Ratusan Pelayat Ikuti Proses Pemakaman Hj Mukhniarti


Sabtu, 30 Januari 2016 - 03:33:53 WIB
Ratusan Pelayat Ikuti Proses Pemakaman Hj Mukhniarti Para pelayat yang menghadari pemakaman Hj Mukhniarti Basko memanjatkan doa bagi mendiang bersama keluarga besar H. Basrizal Koto (baju putih), Jumat (29/1). (HALUAN RIAU)

PEKANBARU, HALUAN — Suasana duka mendalam diiringi tangis, mengiringi pemakaman Hj Mukhniarti Basko, di Taman Makam Bahagia Pekanbaru, Jumat (29/1). Tempat itu menjadi peristirahatan terakhir anggota DPR RI dapil Riau yang dikenal bersahaja itu.

Seperti dirilis sebelumnya, almarhumah Hj Mukhniarti yang juga anggota Komisi III MPR/DPR RI tersebut meninggal dunia karena menderita sakit. Ia menghembuskan napas terakhir saat dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (28/1) pukul 08.10 WIB.

Sebelum dibawa ke tempat peristira­hatannya yang terakhir, jenazah Eti Basko, demikian almarhum biasa disapa, diberang­katkan dari rumah duka di Jalan Dipone­goro 9, menuju Masjid Amal Jariyah, yang berada tak jauh dari rumah duka.

Sejak pagi, ratusan pelayat sudah ber­kum­pul di kediaman keluarga H Basrizal Koto tersebut. Suami almarhumah, beserta anak dan cucu, tampak berada di dekat jenazah, mengikuti rangkaian prosesi menjelang pelepasan jenazah menuju tempat peristirahatan terakhir.

Prof Dr Alaidin Koto, yang didaulat menyampaikan kata-kata takziah, tak henti-hentinya mengingatkan kalau kematian merupakan hal yang pasti terjadi pada diri manusia. “Di dunia ini hal pasti adalah kematian. Pelajaran yang bisa kita ambil adalah semua kita pasti akan mati,” ungkap Alaidin Koto. Lebih lanjut, Guru Besar Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim ini menje­las­kan, kematian adalah saat roh ber­pisah dari jasad, dan kembali kepada Allah SWT. Dalam meng­hadapi kematian, tentunya ke­luar­ga yang ditinggalkan merasa berduka dan itu merupakan hal yang wajar. Yang tidak boleh, adalah meratapi. Karena sikap merupakan bentuk protes atas takdir Allah SWT.

Semasa hidupnya, Hj Mukh­niarti, udah banyak mengabdi untuk masyarakat. Namun saat ini, almarhumah tidak bisa ber­buat apa-apa. Untuk itu, hanya tiga amalan yang bisa membantu almarhumah menjalani kehi­dupan di alam sana.

“Amal jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak-anak. Jangan berhenti mendoakan dan mencintai dia meski telah me­ninggal,” anjur Alaidin terkhusus buat anak-anak almarhumah yang ditinggalkan.

Usai penyampaian kata-kata takziah yang dilanjutkan dengan pembacaan doa, persiapan pele­pasan jenazah pun dilakukan.

H Basrizal Koto, suami al­marhumah, menyampaikan uca­pan terima kasih atas bantuan dan kedatangan pelayat, dalam pelaksanaan fardu kifayah.

Tidak lupa, Basko, biasa Ketua Ikatan Keluarga Minang Riau ini disapa, mengucapkan maaf jika semasa hidup almar­humah ada kesalahan dan ke­khilafan. “Apakah Bapak dan Ibu mau memaafkan,” tanya Basko terbata, yang dijawab mau oleh segenap pelayat.

Lebih lanjut, owner Haluan Media Group tersebut juga me­nyampaikan jika ada permasa­lahan utang piutang, yang mung­kin terlupa oleh almarhumah, untuk segera disampaikan ke pihak keluarga.

