Luhkumtak di SMA 1 Padang

Bangun Masyarakat Cerdas Hukum


Jumat, 29 Januari 2016 - 16:21:59 WIB
Bangun Masyarakat Cerdas Hukum Kepala Kanwil Hukum dan HAM Sumbar, Ansaruddin saat penyuluhan hukum serentak (Luhkumtak) tahun 2016 di SMA 1 Padang, Kamis (28/1). (ITA)

PADANG, HALUAN—Kan­tor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat mengadakan penyu­luhan hukum serentak (Luh­kumtak) tahun 2016 di SMA 1 Padang, Kamis (28/1).

Kegiatan yang melibatkan lebih dari 300 murid SMA terfavorit di ibukota provinsi itu dihadiri langsung oleh Kepala Kanwil Hukum dan HAM Sumbar, Ansaruddin.

Ansaruddin membacakan kata sambutan dari Mentri Hukum dan HAM, Yasona H Laoly mengatakan, kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia.

“Tujuannya mewujudkan kemanfaatan hukum yang berke-PASTI-an. Merupakan program strategis dalam upa­ya menjadikan masyarakat cerdas hukum,” jelasnya.

Dikatakannya, penyu­lu­han ini sangat penting karena secara faktual kompetensi masyarakat dalam meng­ha­dapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) masih minim.

“Sehingga perlu sosi­alisa­si secara masif dari mulai informasi yang paling seder­hana sampai pada pemaha­man secara utuh mengenai MEA.

Pentingnya penyuluhan hukum ini, agar masyarakat memahami dari aspek hu­kum­nya dalam menghadapi MEA serta menumbuhkan kesadaran hukum di tengah masyarakat.

Artinya masyarakat pa­ham memisahkan antara hak dan kewaji­ban serta cerdas hukum, sehingga terjadinya penurunan pelanggaran hu­kum secara signifikan dan terciptanya budaya hukum dalam kehi­ dupan bernegara dan bermasyarakat,” jelas­nya.

Sementara itu ditempat terpisah Kepala Kantor Imig­rasi Kelas I Padang, Esti Winahyu Nur Handayani juga membacakan sambutan dari sang menteri dihadapan para siswa SMA 10 Padang.

“Mentri Hukum dan HAM menginstruksi kepada jajaran melaksanakan pen­didikan hukum melalui pe­nyuluhan serentak di seluruh kota di Indonesia. Tujuannya, agar masyarakat cerdas hu­kum dan mampu menghadapi era MEA,” ujarnya. (h/ita)

 

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 04 Agustus 2020 - 23:24:35 WIB

    IKA '82 Fakultas Hukum Unand Bangun Masjid dan Rumah Tahfiz

    IKA '82 Fakultas Hukum Unand Bangun Masjid dan Rumah Tahfiz HARIANHALUAN.COM - Ikatan Keluarga Alumni ’82 Fakultas Hukum Universitas Andalas (IKA ‘82-FHUA) mencanangkan pembangunan masjid dan rumah tahfiz Alquran di Kecamatan Pauh IX, menjelang Kampus Unand, Limau Manis, Padang. .
  • Rabu, 01 April 2020 - 20:44:49 WIB

    Serahkan Bantuan, PT Angkasa Pura lI Bangun Toilet

    Serahkan Bantuan, PT Angkasa Pura lI Bangun Toilet PADANG, HARIANHALUAN.COM -- PT Angkasa Pura lI Bandara Internasional Minangkabau tergerak hati menyerahkan bantuan di saat mewabahnya Virus Corona (Covid-19). Bantuan diserahkan kepada Pemerintah Kota Padang, Rabu (1/4/2020)..
  • Ahad, 08 Maret 2020 - 13:20:05 WIB

    Museum Alat Musik Bakal Dibangun di Kota Padang

    Museum Alat Musik Bakal Dibangun di Kota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pengelola Museum Alat Music Indonesia dan Dunia, Yukon Putra mengusulkan keinginan untuk mendirikan gedung museum di Kota Padang. Soal biaya pembangunan akan dibantu sepenuhnya. Pemerintah Kota Pa.
  • Sabtu, 07 Maret 2020 - 08:06:46 WIB

    Soal Tumpukan Sampah di Pantai Padang, DLH akan Bangun Lokasi Kubus Apung

    Soal Tumpukan Sampah di Pantai Padang, DLH akan Bangun Lokasi Kubus Apung PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Guna mengantisipasi sampah di Pantai Padang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang telah mencarikan jalan keluarnya. Solusi jangka pendek, pada tahun ini menganggarkan 1 lokasi kubus apung yang .
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 18:11:58 WIB

    Medi Iswandi : Pembangunan Harus Jadi Solusi Kesejahteraan Masyarakat

    Medi Iswandi : Pembangunan Harus Jadi Solusi Kesejahteraan Masyarakat PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang Medi Iswandi menyatakan perencanaan pembangunan diharapkan tidak hanya untuk menyelesaikan masalah yang terjadi saat ini. Namun j.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]