IPHI Sumbar Segera Muswil


Jumat, 29 Januari 2016 - 17:06:47 WIB

PADANG, HALUAN—Jika tak ada kendala, Ikatan Per­sau­daraan Haji Indonesia (IPHI) Wilayah Sumbar, akan meng­gelar Muswil ke IV pada 29-30 Januari mendatang.

Sejumlah nama yang akan me­mimpin Ormas yang me­wa­da­hi para jemaah haji ini, telah ber­munculan diantaranya Mus­lim Tawakkal, Syafri Yusuf dan Dasril.

Namun PW IPHI Sumbar, Dasril kepada wartawan Kamis (28/1), di Padang menyebutkan, untuk saat ini pihaknya akan fokus dulu pada proses per­tanggungjawaban kepe­nguru­sannya selama 8 bulan belaka­ngan ini. Sebab, pengurus saat ini melanjutkan kepengurusan sebelumnya yang dijabat Us­man Hosen (almarhum).

“Kami menjabat sejak 8 bulan lalu menggantikan Us­man Hosen yang dipanggil yang pencipta. Jadi untuk saat ini, saya akan fokus untuk per­tanggungjawaban pe­ker­jaan saja. Soal pengurus men­datang, diserahkan pada pilihan pe­serta,” terang Dasril yang di­dam­pingi Wakil Ketua Muslim Tawakkal dan Syafri Yusuf, Ben­dahara Taharuddin TRD, Sek­retaris Yusfik Helmi dan lainnya.

Dikatakan, kehadiran Or­mas IPHI bertujuan untuk mening­katkan suasana bathin yang dira­sa­kan jemaah haji saat berada di tan­ah suci tentang kebesaran Al­lah. Selain itu juga untuk menjaga kemabruran haji mereka.

“Sebab kemabruran haji itu tidak hanya soal taat beribadah pada Allah, tetapi juga tuntutan ketaatan sosial kemasya­raka­tan,” katanya.

Muswil yang dihelat di aula Kanwil Kemenag Sumbar itu akan dihadiri sekitar 150 pe­serta. Peserta dari 19 kabu­paten/kota juga sudah me­ngonformasi kehadirannya.

Dalam Muswil nantinya, se­lain memilih kepengurusan baru un­tuk 5 tahun mendatang, juga un­tuk merumuskan ke­giatan 5 tahun ke depan serta menga­ko­modir pemikiran-pemikiran dari para haji/hajjah untuk organ­isasi yang sangat potensial itu. (h/vie)

 

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 28 Maret 2016 - 03:29:38 WIB

    Pengurus PW IPHI Sumbar Dilantik

    Pengurus PW IPHI Sumbar Dilantik PADANG, HALUAN—Wakil Ketua Umum Pimpinan Pu­sat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PP IPHI), An­shari melantik kepengurusan IPHI Sumbar periode 2016-2021, Sabtu (26/3). Jabatan ketua diamanahkan pada Das­ril, dosen UNP .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]