Dihadiri AL 37 Negara

Sail Komodo 2016 Bakal Dibuka Presiden


Sabtu, 30 Januari 2016 - 04:03:33 WIB
Sail Komodo 2016 Bakal Dibuka Presiden

PADANG, HALUAN — Presiden Joko Widodo kembali di­jad­walkan akan kunjungi Sumbar pada 12 April mendatang. Kali ini kedatangan orang nomor 1 di Republik ini ke Sumbar untuk membuka Sail Komodo 2016 yang akan dilaksanakan di Kota Padang dan Mentawai.

Dalam perayaan Sail Ko­modo pada 12 – 16 April 2016 juga akan dihadiri angkatan laut dari 37 negara. Mereka akan menggelar latihan bersama di Laut Mentawai. Latihan perang tersebut juga sebagai ajang untuk unjuk Alat Utama Sistem Per­tahanan (Alutsista) dalam dan luar negeri.

Baca Juga : Bekas Atom Center Padang Disulap jadi Penampungan Anak Yatim

Danlantamal II Teluk Bayur, Laksamana Pertama Dindin Kur­nadi pada persiapan Sail Ko­modo, di Auditorium Gubernur Sumbar, Rabu (27/1) kemarin kepada awak media mengatakan, kegiatan ini direncanakan akan dibuka oleh Presiden Joko Wi­dodo. Selain latihan bersama, Sail Komodo 2016 tersebut juga akan digelar festival kuliner, pameran berbagi ide dan berbagi hasil penelitian, termasuk ke­giatan ilmiah, seperti seminar dan diskusi.

Ajang Sail Komodo 2016  ini juga menjadi momen bagi In­donesia untuk menempatkan negara-negara yang bersengketa di Laut China Selatan dalam satu meja. “Sehingga diharapkan, Sail Komodo 2016, tidak hanya dari suksesnya kegiatan, namun mem­berikan dampak positif bagi dunia internasional, terutama di ranah maritime,” ujar Dindin.

Baca Juga : Curah Hujan Tinggi, Perumda AM Kota Padang Imbau Warga Gunakan Air Seperlunya

Dindin menegaskan, Sail Komodo 2016 bukan soal suk­sesnya agenda dua tahunan ter­sebut akan tetapi bagaimana terciptanya ketertiban dunia, apalagi saat ini sedang ada per­tikaian negara-negara tertentu di Lau China Selatan. “Kalau hanya untuk sukses acara ini tinggal sewa Even Organizer selesai, tapi ini lebih dari itu,”terangnya.

Sementara itu, Penjabat G­u­bernur Sumbar, Reydonnyzar Moenek yang hadir dalam ke­sem­patan itu mengatakan kegiatan tersebut sangat menguntungkan bagi Sumbar. ”Dampak posit­if­nya sangat besar, mulai dari pengetahuan dunia kemaritiman, sampai menunjang pariwisata kita. Diperkirakan akan ada 5 ribu orang yang akan datang ke Sumbar,” ucapnya.

 Agar sukses pelaksanaan Sail Komodo 2016 ini, Pemprov Sumbar mempersiapkan ber­bagai persiapan, teruamata koor­dinasi dengan Forum Ko­mu­nikasi Pemimpinan Daerah (For­kopimda).  Negara-negara direncakan akan hadir pada Sail Komodo 2016 diantaranya, ang­katan laut, Inggris, Amerika Serikat, China, Australia, Brunei Darussalam. Selain itu juga ne­gara-negara yang tergabung da­lam  Indian Ocean Rim As­sociation (IORA). “Setidak ada 37 negara yang nantinya akan berparsipasi,”tutupnya. (h/isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]