Dua Sopir DWP Diperiksa KPK


Sabtu, 30 Januari 2016 - 03:38:06 WIB

JAKARTA, HALUAN — Dua orang sopir pribadi Damayanti Wisnu Putranti (DWP) di­pang­gil penyidik Komisi Pem­berantasan Ko­rupsi (KPK).

Kedua sopir itu akan dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus yang te­ngah disangkakan KPK ter­dahap bos-nya yang juga politikus PDI-P.

Dua sopir itu adalah Sumanto alias Manto dan Sahyo Samsudin alias Ayong. Kedunya akan dipe­riksa dalam kasus dugaan korupsi proyek pem­bangu­nan jalan di Kementerian Perumahan Rakyat dan Pe­kerjaan Umum (PU-PR).

“Mereka akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka DWP,” kata pelaksana harian Kabiro Humas KPK, Yuyuk Andriati, Jakarta, Jumat (29/1).

Belum diketahui dengan pasti keterangan apa yang akan digali KPK terhada kedua saksi itu. Dugaan menguat keduanya akan dimintai keterangan menge­nai sejumlah pertemuan dan penerimaan suap bos-nya.

Kasus itu terbongkar dari hasil tangkap tangan oleh satgas KPK terhadap sejumlah pihak di beberapa tempat beberapa waktu lalu. Dari hasil pemeriksaan in­tensif, KPK kemudian me­ne­tapkan empat tersangka.

Tiga di antaranya seba­gai penerima suap yakni anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI-P Dama­yanti Wisnu Putranti serta dua orang dari pihak swasta Julia Prasrtyarini atau uUwi dan Dessy A Edwin. Se­dangkan pemberi suap ada­lah Abdul Khoir selaku Dirut PT Windu Tunggal Utama (WTU).

Pemberian uang suap ini diduga untuk melancarkan suatu proyek di Kemen­terian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Ke­men­pupera) tahun anggaran 2016 dengan perki­raan total nilai suap SGD 404.000 dari barang bukti yang berhasil diamankan SGD99.­000. Atas perbuatannya lan­taran menerima suap, Da­ma­yanti, Julia Prasetyarini, dan Dessy A Edwin dijerat dengan Pasal 12 huruf a atau pasal 12 huruf b atau pasal 11 uu tipikor jo pasal 55 ayat 1 ke 1 Kuhap.(h/inl)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]