Tol Laut, Solusi Krisis Sembako


Sabtu, 30 Januari 2016 - 03:31:13 WIB

RANAI, HALUAN—Tol laut, besutan Presiden Jokowi menjadi solusi untuk mengatasi krisis sembilan bahan pokok (sembako) di Natuna. Pasalnya, kapal tol laut ini akan berlayar ke Natuna dari Tanjung Priok, Jakarta.

Demikian disampaikan hal ini oleh Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dis­perindag Pemerintah Ka­bupaten (Pemkab) Natuna, Wan Endriko. Ia menga­takan bulan ini sembako akan bisa di drop ke pulau-pulau yang ada di Natuna.

“Kapal Tol Laut akan sampai Pelabuhan Selat Lampa 29 Januari men­datang. Kapal ini khusus mendrop barang-barang pokok keperluan masya­rakat. Ini akan memperbaiki keadaan krisis beras dan bahan pokok lainnya di Na­tuna,” kata Eko di kan­tornya, komplek Perkan­toran Bukit Arai, Jalan Batu Siisr Desa Sungai Ulu, Ke­ca­matan Bunguran Timur, kemarin.

Tahun lalu  kapal yang berkapasitas 3000 grostone itu juga melayani Natuna dengan Rute Tanjung Priok, Tarempak, Natuna dan se­baliknya. Dan tahun ini kapal tersebut kembali me­layani. Natuna dengan rute Tanjung Priok - Natuna tanpa melalui Pelabuhan Tarempak, Anambas.

Demikian juga dengan ongkos, kapal tersebut me­nu­runkan tarip hingga 50 persen lebih. Dulunya, te­rang Eko, kapal tersebut menerapkan ongkos per tonnya dari Tanjung Periok ke Natuna dengan harga Rp527 ribu per ton. Kini, dengan kapal ini harga jadi turun menjadi Rp288 ribu per ton.

“Kita harapkan kapal ini benar-benar menjadi solusi bagi masyarakat Natuna dan juga pengusaha agar se­nantiasa dapat mendrop barang dari luar daerah ke Natuna. Sehingga Natuna tidak mengalami krisis ba­rang pokok dan barang wa­jib,” ujarnya berharap.

Ia mengimbau kepada para pengusaha yang hen­dak mempergunakan jasa  kapal tol laut untuk menge­tahui teknis dan regulasinya bisa datang ke Disperindag Kabupaten Natuna di Kom­plek Perkantoran Bukit Arai.

“Bagi yang mau meng­gunakan kapal ini, dan be­lum mengetahui mekanis­menya silahkan datang ke Disprindag. Di kantor sudah tersedia dan bisa dijelaskan kepada mereka,” pung­kasnya. (hk)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 19:20:09 WIB

    Disebut Mendampingi Turis China, Bupati Pessel: Kalau Saya Ada, Pasti Saya Tolak!

    Disebut Mendampingi Turis China, Bupati Pessel: Kalau Saya Ada, Pasti Saya Tolak! PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Bupati Pesisir Selatan, Hendra Joni kaget bukan kepalang saat mendapatkan informasi bahwa dirinya ikut mendampingi 150 turis China yang mengunjungi kawasan Mandeh pada Selasa (28/1) kemarin. Dia ba.
  • Kamis, 24 November 2016 - 00:28:56 WIB

    Hakim Tolak Gugatan Praperadilan Walhi

    PEKANBARU, HALUAN — Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Riau meng­gugat putusan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) satu perusahaan terduga pem­bakar lahan yakni PT Sumatera Riang Lestari (SRL). Dalam putusa.
  • Jumat, 11 November 2016 - 00:21:48 WIB

    Pembebasan Lahan Tol Pekanbaru-Dumai, TNI Ambil Bagian

    SIAK, HALUAN — Koramil 09/Minas Siak, Riau memfasilitasi pembebasan lahan warga setempat yang terkena pembangun jalan tol Pekanbaru-Dumai. .
  • Rabu, 02 November 2016 - 01:01:33 WIB

    Ratusan Mahasiswa Demo Tolak Toko Modern

    ROHUL, HALUAN — Pu­luhan mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian (UPP) kem­bali berdemo di kantor Bupati Rokan Hulu (Rohul), Selasa (1/11). Aksi yang bertepatan dengan waktu Salat Zuhur ini masih menolak pendirian gerai to.
  • Selasa, 27 September 2016 - 02:21:10 WIB

    Tolak Aktivitas Penambang Galian C, Warga Desa Kualu Bakar Pondok

    TAMBANG, HALUAN — Ratusan masyarakat Dusun I, Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, melakukan unjuk rasa di lokasi galian C. Mereka menuntut agar meng­hentikan aktivitas galian C milik H Mudar­man, karena dinil.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]