Bermodalkan Semangat Bersama

Koppas Talawi Maju dan Tingkatkan Kesejahtraan Anggota


Sabtu, 30 Januari 2016 - 03:39:28 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Lahir dan berkembang menjadi salah satu koperasi terbaik di Sawahlunto, Ko­perasi Pasar (Koppas) Talawi tak terlepas dari semangat seluruh komponen yang ter­libat di dalamnya.

Menengok ke belakang, Koppas Talawi yang ter­ben­tuk mulai dari kelompok iuran kurban pada 2007. Sete­lah berjalan selama 3 tahun dan memasuki tahun ke­em­pat, kelompok yang terdiri dari 10 orang itu berkeinginan mendirikan koperasi. Pada 25 Agustus 2001, Koppas Talawi resmi terbentuk dengan 30 orang anggota. Pada waktu itu, simpanan pokok Rp100 ribu dan simpanan wajib Rp10 ribu, dengan kredit pertama Rp300 ribu.

Bermodalkan semangat bersama, Koppas Talawi yang menumpang berkantor di balai-balai pasar, me­miliki kantor sendiri pada 2009, yakni di komplek pasar Tala­wi. Sisa Hasil Usaha (SHU) koperasi itu pun terus me­ningkat setiap tahun, ter­masuk jumlah ang­gota dan jenis usaha yang dimiliki.

“Per tanggal 31 Desember 2015, jumlah anggota Koppas Talawi sebanyak 370 orang,” kata Ketua Koppas Talawi Sumbar, Andri Azwar, Jumat (29/1).

Andri menuturkan, pada 2012 SHU Koppas Talawi sebesar Rp161,99 juta, pada 2013 Rp170,02 juta, pada 2014 menjadi Rp200,17 juta, dan pada 2015 SHU men­capai Rp2233,4 juta.

Bersama seluruh anggota koperasi, Andri terus ber­upaya mengepakkan sayap dengan mengandalkan modal sendiri, yakni menggaet mo­dal melalui program Simpa­nan Pemantapan Modal Usa­ha (SPMU). Hal ini memo­tivasi anggota koperasi untuk menanamkan uangnya dengan imbalan jasa simpanan sebe­sar 9 persen setiap tahun.

“ Dengan dukungan pro­gram SPMU, Koppas Talawi terus meningkatkan SHU tiap tahun. Kami melihat, SHU tahun 2010 hanya sebesar Rp35 juta, tahun 2011 naik sekitar Rp85 juta, dan terus meninggkat hingga tahun buku 2015 lalu, termasuk peningkatan anggota dari awal hanya 30 orang kini bertam­bah menjadi 370 anggota,” tutur Bendahara Koppas Tala­wi Mukhlis.

Koppas Talawi, kata Mukh­lis, mengandalkan mo­dal dari kantong anggota me­la­lui program SPMU. Hal itu sangat menguntungkan ang­gota koperasi, yang secara tidak langsung meningkatkan ke­sejahteraan angotanya se­per­ti tujuan dari berdirinya koperasi itu sendiri, diban­dingkan memanfaatkan mo­dal dari pihak lain.

“Per 31 Desember 2015 SPMU Koppas Talawi men­capai Rp755,20 juta dari 22 anggota, ditambah dengan simpanan bajapuik (SPBJ) yang memberdayakan 5 posko pada tahun 2015 meng­him­pun dana sebesar Rp1,591 miliar dengan total anggota sebanyak 4.572 orang. Sim­panan bajapuik merupakan modal luar koperasi yang tercatat sebagai utang kope­rasi karena sewaktu waktu dapat diambil oleh anggota,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, ken­da­la bagi Koppas Talawi saat ini adalah kurangnya modal ketika menghadapi bulan Ramadan setiap ta­hun. Saat bulan Ramadan, rata rata hingga 60 persen nasabah menarik simpanan, sehingga transaksi simpan pinjam se­dikit tersendat kala itu. Oleh karena itu, pi­haknya akan berupaya me­lakukan antisi­pasi masalah itu dengan stok dana yang cukup ke depannya.

Ia menambahkan, saat ini Koppas Talawi telah menjalin kerjasama dengan mitra usa­ha seperti PT.Telkom dalam bidang usaha yang melayani pembayaran rekening listrik, telepon, internet, pembelian pulsa listrik, pulsa ponsel, tiket pesawat, pengiriman uang berbagai jenis bank , termasuk kerjasama dengan PT POS yang melayani pro­duk pembayaran anggsuran kredit kendaraan roda dua dan roda empat yang meliputi Adira, BAF, Suzuki dan lain­nya. (h/mg-rki)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 29 Februari 2016 - 03:02:32 WIB
    Selama 2015

    Koppas Padang Sago Beri Pinjaman Anggota Rp223 Juta

    PADANG PARIAMAN, HALUAN — Selama 2015, Koperasi Pasar (Koppas) Padang Sago telah memberikan pinjaman kepada anggota dari Unit Usaha Simpan Pinjam (USP) se­banyak Rp 223 juta, lebih kurang 16 parsen da­ri target yang sudah.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]