Dalam kesempatan tersebut, Basko dengan lirih menceritakan sepenggal pengalamannya sela­ma 35 tahun mengarungi bahtera rumah tangga bersama almar­humah. Dikatakan, bersama Hj Mukhniarti, Basko memulai karir dari bawah, hingga menca­pai kesuksesan seperti saat ini.

“Hanya satu yang tak bisa saya lupa dari dia. Karena karak­ter saya keras, dia selalu ikut apa yang saya katakan. Dia selalu mendukung apa yang saya laku­kan. Namun, dengan kesibukan­nya mendampingi saya, masalah mengurus anak-anak, dia yang lakukan. Alhamdulillah, anak-anak, pendidikannya maupun ca­ra-cara bekeluarga, mereka meni­ru mamanya,” kenang Basko.

Saya tidak bisa seperti ini, keluarga kami tidak bisa seperti ini, kalau tidak ada sosok yang mendukung. Jiwa sosialnya sa­ngat tinggi,” sambung Basko.

Sementara itu, mantan Gu­ber­nur Riau, Saleh Djasit, dalam sambutannya menyebutkan, mas­yarakat Riau sangat kehilangan putri terbaiknya.

“Kami sangat merasa kehila­ngan. Kami, masyarakat Riau mengucapkan turut berduka cita. Semoga almarhumah diterima di sisi-Nya dan segala amal iba­dahnya diterima oleh Allah SWT,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan tokoh masyarakat Sumatera Ba­rat, Muslim Kasim. Masyarakat Minang, sebut Muslim, juga mendoakan almarhumah diberi tempat yang terbaik, yakni surga. Sedangkan untuk keluarga, agar diberikan ketabahan dan ke­kuatan.

“Ibu Mukhniarti merupakan tokoh yang telah banyak berbuat untuk kepentingan masyarakat dan sumber inspirasi bagi ke­luarga dan masyarakat. Mudah-mudahan dapat diambil pelajaran dari perjalanan hidupnya,” sebut Muslim Kasim.

Selanjutnya, jenazah Hj Muk­h­niarti dibawa ke Masjid Amal Jariyah yang terletak tidak jauh dari rumah duka untuk disalat­kan. Bertindak sebagai imam, yakni putra tertua almarhumah, Zico Mardian Utama.

Usai pelaksanaan salat jena­zah, anggota DPRD Riau periode 2009-2014 tersebut langsung dibawa ke Taman Makam Ba­hagia, Jalan Pattimura, untuk dikebumikan. Suara takbir berge­ma di sela-sela isak tangis dan haru pelayat yang mengikuti proses pemakaman.

Dalam prosesi tersebut, tam­pak hadir Danrem 031/WB, Brigjen TNI Nurendi, Dandim 0301/Pekanbaru Letkol Inf M Ilyas, beserta jajaran, unsur Pimpinan DPRD Riau, Novi­waldy Jusman, anggota DPRD Riau lainnya seperti Septina Primawati Rusli, Ade Hartati Rahmat, Supriati, Iwa Sirwani Bibra, dan Eva Yuliana.

Juga terlihat, Plt Gubernur Kepulauan Riau, Agung Mulya­na, Gubernur Kepri, Direktur RSUD Arifin Achmad, dr H Nuzelly Husnedi, Staf Ahli Gu­ber­nur Riau, Joni Irwan, Bupati Kampar, H Jefry Noer, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi.

Ada juga, Ketua MPW Pe­muda Pancasila Provinsi Riau, Arsyadjulianto Rahman, Raja Ahmi Septari selaku Ketua Umum DPD Perindo Provinsi Riau. Sejumlah tokoh pers Riau juga tampak seperti, Ketua PWI Riau H Dheni Kurnia, Rida K Liamsi yang merupakan Pim­pinan Riau Pos Group, Muslim Kawi, dan lainnya.

Selain itu, sejumlah tokoh masyarakat Riau juga terlihat seperti Ketua Lembaga Adat Melayu Riau, Al Azhar, Mam­bang Mit, Herman Abdullah,  Azlaini Agus, Ruskin Har, Mam­bang Mit, Prof Dr H Isjoni, Ramli Walid, Tengku Lukman Jaafar, Tengku Dahril, dan lain se­bagainya.

