Komisi I DPRD Sumbar

Apresiasi Pelayanan Publik Padang Panjang


Senin, 01 Februari 2016 - 01:37:45 WIB

PADANG PANJANG, HALUAN — Ketua Komisi I DPRD Sumbar Aristo Munandar bersama rom­bongan kunjungi pelayanan publik di Padang Panjang, Selasa lalu. Kunjungan men­dadak rombongan DPRD Sumbar ini, ingin melihat Pemko Padang Panjang yang sudah maju selangkah da­lam pelayanan publik.

“Kami datang ke Padang Panjang untuk melihat pela­yanan publik secara dekat ke kota ini, yang sudah semakin maju,” kata Aristo yang juga pamong senior serta Bupati Agam dua periode.

Dikatakannya, melayani masyarakat dengan sebaik baiknya adalah tugas peme­rintah. Karena itu peme­rintah mesti terus berinovasi memberikan kemudahan dalam pelayanan untuk ma­syarakat.

Kedatangan Rom­bo­ngan Komisi I ini diterima Walikota Hendri Arnis, Asis­ten Pemerintahan Son­ny Budaya Putra, Kabag Administrasi Pemerintahan Umum, M. Alber Dwitra dan sejumlah pejabat lain­nya. Setelah itu Wako Hen­dri Arnis langsung mengajak rombongan DPRD Sumbar itu ke Kantor Camat Padang Panjang Timur.

Pada kesempatan itu walikota mengatakan, ide pelimpahan pelayanan pub­lik ke kecamatan yang dila­kukan saat ini, setelah dia melihat pelayanan masyara­kat di Jakarta.

“Kita mencoba mem­beri­kan yang terbaik bagi masyarakat. Sehingga se­mua bisa mudah dan lancar. Masyarakat senang dan ti­dak disusahkan lagi oleh pengurusan segala sesua­tunya,” ujar Hendri Arnis.

Kini untuk melak­sana­kan fungsi pelayanan kepa­da masyarakat secara efek­tif, efesien dan responsif serta mendorong tum­buh­nya akuntabilitas kinerja aparatur di kecamatan, Wa­li­kota Hendri Arnis memun­culkan sebuah bentuk pe­layanan One Stop Service.

Walikota dalam kun­jungannya ke kantor kelu­rahan dan ke kantor ke­camatan beberapa waktu yang lalu, dia melihat pe­layanan di situ hanya mem­beri rekomendasi saja dan kurang efektif.

Dengan demikian mun­cul lah ide untuk mem­per­pen­dek serta memper­mu­dah proses pelayanan pada masyarakat. Ide ini timbul dari diskusi dengan jaja­rannya yang langsung di­tang­gapi dengan baik dan cepat.

Pelayanan Publik yang kini dilaksanakan di dua kecamatan yang ada di Pa­dang Panjang yaitu pela­yanan melalui satu tempat dengan proses pengelolaan mulai dari permohonan sam­pai tahap terbitnya. Jadi masyarakat tidak perlu lagi bolak balik mendatangi be­berapa SKPD untuk mengu­rus satu dokumen, cukup di kantor camat saja.

“Bentuk pelayanan yang dilaksanakan di kecamatan ini akan terus dievaluasi secara berkala dan akan terus ditingkatkan sehingga pelayanan yang prima dan berkualitas terwujud di Kota Padang Panjang,” kata Wa­ko. (h/mg-pis)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 25 Juli 2020 - 12:25:02 WIB

    Kenalkan Kerajinan Lokal, Mendes PDTT Apresiasi Batik Sampan Pariaman

    Kenalkan Kerajinan Lokal, Mendes PDTT Apresiasi Batik Sampan Pariaman HARIANHALUAN.COM - Mendes PDTT, mengapresiasi Batik Sampan Kota Pariaman hasil kerajinan masyarakat setempat. Motif batik yang khas dapat menjadikan produk ini mudah dikenal, namun  keberadaanya tentu perlu pasar yang luas a.
  • Senin, 20 Juli 2020 - 17:05:51 WIB

    Hendrajoni Apresiasi Duta Genre Pessel 2020

    Hendrajoni Apresiasi Duta Genre Pessel 2020 HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan, H Hendrajoni memberikan apresiasi kepada para duta Generasi berencana yang meraih prestasi di tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2020. Keberhasilan  Duta GenRe tersebut tidak ter.
  • Sabtu, 06 Juni 2020 - 20:45:09 WIB

    Sediakan Lahan untuk Kantor Samsat, Komisi III DPRD Sumbar Apresiasi Bupati Ali Mukhni

    Sediakan Lahan untuk Kantor Samsat, Komisi III DPRD Sumbar Apresiasi Bupati Ali Mukhni HARIANHALUAN.COM - Dikunjungi Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Ali Mukhni sediakan lahan seluas 2 hektare di Tarok City untuk pembangunan Kantor Samsat Kabupaten Padang Pariaman. Hal ini diapresiasi oleh Ketua Komisi III.
  • Sabtu, 30 Mei 2020 - 15:20:55 WIB

    BLT Desa di Pariaman Tuntas, Kemendes Apresiasi Genius Umar

    BLT Desa di Pariaman Tuntas, Kemendes Apresiasi Genius Umar HARIANHALUAN.COM -- Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari dana desa tahap pertama untuk 4.600 kepala keluarga yang terdampak COVID-19 di Kota Pariaman, selesai disalurkan. Sekaitan dengan hal itu pemerintah setempat salah satu ya.
  • Sabtu, 16 Mei 2020 - 08:45:06 WIB

    Pemkab Agam Apresiasi Masyarakat Turun Langsung Antisipasi Covid-19

    Pemkab Agam Apresiasi Masyarakat Turun Langsung Antisipasi Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Hingga kini, pemeriksaan di setiap perbatasan di Kabupaten Agam terus dilakukan terhadap pengunjung yang masuk di daerah tersebut. Salah satunya, di Kecamatan Ampek Nagari, terdapat beberapa posko yang didi.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]