Anggaran Kimprasjaltarkim Rp4,8 Triliun

Irigasi, Jalan dan Jembatan Prioritas


Jumat, 29 Januari 2016 - 17:23:08 WIB
Irigasi, Jalan dan Jembatan Prioritas

Kepala Dis­pra­s­jal­tar­kim Sumbar, Suprapto ke­pada Haluan kemarin di Auditorium Gubernuran Sumbar mengatakan, total anggaran untuk Dispras­jaltarkim tahun 2016 ini mencapai total Rp4,8 tri­liun. Dimana dana ini dibagi ke dalam dana yang ber­sumber dari Anggaran Pe­dapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp800 miliar, dana APBN atau dari kementerian sebesar Rp2 triliun.

“Ini belum termasuk dana Kementerian yang langsung diberikan ke dae­rah. Kita perkirakan tahun ini ada 4,8 triliun,” te­rangnya.

Baca Juga : Aktifitas Balimau di Padang Dibubarkan Polisi

Dijelaskannya, dana ini sesuai dengan arahan Pre­siden Joko Widodo, di­prio­ritaskan untuk pem­ba­ngu­nan irigasi, jalan dan jem­batan. “Untuk irigasi itu kita ber­koordinasi dengan PSDA,” ujarnya.

Dikatakan Suprapto, da­na Kementerian yang di­terima Pemprov Sumbar tahun ini turun dari se­belumnya, disebabkan ada­nya dana yang diberikan pusat ke daerah. “Perbadi­ngannya saat iin antara dana Kementerian dan daerah itu diangka 45 banding 55,” ujarnya.

Baca Juga : Akibat Covid-19, Jumlah Pengunjung Museum Adityawarman Padang Hanya 17 Ribu Per Tahun

Dengan kondisi ini kata Suprapto memungkinkan daerah tahun 2016 ini untuk melakukan pembangunan di daerahnya. “Sehingga peker­jaan kita di Provinsi sedikit lebih ringan,” tuturnya.

Sebelumnya, Pj Gu­ber­nur Sumbar, Rey­don­nyzar Moenek telah me­nan­da­tangi surat keputusan Dis­prasjaltarkim selaku peng­gunaan anggaran (PA) dan kuasa pengguna ang­garan (KPA) untuk lanjutan pem­bangunan.

Baca Juga : Bulan Ramadan, Rutan Klas II B Padang Gelar Pesantren untuk Warga Binaan

“Saya sudah tan­da­ta­ngani surat keputusan PA dan KPA untuk Dis­pras­jal­tarkim sebagai salah satu sya­rat yang dibutuhkan un­tuk proses lelang kelanjutan pembangunan,” sebut Pj.

Moenek juga meminta Biro Aset yang membawahi Unit Layanan Pengadaan (ULP) Sumbar  segera me­lakukan proses lelang bagi ke­giatan yang telah me­miliki kelengkapan do­ku­men sesuai aturan per­un­dang-undangan. (h/isr)

Baca Juga : Jelang Safari Ramadan, Hendri Septa Berikan Arahan Pada 66 Pengurus Masjid dan Musala

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]