Luhkumtak di SMA 1 Padang

Bangun Masyarakat Cerdas Hukum


Jumat, 29 Januari 2016 - 16:21:59 WIB
Bangun Masyarakat Cerdas Hukum Kepala Kanwil Hukum dan HAM Sumbar, Ansaruddin saat penyuluhan hukum serentak (Luhkumtak) tahun 2016 di SMA 1 Padang, Kamis (28/1). (ITA)

PADANG, HALUAN—Kan­tor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat mengadakan penyu­luhan hukum serentak (Luh­kumtak) tahun 2016 di SMA 1 Padang, Kamis (28/1).

Kegiatan yang melibatkan lebih dari 300 murid SMA terfavorit di ibukota provinsi itu dihadiri langsung oleh Kepala Kanwil Hukum dan HAM Sumbar, Ansaruddin.

Baca Juga : Gelombang Tinggi, Nelayan di Padang Bisa Habiskan Waktu 12 Jam Mencari Ikan

Ansaruddin membacakan kata sambutan dari Mentri Hukum dan HAM, Yasona H Laoly mengatakan, kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia.

“Tujuannya mewujudkan kemanfaatan hukum yang berke-PASTI-an. Merupakan program strategis dalam upa­ya menjadikan masyarakat cerdas hukum,” jelasnya.

Baca Juga : Hendri Septa Resmikan Bedah Rumah Bantuan Perumda Air Minum di Intake Guo Kuranji

Dikatakannya, penyu­lu­han ini sangat penting karena secara faktual kompetensi masyarakat dalam meng­ha­dapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) masih minim.

“Sehingga perlu sosi­alisa­si secara masif dari mulai informasi yang paling seder­hana sampai pada pemaha­man secara utuh mengenai MEA.

Pentingnya penyuluhan hukum ini, agar masyarakat memahami dari aspek hu­kum­nya dalam menghadapi MEA serta menumbuhkan kesadaran hukum di tengah masyarakat.

Artinya masyarakat pa­ham memisahkan antara hak dan kewaji­ban serta cerdas hukum, sehingga terjadinya penurunan pelanggaran hu­kum secara signifikan dan terciptanya budaya hukum dalam kehi­ dupan bernegara dan bermasyarakat,” jelas­nya.

Sementara itu ditempat terpisah Kepala Kantor Imig­rasi Kelas I Padang, Esti Winahyu Nur Handayani juga membacakan sambutan dari sang menteri dihadapan para siswa SMA 10 Padang.

“Mentri Hukum dan HAM menginstruksi kepada jajaran melaksanakan pen­didikan hukum melalui pe­nyuluhan serentak di seluruh kota di Indonesia. Tujuannya, agar masyarakat cerdas hu­kum dan mampu menghadapi era MEA,” ujarnya. (h/ita)

 

 

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]