PB PASI Umumkan Atlet Lolos PON

Sumbar Terbanyak di Luar Pulau Jawa


Sabtu, 30 Januari 2016 - 03:50:40 WIB

PADANG, HALUAN — Jumlah atlet atletik Sumatera Barat menjadi yang terbanyak berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Bandung Jawa Barat di luar Pulau Jawa.

 Jumlah atlet yang lolos adalah sebanyak 25 orang dengan rincian 13 atlet putra dan 12 atlet putri.

Sementara itu untuk yang terbanyak berasal dari DKI Jakarta dengan meloloskan sebanyak 40 orang. untuk total provinsi sendiri yang me­loloskan atletnya ke PON  yaitu ada 23 di luar tuan ru­mah Jawa Barat. “Kami su­dah me­nerima surat dari Pe­ngurus Besar (PB) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dengan nomor 03/PB. PASI/1/216 yang tertanggal 21 Ja­nua­ri,”ujar Sekum PASI Sum­bar Arfan Rusyda kemarin.

Sebelumnya atlet atletik Sumbar yang mengantongi tiket PON adalah sebanyak 13 orang. “Namun sekarang menjadi 25 orang, 12 orang lainnya itu lolos dengan status peringkat di PB,” sam­bung­nya lagi.

Sumbar menjadi yang ter­banyak di luar Pulau Jawa dan nomor empat secara ke­se­luruhan, Arfan mengaku cu­kup bangga. “Ini merupakan sejarah,  Sumbar mampu meloloskan atlet sebanyak 25 orang ke PON,”paparnya lagi.

Dengan meloloskan atlet sebanyak 25 orang tersebut Arfan berharap nantinya ca­bang atletik mampu meraih medali emas. “Sumbar sejak tahun 98 belum pernah me­raih medali emas, mudah-mudahan di PON 2016 ini bisa meraih medali emas. Tentunya ini akan menjadi sejarah,”ungkapnya.

Namun untuk di PON nanti, Arfan hanya me­nar­getkan atletik hanya meraih satu keping medali emas. “Kami tidak mau memasang target muluk-muluk. Untuk lawan terberat sendiri berasal dari DKI Jakarta, Jawa Barat,’pungkasnya.

Cabang atletik sendiri sudah menggelar latihan u­n­tuk menghadapi PON. Tem­pat latihan sendiri digelar di tiga tempat yaitu Alahan Pan­jang, Padang dan Jakarta.  Alahan Panjang khusus atlet lari nomor jauh, sedangkan yang latihan di Jakarta me­rupakan atlet Pelatnas dan selebihnya di Padang.

Untuk uji coba sendiri, direncanakan ke Bangka pada bulan Maret mendatang yang akan mengadakan turnamen. “Jika dibandingkan dengan daerah lain Sumbar jauh ter­tinggal. Daerah lain ada yang melakukan uji coba ke Cina dan Korea Selatan,”ujarnya. (h/san)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]