Pemko Maksimalkan Penggalian Pajak daerah


Senin, 01 Februari 2016 - 01:38:39 WIB

PADANG PANJANG, HALUAN — Walikota Padang Panjang H. Hendri Arnis, BSBA minta Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) untuk menggali secara maksimal potensi pajak dari berbagai sektor, khususnya pajak rumah makan dan restoran di daerah itu.

Dalam kunjungan menda­dak yang dilakukan walikota ke Rumah Makan Pak Datuk dan Sate Mak Syukur, Senin lalu, terbukti bahwa selama ini kedua tempat makan favorit di Padang Panjang itu belum maksimal menerapkan pajak makanan sepuluh persen, seperti yang telah dituangkan dalam Perda Kota Padang Panjang No 01 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah.

Wako Hendri Arnis yang saat ke lapangan didampingi Kadis Perhubungan dan Ko­minfo I Putu Venda, Kabid Pendapatan DPPKAD Zul­kifli dan sejumlah pejabat lainnya, meminta kepada pe­milik Rumah Makan Pak Da­tuk dan Sate Mak Syukur supaya kedepannya bertegas-tegas menerapkan bil maka­nan tambahan pajak sepuluh persen.

“Tidak perlu ragu me­nerapkan ini. Jika kita terbuka kepada pengunjung, mereka juga tidak keberatan mem­bayar pajak 10 % untuk pem­bangunan daerah,” kata wali­kota kepada Ny. Hj. Er pe­milik RM Pak Datuk dan Uncu pemilik Sate Mak Syu­kur.

Walikota mengatakan, pi­hak­nya akan tegas dalam menggali potensi pendapatan daerah, karena ini menyang­kut pembangunan kota yang akan dinikmati orang banyak.

“Dinas terkait mesti jeli dan pro aktif dalam upaya peningkatan pajak sektor rumah makan dan restoran ini. Jangan sampai hanya menerima laporan sepihak dari para penyetor pajak terse­but. Harus turun ke lapangan untuk upaya pengawasan yang ketat,” sarannya.

Pada kesempatan terse­but, walikota juga merenca­nakan memberi penghargaan kepada para pengusaha yang taat dan tepat waktu dalam pembayaran pajak. Tidak pernah dikenakan denda. Menyetorkan langsung pajak daerah tanpa bersentuhan langsung dengan petugas.

Sementara kedua pemilik kuliner ternama di Padang Panjang, Ny. Er dari RM Pak Datuk dan Uncu pemilik Sa­te Mak Syukur, mengatakan, pihaknya akan menjalankan permintaan walikota. “Kami mendukung penerapan pajak sepuluh persen ini demi pem­banginan Kota Padang Pan­jang,” kata mereka di tempat masing masing. (h/mg-pis)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 31 Juli 2020 - 15:53:25 WIB

    ASN di Pemko Pariaman Potong Hewan Kurban di Halaman Musala Balaikota

    ASN di Pemko Pariaman Potong Hewan Kurban di Halaman Musala Balaikota HARIANHALUAN.COM - Baru pertama kali pimpinan daerah dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman melakukan pemotongan hewan kurban yang dilaksanakan di halaman musala Balaikota Pariaman sesudah sala.
  • Kamis, 23 Juli 2020 - 14:42:15 WIB

    Pemko Pariaman Pasang 65 Titik Lampu Jalan

    Pemko Pariaman Pasang 65 Titik Lampu Jalan HARIANHALUAN.COM - Pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) pada ruas jalan Koto Marapak -Cubadak-Mentawai, Kota Pariaman selesai dikerjakan dan masyarakat sudah dapat menikmati penerangan tersebut. .
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 15:39:30 WIB

    Pemko Sawahlunto Hibahkan Lahan untuk Kampus PSDKU UNP 

    Pemko Sawahlunto Hibahkan Lahan untuk Kampus PSDKU UNP  HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Sawahlunto menyediakan lahan dan akan membangun kampus jauh Universitas Negeri Padang (UNP) diarea Kandi. Sebelumnya Pemko telah meneken Momerandum of Understanding (MoU) dengan Rektor UNP..
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 14:49:03 WIB

    Mutasi di Lingkup Pemko Sawahlunto, Dua Jabatan Camat Kembali Terisi

    Mutasi di Lingkup Pemko Sawahlunto, Dua Jabatan Camat Kembali Terisi HARIANHALUAN.COM - Dua jabatan Camat dilingkungan Pemerintah Kota Sawahlunto kembali terisi setelah pejabat sebelumnya memasuki masa purna bakti. Adapun dua Camat tersebut, yakni Camat Kecamatan Barangin dijabat oleh Subandi .
  • Senin, 29 Juni 2020 - 15:39:41 WIB

    Sudah Dibeli, Bus Sekolah Aset Pemko Pariaman hanya Menghuni Parkiran

    Sudah Dibeli, Bus Sekolah Aset Pemko Pariaman hanya Menghuni Parkiran HARIANHALUAN.COM - Sepuluh unit bus sekolah aset Pemko Pariaman sampai saat ini masih terparkir, tepatnya di depan Kantor Dinas Perhubungan daerah setempat. Siang berpanas, malam berembun, kondisi bus sekolah Pemko Pariaman y.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]