SMA 13 Padang Butuh Bantuan Rehabilitasi


Sabtu, 30 Januari 2016 - 11:50:36 WIB

PADANG, HALUAN — Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 13 Padang membutuhkan bantuan infrastruktur atas kerusakan parah yang disebabkan bencana alam yang merusak atap dan jendela di sembilan lokal di sekolah tersebut, Senin (25/1) lalu.

Wakil Kesiswaan Bidang Kurikulum SMA Negeri 13 Padang, Fauziyati saat ditemui Haluan di ruang kerjanya, Kamis (28/1) mengatakan, akibat keja­dian ini, proses belajar dan mengajar dilak­sanakan dalam dua shift.

“Kegiatan PBM tetap di­lak­­sanakan, meskipun seng pada delapan lokal sudah ter­buka akibat angin, pihak seko­lah memutuskan untuk segera me­lak­sanakan gotong royong (Go­ro) untuk membersihkan puing-puing bangunan yang roboh. Selain itu kami juga membagi jam pelajaran menja­di dua shift,” tutur Fauziyati.

Lanjutnya, akibat atap seng yang beterbangan pada Senin (25/1) lalu, dua orang muridnya yang bernama Muhammad Yu­suf, siswa kelas XII IPS 3 menga­la­mi luka robek di bagian kepa­la dan cedera pinggang pada Habi Ai­nul Ihsan, siswa kelas XI IPS 2.

“Untuk Yusuf, kami lang­sung membawanya ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Pus­kes­mas) terdekat untuk dila­kukan pemeriksaan, dan untuk Habi, dia hanya mengalami sedikit cedera pada ping­gang­nya, untuk kondisi keduanya kini telah membaik dan telah bisa sekolah seperti biasanya,” lanjutnya.

“Sementara untuk tenda yang dipasang oleh Badan Pe­nang­gulangan Bencana Daerah - Pemadam Kebakaran (BP­BD&­PK) Kota Padang, itu baru dilakukan dua hari pasca keja­dian, yaitu pada Rabu (27/1),” tambahnya.

Menurutnya, dampak dari atap seng yang rusak dan beter­bangan di sekolah terse­but diantaranya, tergang­gunya PBM yang seharusnya bisa dilaksanakan di lokal, namun dilakukan di tenda.

“Selain itu saya juga kha­watir, suasana belajar men­jadi tidak kondusif mengingat Ujian Nasional (UN) akan segera dilaksanakan, untuk itu kami sangat meng­harap­kan bantuan secepatnya,” pintanya.

Senada dengan Fauziyati, Ketua Kelas dari lokal XI 1 di SMA Negeri 13 Padang Ade kepada Ha­luan menga­takan, ia mewakili rekan-rekannya sa­ngat tidak nya­man belajar di tenda. Selain karena per­mu­kaan tanah yang tidak reda, suhu panas di dalam tenda juga mengang­gu. “Akibatnya, kami me­mang tidak fokus untuk bela­jar, bang,” akuinya.

Terkait hal ini, Kepala Di­nas Pendidikan Kota Pa­dang, Habibul Fuadi kepada Ha­luan di sela-sela kun­ju­ngannya ke Mako Satpol PP Kota Pa­dang menjelaskan untuk reha­bilitasi sekolah tersebut, ia menyerahkan sepenuhnya ke­pa­da Peme­rintah Kota (Pem­ko) Padang.

“Dinas Pendidikan sudah memfasilitasi berdirinya ten­da tersebut, saat ini maksi­malkan terlebih dahulu infra­struktur yang ada. Terkait dana bantuan tersebut, yah tunggulah. Soal­nya ini kan menyangkut uang negara,” katanya. (h/mg-adl)

 

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]