Dana Desa Dikucurkan April


Sabtu, 30 Januari 2016 - 12:06:05 WIB

PADANG, HALUAN —  Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sumbar mamastikan penguncuran dana desa untuk alokasi anggaran tahun 2016 ini akan dilakukan April mendatang. Seperti tahun sebelumnya, arahan peng­gu­naan­nya masih pada pembangunan in­frastruktur di desa.

Kepala BPM Sumbar, Syaf­rizal kepada Haluan Jumat (29/1) sore mengatakan, ber­dasarkan arahan Menteri Pem­bangunan Desa dan Daerah Ter­tinggal, dana desa tahun 2016 ini pe­run­tukan­nya masih untuk pem­­bangunan infrastruktur di de­sa/nagari. Tata cara pe­nya­lurannya juga tidak jauh berbeda dengan tahun lalu yaitu, 40 persen tahap I, 40 persen tahap II dan 20 persen untuk tahap III.

“Pencairannya baru akan dilakukan pada April nanti. Jadi, kita minta nagari/desa untuk bersabar,” ujarnya.

Tahun 2016 pagu anggaran dana desa Sumbar naik menjadi Rp600 juta per nagari/desa dari sebelumnya rata-rata hanya Rp300 juta. Sehingga di total Pemprov Sumbar akan mene­rima Rp528 miliar tahun ini.

Setiap satu desa/nagari nan­tinya akan menerima Rp556 juta, ditambah 10 persen berdasarkan kriteria berupa luas wilayah, topografi, jumlah penduduk dan kondisi geografis desa/nagari.

Berkaca pada tahun lalu rea­lisi dana desa telah mencapai 100 persen. Baik itu realisasi fisik maupun realisasi keuangan. “Meski kita telah mencapai target tapi kita masih akan tetap laku­kan evaluasi bersama kabupaten/kota. Kita rencanakan dalam bulan depan,” katanya.

Disisi lain, meski dana desa tahun ini naik dari tahun sebe­lum­nya, namun Pemprov Sum­bar tetap mengusulkan jorong sebagai pemerintahan terendah. Alasannya agar dana desa yang diterima Sumbar bisa sesuai dengan kondisi Sumbar saat ini.

“Di nagari itu bisa terdiri dari beberapa jorong dengan berbagai kondisi. Jadi sangat rugi kalau tetap mempertahankan nagari sebagai pusat pemerintahan apa­bila dibandingkan dengan Pro­vinsi lainnya di Indonesia,” ungkapnya.

Dikatakan Syafrizal Pemprov Sumbar bersama DPRD telah menyamapaikan aspirasi ini ke DPD RI. “Kita akan tetap me­ngusahakan ini ke pusat agar nantinya setiap nagari/desa bisa menerima Rp1 miliar per nagari/desa,” terangnya.

Saat ini Sumbar memiliki 880 desa dan nagari. Dirinci 126 desa dan 374 nagari yang menerima kucuran dana desa. (h/mg-isr) 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 20:07:24 WIB

    Hebat Siswa SMPN 8 Padang! Dana Perpisahan yang Mereka Kumpulkan Diserahkan Membantu Sembako ke Pondok Pesantren

    Hebat Siswa SMPN 8 Padang! Dana Perpisahan yang Mereka Kumpulkan Diserahkan Membantu Sembako ke Pondok Pesantren HarianHaluan.com - Pandemi corona yang terjadi saat ini memberikan banyak dampak terhadap kesehatan dan ekonomi masyarakat. Sehingga banyak masyarakat yang mengalami kesusahan dan banyak pula yang ikut berpartisipasi untuk me.
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 22:37:44 WIB

    Baznas Kota Padang Panen Perdana Lele Bioflog

    Baznas Kota Padang Panen Perdana Lele Bioflog PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Salah satu Makna Zakat adalah Tumbuh dan berkembang, dan makna dari zakat itu juga harus di implementasikan Oleh lembaga Amil Zakat dalam hal ini BAZNAS Kota Padang dalam bentuk Program Pemberdayaa.
  • Senin, 27 Mei 2019 - 15:02:16 WIB

    DPRD Padang: Hati-hati Gunakan Dana Pokir

    DPRD Padang: Hati-hati Gunakan Dana Pokir PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra Senin (27/5) mewanti-wanti,  anggota DPRD Kota Padang agar jangan sampai menjadikan dana pokok-pokok pikiran (pokir) sebagai lahan proyek. .
  • Jumat, 05 April 2019 - 00:54:38 WIB

    Pembaruan Marka Jalan di Padang Butuhkan Dana Rp200 juta

    Pembaruan Marka Jalan di Padang Butuhkan Dana Rp200 juta PADANG, HARIANHALUAN.COM - Banyaknya marka jalan yang mulai memudar dan butuh sentuhan kembali, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang akan lakukan pembaruan. Tahun ini, anggaran sebesar Rp200 juta akan dilayangkan untuk pemb.
  • Senin, 07 Januari 2019 - 13:07:37 WIB

    5 Jam Galang Dana, Ojek Online di Padang Kumpulkan Rp32 Juta

    5 Jam Galang Dana, Ojek Online di Padang Kumpulkan Rp32 Juta PADANG. HARIANHALUAN.COM-Puluhan driver ojek online yang tergabung dalam Forum Komunikasi Driver Online Padang (FKDOP) menggalang dana untuk korban bencana tsunami Lampung dan Banten..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]