Sisakan Kenangan

Usai pemakaman, kenangan terhadap almarhumah masih sering terucap. Salah satunya datang dari Desi Susanti, anggota DPRD Kota Pekanbaru. Desi memang dikenal dengan almar­humah karena sering mendam­pingi ketika almarhumah melak­sanakan tugas saat menjabat anggota DPRD Riau.

Seperti yang dikenangkan Desi Susanti, yang kini menjabat sebagai Anggota DPRD Kota Pekanbaru menuturkan bahwa semua kenangan itu berkelebat, terbayang tawa nya yang selalu ceria, selalu optimis menghadapi hidup.

Di mata Desi, almarhumah merupakan seorang ibu sekaligus guru dalam kehidupannya. “Ibu adalah wanita yang tegas, tapi penuh kelembutan. “Saya pernah disuapkan makan dari jari jema­rinya. Saya jadi rindu segalanya. Rindu nasehatnya, ketabahannya, kesabarannya dan optimisme menghadapi hidup ini. Semoga ibu diberi tempat terbaik di sisi Allah SWT,” ujar Desi.

Kesan mendalam juga dilon­tarkan anggota DPRD Riau, Septina Primawati Rusli. Menu­rutnya,  almarhumah adalah suri tauladan karena diakhir hidup­nya ia masih mengabdi sebagai wakil rakyat yang memper­juang­kan aspirasi masyarakat Riau hingga di Senayan.

“Beliau sangat dekat, ramah dan selalu menyapa dengan orang. Serta ia mau membaur dengan masyarakat,”itulah yang selalu saya ingat tentang beliau. Semoga beliau ditempatkan di sisi-Nya sebaik-baiknya,” ujar­nya. (hr/dod/nie)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 19:00:28 WIB

    PSBB Berakhir, Riau akan Buka Lagi Ratusan Tempat Wisata

    PSBB Berakhir, Riau akan Buka Lagi Ratusan Tempat Wisata HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Provinsi Riau memutuskan tak memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di enam daerah. Ratusan destinasi wisata yang ditutup sementara akibat pendemi Covid-19, bakal dibuka kembali. S.
  • Sabtu, 11 April 2020 - 07:53:46 WIB

    Siapa-siap! Ratusan Juta Turis China Akan Berlibur, Ini Destinasi Tujuannya

    Siapa-siap! Ratusan Juta Turis China Akan Berlibur, Ini Destinasi Tujuannya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- China mulai melonggarkan aturan karantina di wilayahnya. Tak terduga, begitu banyak yang menyambut dan orang-orang langsung berlibur..
  • Senin, 09 Maret 2020 - 12:13:52 WIB

    Ratusan Peserta Ramaikan Silokek Fun Adventure

    Ratusan Peserta Ramaikan Silokek Fun Adventure SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Kurang lebih 450 peserta mengikuti Silokek Fun Adventure, Minggu 8 Maret 2020. Acara ini dilaksanakan dalam rangka memperingati ulang tahun Kabupaten Sijunjung ke-71..
  • Selasa, 15 Oktober 2019 - 19:14:12 WIB

    Mau Dibayar Ratusan Juta? Ayo Pindah ke Molise

    Mau Dibayar Ratusan Juta? Ayo Pindah ke Molise ROMA, HARIANHALUAN.COM - Sebuah wilayah indah di sebelah timur Roma, Italia, mengumumkan akan membayar hingga lebih dari Rp300 juta bagi pengunjung yang mau bermukim di salah satu dari 106 desa di sana. Wilayah tersebut adala.
  • Senin, 22 Mei 2017 - 07:25:38 WIB
    OPERASI PEKAT 2017

    Polres Dumai Amankan Ratusan Miras

    DUMAI, HALUAN - Polres Dumai melakukan operasi Penyakit masyarakat (Pekat) dibeberapa titik lokasi, operasi dilakukan selama dua hari dan berhasil menyita ratusam Minuman keras (Miras) berbagai jenis merk. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]