Cara Aman Saksikan Gerhana Matahari


Sabtu, 30 Januari 2016 - 03:37:47 WIB

NUNUKAN, HALUAN — Badan Metereologi Klima­tologi dan Geofisika BMKG Kabupaten Nunukan, Ka­limanan Utara, mulai mela­kukan sosialisasi tentang cara aman menyaksikan langsung Gerhana Matahari yang akan terjadi 9 Maret mendatang.

Meski wilayah di per­batasan Kalimantan Utara tidak akan terjadi Gerhana Matahari total, namun di­pastikan masyarakat akan antusias menyaksikan secara langsung kejadian alam ter­sebut.

Kepala BMKG Kabu­paten Nunukan Taruna Mo­na mengatakan, cara paling aman melihat secara lang­sung Gerhana Ma­ta­hari adalah dengan menga­ba­dikan melalui ponsel. Apa­lagi, ponsel sekarang sudah dilengkapi dengan kamera yang cang­gih.

“Selain jadi doku­men­tasi, cara tersebut dipas­tikan aman karena kita tidak me­na­tap langsung matahari,” ujar dia, Jumat (29/01/2016).

Taruna Mona me­nam­bahkan, menatap matahari secara langsung baik saat terjadi Gerhana Matahari maupun matahari bersinar biasa sangat berbahaya bagi kesehatan mata.

Untuk itu, dia meng­imbau masyarakat untuk menggunakan alat bantu baik kacamata hitam atau alat bantu lainnya jika ingin melihat langsung Gerhana Matahari.

“Kami imbau masya­rakat untuk tidak langsung menatap matahari langsung. Kami sarankan untuk meng­gunakan alat bantu seperti kacamata hitam atau alat bantu lainnya,” imbuh Ta­runa Mona.

Sayang, minimnya pera­la­tan yang dimiliki oleh Kantor BMKG Nunukan membuat keinginan warga Nunukan untuk mengamati Gerhana Matahari melalaui peralatan teleskop milik BMKG Nunukan tidak bisa terlaksana.

BMKG Nunukan me­nga­ku hanya akan menga­mati Gerhana Matahari 9 Maret 2016 untuk la­poran.

“Peralatan kita masih minim. Kia juga tidak punya teleskop untuk mengamati Gerhana Matahari,” ujar Taruna Mona.  (h/kcm)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]