/DPR/DPD RI untuk disalatkan. Ikut menyalatkan jenazah Wakil Ketua DPR Agus Hermanto dan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Ibas Yu­doyono. Selesai disalatkan, jena­zah dibawa ke Bandara Soe­karno-Hatta dan selanjutkan diterbangkan ke Pekanbaru.

Ucapan Duka dari Padang

Dari kota kelahirannya di Padang, Pj Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek me­nyam­pai­kan ucapan dukanya.Atas nama Pemprov Sumbar turut berbelasungkawa atas berpu­langnya Etty Basko Istri dari CEO Basko Group, H Basrizal Koto. Semoga amal ibadah Al­marhumah diterima di sisi Allah SWT. Untuk keluarga yang diting­galkan dapat tabah menjalani musibah ini.

“Beliau adalah orang yang baik dan beliau orang yang sangat peduli dengan hal-hal yang hu­man interes,” kata Moenek kepa­da Haluan Kamis (28/1) malam.

Almarhumah juga selain me­miliki jiwa sosial yang tinggi, juga punya perhatian besar untuk perkembangan dan pemba­ngu­nan Sumbar.

“Kita sama-sama berdoa agar Almarhumah ditempatkan di tempat yang baik. Amin,” ujarnya.

Sementara itu, sejawat almar­hum di Partai Demokrat Sumbar juga ikut menyampaikan bela sungkawa melalui bendahara Partai Demokrat Sumbar Suwir­pen Suib. Ia menyatakan, atas nama Partai Demokrat Sumbar ia menyampaikan duka cita yang sedalam-dalamnya atas keper­gian ibu Eti Basko. Menurut dia, Demokrat merasa sangat kehi­langan dengan kepergian sosok Eti Basko. Sebab, yang ber­sangkutan termasuk salah satu tokoh panutan di partai besutan SBY ini. Keluarga Partai Demo­krat Sumbar mendoakan agar keluarga yang ditinggal diberi ketabahan.

Eti Basko di mata kader De­mokrat adalah orang yang sangat menghargai orang lain. Ia meng­hormati yang muda hingga yang tua. Tak hanya itu, apapun yang disampaikan padanya ia selalu mendengarkan dengan baik dan suka memberi masukan yang positif.

Dipadati Pelayat

Sementara itu, dari pantauan di rumah duka, pelayat tampak terus memadati kediaman H Basrizal Koto di Jalan Dipo­negoro 9. Kondisi itu telah ber­langsung sebelum jenazah sampai ke rumah duka. Begitu jenazah sampai di rumah duka, lantunan Surat Yasin pun dibacakan pela­yat sebagai doa bagi almar­humah.

Sementara keluarga almar­humah, meski dibayangi rasa duka yang mendalam, tampak sabar dan ikhlas menerima kon­disi itu. Bersama pelayat, mereka bersama-sama ikut melantukan Surat Yasin.

Tampak di antara para pela­yat antara lain Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Pj Gubernur Kepri Nuryanto, man­tan Gubri Saleh Djasit, Bupati Siak Syamsuar dan Bupati Kam­par Jefry Noer yang merupakan  sahabat almarhumah dari Partai Demokrat. Selain juga tampak mantan Walikota Pekanbaru Herman Abdullah, pengurus IKMR Riau dan kabupaten kota se-Riau serta tokoh-tokoh mas­yarakat Riau.

Untuk prosesi pemakaman, Jumat (29/1) pagi ini, pukul 08.00 WIB dilakukan pelepasan jenazah dari rumah duka Jalan Diponegoro menuju Masjid Amal Jariyah (di belakang rumah du­ka) untuk dilaksanakan salat jenazah. Setelah salat, jenazah diberangkatkan ke pemakaman Taman Makam Bahagia di Jalan Pa­ti­mura/Jalan Diponegoro ujung.

Bagi Basrizal Koto, sosok Hj Mukhniarti adalah perempuan yang sangat istimewa. Sudah 35 tahun ia mengarungi hidup dan membina keluarga, baik dalam suka maupun duka. Almarhumah juga yang memiliki peran besar terkait kesuksesan yang telah diraihnya hingga saat ini. Me­nurutnya ,dalam setiap kesuk­sesan yang diraih seorang pria, ada wanita hebat yang men­dampinginya.

“Almarhumah merupakan sosok seorang istri luar biasa. Ibu juga yang ikut menemani sukses yang saya raih. Semoga arwah Ibu diterima di sisi Allah SWT  dan mohon maaf atas segala kesala­hannya,” harap Basko.

Dijelaskannya, selama ber­umahtangga dengan almarhum Mukhniarty sudah dikaruniai 7 orang anak.”Sekarang, semua Anak-anak kami sudah jadi dan mereka sudah berhasil se­mua­nya,” ujar lagi.

Turut Berduka

Rasa duka juga disampaikan sejumlah kalangan. Seperti ditu­tur­kan Plt Gubri Arsyadjuliandi Rachman, ia menilai Hj Mukh­niarti sebagai sosok wanita yang peka terhadap masyarakat.

“Beliau seorang wanita yang peka terhadap masyarakat dan peduli terhadap lingkungannya. Kita merasa kehilangan salah satu putri terbaik Riau,” ujarnya.

Ditambahkan Plt Gubri, atas nama keluarga besarvPemerintah Provinsi dan pribadi, serta kel­uarga mengucapkan rasa bela­sung­kawa yang sedalam-da­lamnya.

“Semoga arwah beliau diteri­ma Allah SWT, dan ditempatkan yang layak. Dan segala amal ibadah yang telah dijalaninya bisa diterima Allah SWT. Kita juga mendoakan keluarga yang di­tinggalkan bisa tabah dalam menjalani cobaan,” ujarnya.

Sedangkan Kajati Riau, Sus­di­yarto Agus Praptono menga­takan pihaknya juga merasa kehilangan dengan kepergian almarhumah. Ia menilai, Eti Basko sebagai salah satu wakil rakyat terbaik Riau. Selama ini memiliki komitmen untuk me­majukan Riau.Selama ini, almar­humah juga telah memberikan kontribusi bagi penegakan hu­kum di Riau.

Danlanud Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsma TNI Henri Alfiandi mengatakan, meski belum per­nah bertemu langsung dengan almarhumah, namun almar­hu­mah diketahuinya sebagai seorang pribadi sederhana dan cukup dengan rakyat.

Hal senada juga disampaikan Danrem 031/WB, Brigjen TNI Nurendi. Meski belum bertemu, namun ia banyak mendengar kiprah almarhumah dari prajurit yang telah lama berdinas di Riau.

“Tidak mungkinlah menjadi anggota Dewan terhormat kalau memang beliau itu tidak menjadi sosok yang bagus, yang patut dicontoh, panutan bagi mas­yarakat,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Harian Lembaga Adat Melayu Riau Al Azhar mengatakan, selama ini almarhumah dikenal gigih mem­perjuangkan aspirasi masyarakat. “Saya juga terkejut mendengar berita duka ini. Tapi itu meru­pakan janji almarhumah bersama sang Pencipta. Buat keluarga Basko yang ditinggalkan, semoga tetap diberikan kesabaran. Saya atas nama pribadi dan Kelem­bagaan Adat Melayu Provinsi Riau turut berduka cita, semoga amal dan ibadah almarhumah diterima di sisi Allah SWT serta ditem­patkan di tempat yang baik di sisiNya,” ujarnya.  (hr/tim/isr/len)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]