Kasdam I/BB Hadiri Tahlilan

Azlaini: Semua Orang Kehilangan Bu Eti


Sabtu, 30 Januari 2016 - 03:32:39 WIB
Azlaini: Semua Orang Kehilangan Bu Eti KASDAM Brigjen Widagdo HS berdialog dengan H Basrizal Koto (Basko) usai menghadari tahlilan almarhum Eti Basko Jumat (29/1) di kediaman Basko di Pekanbaru. (HALUAN RIAU)

Sejumlah pemuka dan tokoh masyarakat, masih terus berdatangan ke rumah duka kediaman keluarga H Basrizal Koto. Termasuk pada pelaksanaan takziah pada malam pertama, Jumat (29/1) malam.

Selain masyarakat umum dan kerabat keluarga, tampak hadir Kasdam I/BB, Brigjen Widagdo Hendro S bersama Danrem 031/WB Brigjen Nurendi dan jajaran, Bupati Pelalawan HM Har­ris dan tokoh perempuan Riau, Hj Azlaini Agus.

Lantunan ayat Alquran Surat Yasin sudah berku­mandang begitu usai Salat Magrib dan terus berlanjut setelah Salat Isya. Semua berdoa, semoga almar­hu­mah Hj Mukhniarti Basko mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT.

Menurut HM Harris, kedatangannya ke rumah duka untuk menyampaikan bela­sungkawa yang sedalam- dalam­nya atas wafatnya Hj Mukhniarti.

“Jujur saya merasa kehila­ngan seoerang sosok yang saya kagumi. Beliau orang berada tapi bersa­haja. Almarhumah adalah se­orang wanita yang merakyat dan tidak sombong. Beliau mau bergaul mau sama siapa saja, tanpa pilih- pilih,” kata Haris.

Kekaguman bupati kepada almarhumah semakin bertambah karena selama masa hidupnya tak pernah menyakiti orang lain. Sepengetahuannya, seorang poli­tikus pasti akan mengalami per­ge­sekan yang akan menimbulkan rasa sakit hati.

Dicontohkannya, antara diri­nya dan almarhumah tak pernah ada perselisihan meskipun ber­lainan partai.

Sedangkan tokoh perempuan Riau, Hj Azlaini Agus mengata­kan, dirinya mengenal keluarga almarhumah sudah lama, sejak zaman reformasi. Terutama ber­sama H Basrizal Koto saat mem­perjuangkan CPP Blok.

Di matanya, almarhumah adalah sosok yang sederhana dan apa adanya. Begitu pula dengan tutur bahasa, selalu apa adanya. Tidak berusaha untuk menon­jolkan diri, meski almarhumah adalah seorang istri dari pengu­saha sukses.

“Dalam bergaul, almar­hu­mah tak pernah membedakan orang, artinya beliau tidak hanya bergaul dengan sesuku saja, tetapi dengan semua suku. Yang mem­buat saya salut sebagai perem­puan kepada almarhumah adalah, saat kita melihat putra-putrinya tumbuh besar menjadi orang yang berhasil dan sukses dalam karir,” katanya.

Menurut Azlaini, keberha­silan perempuan itu bukan kare­na karir di politik atau di peme­rintahan, melainkan mana kala seorang perempuan bisa menjaga rumah tangganya dengan baik, seperti yang dilakukan almar­humah semasa hidupnya. Jadi jika seorang berhasil dalam hal itu, sudah melebihi dari sega­lanya.

“Jujur tak hanya saya, tetapi semua orang juga merasa kehila­ngan, almarhumah sudah men­dapatkan akhir kehidupan yang baik, beliau pergi saat menjadi anggota DPR RI dengan karir politik yang cukup baik, ketika anak- anak sudah menjadi dan rumah tangga dan suami juga bagus. Jadi dia meninggal ketika sedang berada pada posisi yang baik,” kata Azlaini.

Tak hanya itu, pada malam yang sama, Kasdam I/BB Brigjen TNI Widagdo Hendro S bersama Danrem 031/WB Brigjen Nu­rendi dan jajaran, juga datang melayat. Mereka disambut lang­sung tuan rumah H Basrizal Koto didampingi anak-anaknya.

Meski masih diliputi suasana haru, perbincangan terlihat begi­tu akrab. Pasalnya antara kedua belah pihak sudah berteman sejak lama. Basrizal Koto sudah akrab dengan Brigjen Widagdo, ketika yang bersangkutan masih men­jabat Danrem 032/WBR.

Sesekali H Basrizal Koto dengan suara beratnya menje­laskan perihal almarhumah se­ma­sa menderita sakit hingga mening­galkan keluarga dan diri­nya. “Ibu adalah sosok wanita kuat dan tangguh, bahkan dalam masa sakit, masih selalu berfikir untuk mengabdikan diri dengan jabatan­nya. Masih menggunakan alat bantu, Ibu berusaha terus untuk masuk kerja,” urai Basko, lirih.

Penjelasan yang disampaikan sesekali disambut Kasdam I/BB dan Danrem 031/WB dengan pertanyaan dan pernyataan mem­berikan motivasi agar H Basrizal Koto selalu tabah mengahadapi cobaan Allah SWT. (*)

 

Laporan:
HER / HALUAN RIAU
 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]