Simarasok Susun RPJM 2015-2020


Sabtu, 30 Januari 2016 - 11:07:32 WIB

AGAM, HALUAN — Nagari Simarasok Kecamatan Baso Kabupaten Agam, susun program kerja nagari secara terperinci dan berkelanjutan sebagai rujukan dan pedoman dalam pelaksanaan pembangunan nagari.

Program kerja tersebut disusun ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Me­nengah (RPJM) Nagari Si­marasok 2015-2020. RPJM yang disusun merupakan pe­ren­canaan berkelanjutan enam tahunan yang dijadikan oleh Nagari Simarasok seba­gai acuan dan pedoman da­lam menjalankan peme­rin­tahan sesuai dengan visi dan misi nagari Simarasok.

“Penyusunan RP­JM Na­gari Simarasok tahun 2015 - 2020 ini di sinkronkan de­ngan RPJM tahun 2011 – 2016,dirumuskan dalam Visi Misi, arah kebijakan dan rencana program peme­rinta­han nagari yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat yang ada di Nagari Simarasok seperti niniak mamak, alim llama, cadiak pandai, bundo kanduangdan  generasi mu­da,” kata Walinagari Sima­rasok Yandri Dt Simarajo, Kamis (28/1).

Dikatakannya, dalam rang­­ka percepatan pem­ba­ngunan nagari dalam mewu­judkan  kesejahteraan ma­sya­rakat, nagari selaku pe­nye­lenggara pemerintahan te­rendah harus memiliki peren­canaan dan agenda pem­ba­ngunan nagari melalui RPJM. RPJM tersebut harus men­ca­kup, memuat semua aspek / bidang pembangunan yang di­searahkan dengan peren­ca­naan pembangunan nasio­nal.

Dalam RPJM tercakup keseluruhan program kerja pemerintahan nagari yang terdapat arah kerja masing-maing perangkat nagari yang berfungsi sebagai per­pan­ja­ngan tangan walinagari. Se­ka­ligus juga mencakup pro­gram kerja lembaga nagari yang terhimpun dalam pem­ba­ngunan fisik sarana pra­sa­rana pembangunan bidang eko­nomi dan peningkatan kua­litas sumberdaya manu­sia.

RPJM merupakan doku­men perencanaan yang dila­ku­kan secara berkelanjutan ( kom­prehensif ) enam tahu­nan yang dijadikan sebagai do­kumen publik bagi peme­rin­tah nagari menuju rencana pem­bangunan jangka panjang na­­gari. Penyusunan RPJM Na­gari Simarasok tahun 2015 - 2020 ini di sinkronkan de­ngan RPJM tahun 2011 – 2016

Dengan adanya RPJM di Nagari Simarasok, di­ha­rap­kan  mampu membawa Na­gari Simarasok sesuai dengan Visi dan Misi kedepan de­ngan memanfaatkan potensi yang ada, serta mampu me­ngatasi permasalahan di ting­kat naga­ri yang juga menjadi perma­salahan ditingkat ka­bu­paten, propinsi dan na­sio­nal. De­ngan tersusunnya RP­JM Na­gari Simarasok pe­riode 2015 – 2020 mampu memberi titik terang dengan kondisi Nagari Simarasok yang umumnya 2/3 luas na­gari adalah hutan dan 1/3 adalah lahan pertanian.

“Alhamdulillah melalui kerja keras tim penyusunan RPJM maka lahirlah Ren­cana Pembangunan Jangka Menengah Nagari Simarasok untuk periode tahun 2015-2020. Dengan ada­nya RPJM yang terperinci tersebut se­mua pihak yang terlibat da­lam pembangunan nagari akan bisa lebih efektif dalam me­laksanakan pro­gram-pro­gram yang akan direa­lisa­sikan,” jelas Yandri. (h/tot)

 

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 01 Februari 2016 - 09:46:21 WIB

    Nagari Simarasok Realisasikan Dana Desa

    BUKITTINGGI, HALUAN — Alokasi Dana Desa dari APBN yang dikucurkan Pemkab Agam untuk Nagari Simarasok Kecamatan Baso berhasil direalisasikan 95 parsen. Dengan jenis kegiatan pelak­sanaan di bidang pembangunan dan bidang pem.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]