SMP dan SD Masih Kewenangan Daerah


Sabtu, 30 Januari 2016 - 03:51:14 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Bergulirnya wacana semenjak beberapa bulan terkahir ini terhadap seluruh sekolah yang ada di daerah kota dan kabupaten  bakal diambil alih oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, ternyata sempat membuat bingung semua pihak. Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh menegaskan hanya SMA dan SMK yang akan menjadi milik provinsi, tidak termasuk SMP dan SD.

“Hanya SMA dan SMK yang diambil oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar dan ini mulai berlaku 2017 mendatang,” terang Kepala Dinas Pendidikan Kota Paya­kumbuh, Hasan Basri pada Kamis (28/1).

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Da­erah pengganti Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 bahwa manajemen pengelo­laan SMA/SMK berada di tangan peme­rintah provinsi. Sementara pemerintah kabupaten dan kota hanya menangani sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. 

“SMP dan SD masih kewenangan kita di daerah,” tambahnya.

Untuk pengalihan sekolah tersebut, saat ini Dinas Pendidikan Kota Payakum­buh terus melakukan pendataan terhadap SMA dan SMK yang akan menjadi tang­gung jawab pemerintah provinsi. 

“Kita masih melakukan pendataan terhadap  pengalihan sekolah ini. Terma­suk dari aset, ketenangaan hingga pembia­yaan sekolah yang bersangkutan. Tak hanya sekolah negeri, sekolah swasta nantinya juga jadi kewenangan Pemerintah Provinsi Sumbar,” ucapnya. (h/ddg)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 23 Maret 2020 - 22:14:18 WIB

    Menyedihkan! Asrama Putri SMP N 1 Sioban Jadi Kandang Sampan

    Menyedihkan! Asrama Putri SMP N 1 Sioban Jadi Kandang Sampan MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM - Kondisi bangunan asrama putri SMP N 1 Sioban, Kecamatan Sipora Selatan, tampak sangat memperihatinkan, pasalnya bangunan yang menelan biaya ratusan juta rupiah tersebut kini jadi kandang sampan..
  • Senin, 03 Februari 2020 - 19:43:26 WIB

    SMPN 2 Payakumbuh Kini Punya Toilet Bersih

    SMPN 2 Payakumbuh Kini Punya Toilet Bersih PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi meresmikan Kanopi dan toilet sekolah di SMPN 2 Payakumbuh yang berlokasi di Jalan Prof. Doktor Hamka No. 22 Kaniang Bukik, Kecamatan Payakumbuh Utara, Senin (3/.
  • Kamis, 02 Januari 2020 - 16:52:46 WIB

    Peringkat Bawah UN Tingkat SMP tahun 2018, Disdik Padang Pariaman Siapkan Strategi Khusus

    Peringkat Bawah UN Tingkat SMP tahun 2018, Disdik Padang Pariaman Siapkan Strategi Khusus PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemkab Padang Pariaman siapkan strategi untuk mengangkat keterpurukan pendidikan berdasarkan hasil UN tahun 2018 tingkat SMP, dimana kabupaten tersebut berada pada rangking papan bawah di p.
  • Selasa, 03 Desember 2019 - 12:44:07 WIB

    Masya Allah, Siswa SMP ICBS Payakumbuh Ini Hafal 30 Juz Alquran dalam 15 Bulan

    Masya Allah, Siswa SMP ICBS Payakumbuh Ini Hafal 30 Juz Alquran dalam 15 Bulan PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM – Siswa SMP ICBS Payakumbuh Hafal 30 Juz Alquran dalam 15 bulan saja. Siswa SMP IT Insan Cendekia Boarding School (ICBS), Muhammad Habibulhaq Al Hanif berhasil menuntaskan hafalan Qurannya. Diha.
  • Kamis, 28 November 2019 - 15:57:09 WIB

    PD Sawahlunto Muhammadiyah Inisiasi Pendirian SMPIT

    PD Sawahlunto Muhammadiyah Inisiasi Pendirian SMPIT SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Sawahlunto menginisiasi pendirian Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT), yang akan menjadi sekolah lanjutan tingkat pertama berbasis islam terpad.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]