Menpan-RB: Ada Pemborosan di 14 Lembaga


Sabtu, 30 Januari 2016 - 03:38:55 WIB

JAKARTA, HALUAN — Menteri Pen­daya­gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan ada pemborosan kewenangan pada 14 lembaga yang direkomendasikan kepada Presiden untuk dibubarkan.

“Jangan sampai ada ins­titusi yang tugasnya sama. Ada pemborosan kewe­na­ngan,” ujar Yuddy di kantor Kemen­terian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Kea­manan, Jakarta, Jumat (29/1).

Yuddy menjelaskan eva­luasi 14 lembaga tersebut merupakan kajian dari ber­bagai aspek seperti aka­demis, konstitusi, kajian komprehensif, investigasi peninjauan lapangan dan lainnya yang dikerjakan selama delapan bulan.

Hal utama yang disoroti dalam evaluasi tersebut memang hanya soal pem­borosan kewenangan, se­men­tara penilaian terhadap anggaran dan sumber daya manusia (SDM) tidak begitu signifikan.

“Kalau dari anggaran nggak terlalu banyak, peng­gunaan SDM juga tidak terlalu banyak. Lebih ke­pada fungsi tugas dan ke­wenangan,” kata Yuddy.

Dalam evaluasi ke-14 lembaga ini, kata Yuddy, berbeda dengan laporan Sistem Akuntabilitas Ki­nerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang telah di­pub­likasikan beberapa waktu lalu.

Kementerian PAN-RB menjadi satu-satunya ins­tansi penilai lembaga yang dievaluasi, sementara sistem penilaian juga tidak meng­gunakan kategori A hingga D seperti penilaian SAKIP.

Menteri PAN-RB mere­komendasikan 14 lembaga tersebut kepada Presiden untuk dilikuidasi dengan memanfaatkan aparatur sipil negara yang ada di lembaga tersebut dialihkan tugas fungsinya pada bidang lain.

“Menpan mere­komen­dasikan kepada Presiden, 14 lembaga ini bisa dilikuidasi fungsi kelembagaannya dia­lihkan ke instansi-instansi pemerintah induknya yang sudah ada. Nggak ada peme­catan. Kalau ada unsur PNS, didistribusikan, dikem­bali­kan ke kementerian asal­nya,” papar Yuddy.

Yuddy menjelaskan apa yang dilakukannya dengan merekomendasikan 14 lem­baga untuk dibubarkan di sejumlah kementerian me­ru­pakan tugas Kementerian PAN-RB.

“Kemenpan itu kan me­lak­sanakan tugas penataan kelembagaan dan dalam konteks road map reformasi birokrasi nasional,” kata Yuddy.

Sebanyak 14 lembaga yang direkomendasikan un­tuk dibubarkan berasal dari berbagai macam kemen­terian. BOPI dari Kemen­pora menjadi salah satu lembaga yang terancam dibu­barkan. (h/ans)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]