Damkar Kekurangan Personil


Sabtu, 30 Januari 2016 - 03:56:08 WIB

PADANG, HALUAN — Badan penanggula­ngan Bencana Daerah–Pemadam Keba­karan (BPBD-PK) Kota Padang hanya memiliki 15 unit mobil pemadam kebakaran dan 31 orang tenaga organik. 

Sarana dan prasana sebanyak itu tidak sebanding dengan intensitas bencana yang melanda di awal tahun 2016 ini. Sementara itu untuk anggaran operasional hanya Rp9 Miliar.

Kepala Badan BPBD-PK Kota Padang Dedi Henidal mengatakan pihaknya keku­rangan personil. Wilayah Kota Padang yang cukup luas dan padat tidak terakomodir seluruhnya.

Selain itu di Kota Padang masih mem­butuhkan tujuh Wilayah Ma­na­jemen Kebakaran (WMK). Untuk itu BPBD-PK telah me­nga­jukan penambahan personil un­tuk tiga WMK pada tahun 2016 ini.

Sebelumnya satu WMK di ka­wasan Koto Tangah dibe­rikan personil sebanyak 18 personil. Sudah diajukan per­min­taan personil untuk 3 WMK lainnya, Lubuk Be­galung, Padang Selatan dan Be­lim­bing-Kuranji.

Untuk di Be­limbing karena faktor kepadatan penduduk di sana maka sudah se­layaknya harus ada WMK di lokasi tersebut,” jelasnya.

Dikatakannya, saat ini, BPBD-PK me­miliki 31 personil organik dan 21 personil non-or­ganik yang kemudian di­tambah 18 personil untuk WMK Kota Tangah. Jumlah ter­sebut sangat ku­rang dari ke­butuhan.

“Kita punya 15 unit pe­­madam berka­pasitas 4.000 liter dua unit yang 5.000 liter, serta masing-masing satu unit kendaraan ber­kapasitas 2.000 liter, 3.000 liter, 6.000 liter, 10.000 liter dan 16.000 liter. Keku­rangan personilnya masih banyak, tapi terus diajukan pe­nam­bahannya setiap tahun,” tukasnya.

Walaupun begitu, pelayanan kepada masyarakat tidak bisa dikurangi mengingat nyawa masyarakat terancam suatu saat. Untuk itu, pihaknya meminta pengawas kelistrikan untuk melakukan pengecekan instalasi yang sudah kadaluarsa.  (h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 16:00:12 WIB

    Pasar Raya Klaster Penyebaran Covid-19, Damkar Padang: Jangan Wisata Kebakaran

    Pasar Raya Klaster Penyebaran Covid-19, Damkar Padang: Jangan Wisata Kebakaran HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang Dedi Henidal, menyayangkan kejadian kebakaran yang menghanguskan dua buah petak toko di Koppas Plaza lantai dua dijadikan sebagai wisata kebakaran..
  • Rabu, 04 Oktober 2017 - 00:26:41 WIB

    Damkar Seleksi 590 Pegawai Kontrak

    Damkar Seleksi 590 Pegawai Kontrak PADANG, HALUAN - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang melakukan tes terhadap 590 orang calon tenaga kontrak Damkar di Gelanggang Olahraga (GOR) H Agus Salim Padang, Selasa (3/10)..
  • Sabtu, 20 Mei 2017 - 15:08:01 WIB

    Damkar Kekurangan Ratusan Personel

    PADANG, HALUAN — Setelah menjadi organisasi perangkat daerah (OPD) sendiri, berpisah dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang mengklaim mengalami kekurangan personel. P.
  • Rabu, 17 Mei 2017 - 02:07:46 WIB
    DONGKRAK PROFESIONALITAS

    Petugas Damkar Kota Padang Dilatih Instruktur DKI

    Petugas Damkar Kota Padang Dilatih Instruktur DKI PADANG,HALUAN --Demi meningkatkan profesionalitas bertugas, petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang dilatih instruktur dari Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta di salah satu hotel, Selasa (16/5)..
  • Selasa, 14 Februari 2017 - 09:22:20 WIB

    Damkar Padang Kekurangan Personil

    PADANG, HALUAN-- Dinas Pemadam Keba­karan (Damkar) Kota Padang hanya memiliki 15 unit mobil pemadam kebakaran dan 42 orang tenaga pemadam kebakaran. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]